Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh dan Berkembang dengan Sangat Baik

Cara mendidik anak sangat penting diketahui oleh ayah dan bunda sehingga tumbuh kembangnya bisa sesuai dengan harapan. Banyaknya penyimpangan pada anak, mulai dari tutur kata, sikap dan pergaulan. Semua itu bisa jadi karena pendidikan yang kurang tepat.
linamuryani.com
Setiap orang tua harus mengetahui cara mendidik anak dengan baik. Hal ini karena hampir sebagian besar waktu anak ada bersama orang tua di rumah, sehingga jika tidak dimanfaatkan dengan baik momen ini justru bisa berakibat negatif terhadap tumbuh kembang anak.

5 Cara Mendidik Anak dengan Baik

Nah bagi ayah bunda yang ingin bisa mendidik buah hatinya dengan baik, berikut ini 5 poin penting bisa dilakukan.

1. Memberi Suri Tauladan

Manusia khususnya anak adalah peniru ulung dan apa yang dilihat dengan mudah akan masuk dalam alam bawah sadar. Tak perlu waktu lama maka mereka sudah akan bisa menirukan tingkah orang tuanya.

Menurut saya, poin paling penting dari pendidikan adalah keteladanan. Mirisnya tidak sedikit orang tua sering kali tidak memperdulikan ini.

Paling mudah ditemukan adalah para orang tua menyuruh anaknya untuk sholat tapi dirinya sendiri tidak sholat. Atau bisa jadi orang tua menyuruh anak belajar atau membaca tapi sekali lagi orang tua tidak pernah memberi contoh baik.

Para orang tua sukses dalam mendidik anak adalah mereka yang mampu memberikan keteladanan dalam sikap dan perbuatannya. Konsistensi mereka mampu membawa anak untuk lebih mudah diarahkan dan kemudian menirunya.

Baca juga: Peran Penting Sosok Perempuan dalam Dunia Pendidikan

2. Memilih Waktu Tepat Saat Memberinya Pengarahan

Pernahkah ayah bunda sangat malas mendengarkan nasihat orang lain? Tentu pernah bukan? Hal itu biasanya karena nasihat diberikan pada waktu tidak tepat.

Pastikan ayah bunda memberikan arahan pada anak di saat tepat ya. Bila tidak jangankan didengarkan bisa jadi malah ayah bunda dibenci anak.

Ada beberapa waktu yang tepat untuk memberikan arahan pada anak, diantaranya adalah sebagai berikut:

Saat dalam perjalanan

Saat dalam perjalanan berbicaralah dengan santai kepada anak, ajaklah anak mengobrol hingga ia merasa sangat nyaman. Setelah anak merasa nyaman silahkan berikan arahan dengan bijak dengan tanpa mengurangi kenyamannya.

Poin ini hanya bisa dilakukan oleh orang tua bila dapat bersahabat dengan anak. Oleh karenanya jadilah orang tua yang bersahabat, dimana akan disegani dan dicintai bukan justru karena dibenci apalagi ditakuti.

Saat makan

Waktu selanjutnya paling tepat untuk memberikan pengarahan tentu saja saat anak sedang makan. Pada saat ini biasanya pikiran dan perasaan anak sedang baik.

Cara memberikan pengarahan pada anak sebenarnya sangat mudah. Ngaji rasa mungkin itu bahasa sederhananya dimana ayah bunda juga pernah menjadi anak-anak dan tahu apa yang mereka rasakan dan inginkan.

Saat anak sakit

Ingatkah ayah bunda saat sakit? Sekeras apa pun hati seseorang ketika sakit maka ia bisa berubah menjadil lunak. Manfaatkan dengan baik momen dengan memberikan anak pengarahan tapi tetap membuatnya merasa tenang dan nyaman.

Baca juga: Manfaat Bonding bagi Anak

3. Bersikap Adil Terhadap Anak

Bagi ayah bunda bila memiliki anak lebih dari satu, maka harus selalu bersikap adil sehingga anak akan menirunya. Adil di sini bukan berarti disama ratakan.

Misalnya saja uang saku pada anak. Uang saku anak SD tentu adil jika uang sakunya lebih sedikit dibandingkan kakaknya yang sudah duduk di bangku SMP karena kebutuah mereka berbeda.

Adil juga berarti dengan membiasakan anak mengutamakan kebenaran. Jika dalam suatu perkara pendapat anak benar maka sebagai orang tua harus mengakui dan mengamini.

4. Memberikan Hak Anak

Salah satu cara mendidik anak dengan baik adalah memberikan apa yang menjadi hak anak. Dengan membiasakan hal ini maka anak akan terbiasa berbuat adil dan mengutamakan kebenaran.

Misalnya saja ketika ada program tabungan di sekolah. Orang tua yang baik akan melatih anak untuk menabung dari uang sakunya. Ketika waktu pembagian uang tabungan telah tiba maka uang tersebut untuk anak, dan dapat digunakan oleh anak untuk memenuhi keinginannya selama itu baik.

5. Memberikan Anak Mainan

Dunia anak adalah dunia bermain, sehingga membelikan mainan edukatif untuk anak berarti mencukupi kebutuhan jasmani dan rohani agar tumbuh kembangnya bisa optimal.

Dalam memilih mainan gunakan beberapa pertimbangan selain faktor usia. Bisa jadi salah beli akan berakibat fatal. Mainan yang baik akan membuat anak lebih bisa berkembang.

Baca juga: Belajar Lebih Seru dengan Tokoh Animasi

Melatih gerak dan konsentrasi anak sehingga sehat jasmani, menumbuhkan kreatifitas dan rasa ingin belajar lebih banyak lagi.

Paling penting bagi saya adalah jangan pernah memberikan hukuman kepada anak bila memang ia berbuat salah. Berdasar beberapa riset terbukti bahwa hukuman tidak efektif untuk tumbuh kembang anak.

Selain 5 cara diatas tentu ayah bunda masih punya cara lain dan mungkin bisa di sheringkan di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mendidik Anak Agar Tumbuh dan Berkembang dengan Sangat Baik"