Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanpa Sadar ini Bocah Sering Lakukan Percobaan Sains Sederhana

Tak terasa dalam beberapa hari ke depan usia ini bocah akan genap 4 tahun. Dan tahu dong kayak apa kelakukannya kalau main. Kalau bapaknya bilang sih berani kotor itu baik dan benar saja seringkali dia melakukan percobaan sains sederhana.

verrell abhiraj jurnalistika
linamuryani.com


Paling mudah ditemukan saat ada di kamar mandi atau kebun. Selalu ada saja hal tak terduga yang dilakukan semisal bermain sabun, kapal-kapalan hingga tanah.

Jengkel kadang melihat baju kotor setiap hari menumpuk. Tapi melihat begitu aktifnya ini bocah melakukan banyak aktifitas rasa itu terus hilang.

Untung saja saat ini ada deterjen Rinso yang ampuh hilangkan noda. Mau main apa atau sekotor apa nanti tidak lagi ada khawatir, tinggal rendam dan kucek sebentar selesai.

Percobaan Sains Sederhana Dukung Tumbuh Kembang Anak

percobaan sains
linamuryani.com

Ada banyak percobaan sains sederhana yang bisa dilakukan d irumah. Segala kegiatan yang menimbulkan hal baru bila ditelisik lebih jauh bisa dikatakan sebagai percobaan sains. 

Ingat lho ya, sains bukan berarti harus langsung berkaitan dengan ahli ilmiah. Namun yang paling penting adalah proses dari sebab menjadi akibat itu sendiri.

Oleh karena itu orang tua pun hendaknya ikut pro aktif. Bukan hanya memberikan bahan kemudian di tinggal pergi.

Sangat disarankan dengan percobaan ini anak dapat mengenal lebih jauh tentang ilmu pengetahuan. Menjadi penting juga bagi para orang tua untuk belajar agar bisa menjelaskan kepada anak.

Jangan sampai tanpa pendampingan dan pengawasan karena bisa jadi nanti akan ada bahaya yang timbul. Contoh paling mudah adalah ketika anak dikamar mandi membuat gelembung sabun.

Bila anak terlalu kreatif dan penasaran bisa jadi air sabun itu akan diminum atau tertelan. Tidak mau bukan hal ini terjadi?

Rangsang Anak untuk Terus Penasaran

Rasa penasaran bisa jadi adalah cara paling mudah bagi seseorang untuk membuat orang lain penasaran. Mencoba berulang kali hingga paham perihal sebab musabab.

Sama dengan anak-anak, ketika mereka memiliki keterkaitan akan sesuatu bisa jadi ia akan fokus untuk mempelajari itu. Tidak akan habis energi untuk terus belajar meski telah cukup lama melakukan percobaan sains sederhana.

Cara Belajar yang Menyenangkan

Mungkin, karena saya kurang tepat dalam mendapat pendidikan di waktu kecil maka bisa jadi ilmu pengetahuan alam itu menjadi sesuatu yang menakutkan. Tiap akan masuk kelas dan mendapat pelajaran sains langsung pusing.

Beda cerita ketika masih kanak-kanak sudah diperkenalkan sains meski itu dalam taraf paling basic. Bisa jadi kelak itu akan menjadi cita-citanya. Menjadi seorang ilmuwan yang mengungkap berbagai fenomena yang terjadi di sekitar mereka.

Saat ini pun ada banyak tutorial untuk memperkenalkan sains atau ilmu pengetahuan dengan cara yang menyenangkan. Sebut saja YouTube dimana platform ini menjadi sumber informasi untuk semua hal yang tidak kita tahu.

Hanya dengan mengetik kata kunci “percobaan sains” maka setidaknya akan muncul ribuan gambar bergerak yang bisa dipilih. Bila ingin spesifik pun bisa semisal percobaan sains di rumah atau percobaan sains bagi balita.

Ketika mereka sudah menemukan tutorial maka jangan ragu untuk diajak praktik langsung. Gunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah.

Lakukan step demi step hingga anak paham apa proses apa saja yang dilalui. Dan pastinya paling penting adalah anak mendapat insight atau pencerahan yang kelak dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah usai pastinya ada baju kotor. Tenang jangan takut bila nanti tidak bisa kemilau seperti sedia kala. Dengan Rinso maka baju rasa baru pun akan kembali di kenakan.  


Posting Komentar untuk "Tanpa Sadar ini Bocah Sering Lakukan Percobaan Sains Sederhana"