Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Goal Setting dan Atur Keuangan Secara Sederhana

Goal setting menjadi penentu bagi seseorang yang ingin lebih mudah menggapai cita-cita. Tentunya apa yang didapat seseorang tidak terjadi secara tiba-tiba dan oleh karenanya menjadi penting untuk mengetahui cara membuat goal setting.

cara membuat goal setting
dok fwd

Pemahaman baru ini saya dapat usai mengikuti webinar yang diselenggarakan FWD Insurance dalam rangkaian #FWDPressPlay. Ternyata goal setting menjadi sebuah kebutuhan bagi siapa saja untuk lebih “mulus” mendapatkan apa yang diinginkan.  

Tidak perlu menggunaka metode yang terlalu rumit. Dengan cara sederhana pun kita bisa.

Cara membuat goal setting ini dipaparkan langsung oleh Muara Makarim. Beliau adalah seorang praktisi dibidang Self-love & Purpose Life Coach kenamaan tanah air. 

Dalam waktu yang sama, kita dalam webinar tersebut juga diajarkan tentang cara atur keuangan yang baik. Tips sederhana dan tepat guna disampaikan financial consultant sekaligus Co-founder & CEO @sipundi.id Mada Aryanugraha.

Ciptakan Kehidupan Sesuai yang Diinginkan

cara membuat goal setting
dok fwd
Semua orang berhak bahagia dan salah satunya bagaimana ia hidup sesuai dengan apa yang diinginkan. Jangan mau menyerah dengan keadaan dan terus berjuang untuk mendapat apa yang diinginkan.

Namun sering kali apa yang diinginkan itu tidak terjadi secara tiba-tiba. Harus ada kerja keras dan sesuatu yang harus dikorbankan.

Ibarat kata, untuk menuju satu tujuan harus ada petunjuk yang jelas. Dan hal ini yang coba disampaikan Muara Makarim.

Di mana ia berupaya memberikan panduan sederhana bagi siapa saja untuk meraih apa yang diinginkan. Beberapa poin yang saya tangkap antara lain:

1. Cukup 3 Apa yang Diinginkan

Jangan coba menggapai banyak hal dalam satu waktu. Mengingat kemampuan dalam hal ini pikiran, tenaga, waktu dan biaya terbatas maka disarankan tidak ambil banyak.

Semakin banyak yang diinginkan maka semakin besar pula effort yang perlu disiapkan. Dengan hanya memiliki 3 tujuan untuk satu periode maka semua akan terfokus.

2. Jangan Pernah Takut Bermimpi

Bermimpi disini bukanlah hal yang irasional tapi semua itu harus terukur dan realistis. Semisal setiap orang boleh saya miliki mimpi untuk liburan ke Turki atau Korea selama semua mencukupi.

Lain cerita bila miliki mimpi untuk tinggal di langit ketujuh. Tentu itu satu hal yang mustahil untuk diwujudkan saat ini.

3. Bikin Road Map atau Catatan

Tak kalah penting untuk mem-break down apa yang kita inginkan. Semisal bila target tersebut membutuhkan waktu 1 tahun maka harus tahu tiap bulan apa yang harus dilakukan.

Dari target bulanan tersebut dikerucutkan menjadi target mingguan. Dan kemudian buat turunan atau target yang harus dilakukan setiap hari. Semua itu harus sinkron dan linear karena bila tidak bisa jadi melenceng di tengah jalan.

Dengan beberapa poin diatas tentu apa yang namanya target atau tujuan akan lebih tercapai secara realistis. Paling penting dari tools ini bukan untuk mengetahui berhasil atau tidak tapi lebih pada satu alat untuk memantau progres setiap hari.

Jangan sampai, perasaan sudah sesuai jalur tapi faktanya justru melebar dan tidak mendekatkan goal atau tujuan.  Tak kalah penting adalah menjadikan sesuatu yang dulu bisa jadi itu tidak mungkin menjadi kian realistis.

Strategi Atur Keuangan Ala Mada

teori maslow
dok fwd
Dalam waktu yang sama juga hadir praktisi di bidang tata kelola keuangan. Mada Aryanugraha mengajarkan beberapa konsep dan tips dalam mengatur keuangan.

Di mana secara prinsip rasa aman itu harus lebih dulu terpenuhi. Jangan sampai mementingkan rasa nyaman padahal sejatinya sedang tidak aman. Jangan sampai terjebak gaya hidup mewah padahal tagihan ada di sana sini. 

Terlebih seperti kita tahu keuangan keluarga itu kadang naik dan kadang turun. Menjadi penting kemudian untuk membuat beberapa pos sehingga berapapun penghasilan akan teralokasikan dengan baik.

Kurang etis juga miliki gaya hidup mewah dan begitu ada kebutuhan kelabakan. Uang dari mana yang harus dialokasikan untuk menutup kebutuhan.

Penting kemudian untuk tiap keluarga miliki dana darurat dan dana ini sebisa mungkin tidak boleh berkurang. Andai dalam satu waktu harus diambil untuk kebutuhan lainnya maka sesegera mungkin untuk dikembalikan.

Berkaitan dengan materi yang disampaikan Muara Makarim dimana satu tujuan atau goal akan lebih mudah tercapai bila ada keuangan yang sehat. Nah disinilah peran penting untuk kemudian tahu apa itu yang namanya perencanaan keluarga.

Mada sendiri menganjurkan untuk tiap keluarga miliki beberapa rekening. Di mana masing-masing rekening miliki peruntukkan berbeda.

Cara ini akan lebih aman dan mudah untuk atur keuangan keluarga tentunya. Masing-masing pos telah miliki budget tersendiri dan tidak bisa diganggu gugat kecuali dalam keadaan terpaksa.

Semisal rekening pertama untuk kebutuhan bulanan, rekening kedua untuk biaya tak terduga dan rekening ketiga untuk investasi dan asuransi. Saat ini investasi dan asuransi bukanlah sekadar gaya hidup.

Lebih dari itu adalah satu cara agar bagaimana aset terus berkembang dan memberi rasa aman bagi seluruh anggota keluarga. FWD Insurance menjadi jawaban atas semua kebutuhan asuransi. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan yang lainnya.

Berbagai agenda keren FWD Press Play ini juga bisa kamu cek di situs mereka. Pastikan tidak ketinggalan dan nikmati keseruannya. 

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Goal Setting dan Atur Keuangan Secara Sederhana"