Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Bijak Menggunakan Gaji Bulanan

Bagi para karyawan gaji tentu menjadi sesuatu yang selalu dinantikan, bagaimana setelah bekerja satu bulan dapat imbalan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan pastinya menabung. Oleh karena itu harus dipahami cara bijak menggunakan gaji bulanan.

cara bijak mengatur gaji bulanan

Jangan sampai menguap begitu saja di pekan pertama dan selanjutnya gali lubang tutup lubang. Menjadi penting kemudian bagi siapa saja untuk mengetahui cara bijak menggunakan gaji bulanan.

Dalam artikel kali ini saya ingin membagikan kembali tips atau cara mengelola gaji bulanan yang efektif menurut Co-Founder Sipundi.id, M Kharisma:

1. Gunakan metode 50-30-20 

Tak jauh beda seperti bermain bola dimana pemain harus disusun sedemikian rupa. Pun gaji bulanan yang diperoleh harus diplot sesuai kebutuhan.

Hal utama yang disampaikan Kharisma adalah pembagian 50-30-20. Sederhananya 50% pendapatan digunakan untuk kebutuhan atau keperluan, 30% untuk gaya hidup, dan 20% untuk tabungan.

Metode ini bisa diterapkan secara universal. Artinya berapapun pendapatan kita tidak akan berpengaruh selama ada komitmen.

2. Susun Anggaran Bulanan 

Budgeting tidak saja hanya perlu untuk perusahaan. Rumah tanggapun ada baiknya menyusun anggaran bulanan.

Langkah ini akan memudahkan dalam menjalani hari demi hari karena kita sedikit banyak sudah tahu apa yang dibutuhkan untuk satu bulan ke depan. Bikin list atau catatan dalam satu bulan apa saja yang harus dibeli.

Tidak ada yang boleh terlewatkan hingga sesuatu yang kecil dan kita anggap semisal cutton bath. Daftar pengeluaran ini akan menjadi rem bila tiba-tiba kita akan khilaf akibat belanja online.

Kebutuhan pun setidaknya di bikin 3 skala prioritas. Mulai dari primer, skunder hingga tersier. Berturut-turut penuhi untuk kebutuhan primer dan skunder, selanjutnya bila masih ada bisa beralih ke kebutuhan yang tidak penting dan tidak mendesak.

3. Atur Pengeluaran 

Setelah membuat budget bulanan pastikan atur pengeluaran sebaik mungkin. Tujuannya untuk menjaga keuangan tetap sehat.

Jangan sampai minus karena itu akan menimbulkan masalah nyata dikemudian hari. Secara sederhana pengeluaran tidak boleh lebih besar daripada pendapatan.

Optimalkan budget 50 dan 30 sehingga tidak mengganggu 20. Yang 20 selain bisa digunakan untuk tabungan masa depan tentu bisa digunakan sebagai dana tak terduga bila ada kebutuhan mendesak.

4. Miliki Asuransi 

Bila beberapa tahun lalu asuransi bukanlah hal penting. Namun kini lain cerita karena telah menjadi kebutuhan pokok.

Terlebih sama-sama kita ketahui saat ini kondisi tidak terduga dan siapapun butuh proteksi lebih. Hal ini hanya akan ada bila kita miliki asuransi karena sebagian risiko dialihkan kepada mereka.

Asuransi ini mulai dari asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, perjalanan, rumah dan lain-lain. Salah satu penyedia produk asuransi yang bisa dipilih tentu saja ada FWD Insurance.

Asuransi yang bisa bikin #BebaskanlangkahBerani untuk mengejar mimpi tanpa perlu khawatir kenapa-kenapa.

Khusus saat ini untuk pembelian produk Asuransi FWD akan langsung mendapat diskon premi/kontribusi 30%. Aneka produk yang langsung memberikan potongan antara lain FWD Cancer Protection, Asuransi Bebas Rencana, Asuransi Bebas Handal & Bebas Aksi.

Namun perlu diketahui produk ini tidak termasuk Bebas Aksi Flash. Cara mendapatkan produk yang sangat mudah di ifwd.co.id. Dan untuk setiap pembelian dengan kelipatan Rp 100.000,- akan mendapat nomor undian #ProteksiOn Lucky Draw. 

Periode “Promo Flash Sale 9.9” ini hanya berlaku dari tanggal 9 dan 10 September 2021. Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi ifwd.co.id

5. Investasi 

Hal lain yang harus mulai dipikirkan saat ini adalah bagaimana miliki investasi. Bukan berarti harus beli emas atau tanah. Namun kini ada banyak cara untuk melakukan investasi.

Selain asuransi ada juga reksa dana yang mulai diminati para milenial. Dengan investasi kita akan membiarkan aset terus berkembang karena tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

Seperti yang telah disebutkan diatas asuransi adalah salah satu cara bagi kita untuk investasi. Kini saatnya aktifkan FWD #ProteksiOn Lucky Draw.

FWD sendiri menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi mereka yang membeli perlindungan antara 26 Juli hingga 31 Desember 2021. Berbagai hadiah menarik telah disiapkan mulai dari Sepeda Brompton, iPhone 12 Pro hingga Grand Prize Mobil Toyota Raize. 

Posting Komentar untuk "5 Cara Bijak Menggunakan Gaji Bulanan "