Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Jenis mainan terbaik untuk anak sejatinya harus benar-benar dipahami oleh setiap orang tua yang tentu saja selalu menginginkan hal-hal terbaik untuk buah hati tercinta. Dalam ikatan pernikahan anak adalah amanah Tuhan yang teristimewa.
linamuryani.com
Tak berlebihan rasanya jika kita pun memperlakukan mereka dengan sangat istimewa. Namun demikian, sesayang apapun kita terhadap anak bukan berarti harus selalu menuruti keinginan anak.

Fenomena parah terjadi akhir-akhir ini adalah banyaknya anak masih sangat usia belia sudah menggunakan smartphone, yang sebenarnya lebih banyak dampak negatifnya.

Pentingnya Mainan Bagi Anak-Anak

Seperti kita tahu usia anak memang adalah usia bermain, sehingga sangat wajar jika mereka sangat membutuhkan mainan dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Tentu ayah bunda tidak ingin anak bersedih karena tak bisa memiliki mainan seperti temannya bukan?

Begitu pun jika anak memiliki mainan yang belum dimiliki temannya. Mengajarkannya berbagi dengan meminjamkannya merupakan salah satu cara mendidik anak yang sangat baik.

Intinya mainan bukan hanya alat untuk mereka bermain, ada banyak hikmah dibalik mainan yang dimiliki anak. Terutama jika setiap orang tua bisa selalu jeli melihatnya.

Dari anak usia bayi saya sendiri sudah mulai membelikannya mainan, tentu saja dalam setiap pembelian mainan harus disesuaikan dengan usia dari anak. Bagi anak masih berusia bayi, saya lebih cendrung membelikan mainan yang merangsang penglihatannya, kemudian bisa melatihnya memegang, berlanjut pada mainan yang bisa merangsang tumbuhnya gigi.

Manfaat dari mainan untuk anak sendiri pada dasarnya adalah untuk memulai menyibukan indra dan pikiran anak sehingga dapat dirangsang pertumbuhannya sedikit demi sedikit.

5 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak

1. Hindari Mainan yang Dapat Merusak Anak

Seperti saya katakan diawal pembahasan, saya sangat miris melihat banyak anak-anak kecil  sudah menggunakan smartphone. Meski smartphone bisa memiliki berbagai jenis game, ingatlah ia bukanlah mainan anak!

Kenapa saya kasih sub judul merusak anak, sebab tak sedikit dampak negatif dari smartphone terhadap anak. Mulai dari kesehatan mata, tumbuh kembang hingga pola pikirnya. 

Beberapa anak sudah terbiasa mengakses internet melalui smartphone, padahal belum waktunya mereka mengetahuinya. Apa ayah bunda yakin anak tidak mengakses hal-hal negatif di internet? Tanpa ada upaya pun biasanya muncul iklan yang tak layak tonton!

Mirisnya lagi  tidak sedikit anak usia balita sekalipun,  yang telah akrab dengan alat komunikasi pintar ini. Selain smartphone,  jika belum cukup umur sebaiknya jangan membelikan anak mainan yang bisa mengeluarkan sinar biru atau sinar ultraviolet.

Sinar ini terbukti dapat merusak mata dan bila anak terlalu asik dengan mainan mutahir ini bisa jadi akan melupakan lingkungan sekitar. Selain dapat mengganggu kesehatan, mainan seperti ini juga dapat menghambat keterampilan gerak anak.

2. Mainan untuk  Melatih Gerak

Sungguh saya sangat rindu dimana waktu smartphone tidak menjamur seperti sekarang ini. Dahulu anak-anak begitu lincah memainkan beragam permainan tradisonal di halaman rumah hingga sekolah.

Ada banyak manfaat permainan yang melibatkan gerak, selain melatih keterampilan psikomotorik juga bisa membuat kesehatan jasmaninya senantiasa terjaga. Sebagai orang tua sebaiknya pilihlah jenis mainan yang bisa membuat anak bergerak.

3. Mainan yang Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu

Jenis mainan terbaik untuk anak berikutnya adalah yang menimbulkan rasa ingin tahu anak dan membuatnya terlatih menjadi kreatif. Ada banyak jenis mainan di toko mainan, ayah bunda bisa menanyakan pada pemilik toko terkait jenis mainan tersebut.

4. Mainan Bongkar Pasang

Salah satu jenis mainan terbaik untuk anak yang bisa melatih keterampilan gerak dan pikirnya adalah mainan bongkar pasang. Dengan jenis mainan ini anak juga akan terlatih daya ingatnya, terutama ketika ayah bunda memberikannya contoh.

Mainan ini biasanya terbuat dari kayu atau bahan yang cukup aman bagi anak-anak. Selain harganya relatif lebih murah mainan ini tentu lebih awet untuk dimainkan.

5. Memperkenalkan Aktifitas Orang Dewasa

Memberikan mainan pada anak untuk memperkenalkan pikiran dan aktivitas positif orang dewasa juga sangat dianjurkan. Selain untuk membekali anak dalam menjalani aktivitas kehidupan, ini juga akan sangat bermanfaat untuk anak memahami berbagai aktivitas yang dilakukan oleh orang tuanya.

Ada banyak jenis mainan seperti ini, misalnya saja seperti mainan perlengkapan masak, mainan kendaraan, hingga mainan uang.

Baca juga: Alasan Kenapa Membuka Toko Mainan itu Menggiurkan

Demikian pembahasan saya mengenai jenis mainan terbaik untuk anak.

Terpenting dari itu pilihlah mainan yang bisa mendidik anak, dan merangsang tumbuh kembangnya dengan baik. Hindari semakismal mungkin mainan yang justru bisa merusak anak, baik dari segi kesehatan terlebih moralnya.

14 komentar untuk "5 Jenis Mainan Terbaik untuk Anak yang Harus Orang Tua Ketahui"

  1. Bagus mbak tulisannya, anak saya kalo merengek minta dibelikan mainan yang tidak sesuai tak kan saya belikan....

    BalasHapus
  2. Saya kalau beli mainan biasanya lihat kategori umurnya. Selain itu, gak mau beli mainan sembarang merk. Soalnya khawatir sama kualitasnya

    BalasHapus
  3. Anakku paling senang bermain lego, pasir kinetik dan mobil-mobilan. Aduh kalau sudah main ketiga ini susah banget disuruh udahannya, pasti ada saja alasannya.

    BalasHapus
  4. gara2 corona ini aq terpaksa melonggarkan peraturan untuk main hp ke anakku, karena gak aq bolehin keluar sama sekali, jadi sekarang waktu main hpnya lebih lama daripada dia maksa keluar rumah

    BalasHapus
  5. Setuju mba. Handphone jika tidak dibatasi penggunaannya pada anak malah ngerusak ya. Serem apalagi pandemi gini anak-anak pada di rumah, aku khawatir anak2 dibiarin hp mulu ama ortunya

    BalasHapus
  6. Ini PR banget nyariin mainan untuk ke tiga anakku yang beda2 usianya dan jendernya. Wajib beli mainan 3 macam walaupun semuanya mengedukasi karena semuanya rebutan.

    BalasHapus
  7. Orangtua adalah penentu masa depan anak yaa..
    Saratnya memang harus investasi segala hal. Selain uang, waktu untuk bersama-sama membersamai anak-anak dalam bermain, ini penting banget.

    BalasHapus
  8. Benar sekali mbak..
    Beli mainan g boleh sembarangan ya..
    Harus pilih pilih

    BalasHapus
  9. Salah satu mainan yang sering disukai anak-anak adalah puzzle dan sangat melatih ketrampilan si kecil mbak.

    BalasHapus
  10. Ponakan daku juga senang dengan mainan bongkar pasang, ternyata memang banyak manfaatnya

    BalasHapus
  11. Kalau menurutku sih anak jaman sekarang gak bisa dipisahkan dari gadget karena teknologi sehari-hari yang kita gunakan. Apalagi di masa pandemi ini sekolah pun harus pakai gadget. Yang penting dibatasi dan didampingi aja sih :D

    BalasHapus
  12. Bayi aq alhamdulillah udh uia 4 bulan tp sy nya udah sibuk cari mainan yang edukatif, soalnya semua org di sktr pake gadget tkut dy jg cma tertarik sma gadget

    BalasHapus
  13. Setuju, mbak sama kriteria mainan di atas. Mainan anak sebaiknya memang yang bisa menstimulasi motorik dan kemampuan anak yang lain

    BalasHapus
  14. Mainan anak harus mengedukasi dan sesuai tahap pertumbuhan anak ya Moms :) Senangnya saat anak bermain sambil belajar

    BalasHapus