Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal apa itu ‘PAFI’ Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Hai semua, ketemu lagi dengan Lina dan kali ini saya ingin mengulas seluk beluk PAFI atau Persatuan Ahli Farmasi Indonesia. Berbicara tentang kesehatan tentu tak jauh dengan apa yang namanya obat-obatan. 

pafi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia
pixabay.com

Dulu sewaktu sekolah saya begitu takjub dengan orang-orang yang sekolah ambil jurusan farmasi. Baik itu ditingkat sekolah menengah atas maupun perguruan tinggi.

Satu jurusan yang mengharuskan siapapun itu miliki kecerdasan diatas rata-rata. Bagi saya yang pas-pasan belajar seputar farmasi bisa jadi adalah kemustahilan.

Obat yang kita minum itu tentu diracik oleh mereka yang ahli dibidangnya. Orang-orang yang memiliki integritas dan mengupayakan yang terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.

Namun sayang, bisa jadi kita tak pernah tahu tentang kiprah para ahli farmasi. Tanpa mereka bisa jadi orang yang sakit tak kunjung sembuh atau bisa jadi malah justru kematian yang menghampiri.

Lebih Dekat dengan 'PAFI' Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia atau yang biasa disingkat PAFI adalah organisasi yang menaungi para ahli farmasi di tanah air. Mereka telah hadir sejak negara ini merdeka pada 17 Agustus 1945.

Mereka, para ahli farmasi bahu membahu dengan seluruh lapisan masyarakat hadir untuk mempertahankan kemerdekaan. Dan secara resmi terbentuk pada 13 Februari 1946 di Kota Yogyakarta dengan nama “Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.” 

Dibentuk guna menghimpun semua pihak yang bekerja dibidang farmasi. Sebagai wadah atau tempat berkumpulnya para profesional farmasi untuk memajukan dan meningkatkan mutu pelayanan farmasi di tanah air.

Di tempat ini pula para anggota bisa berbagai informasi, pengetahuan dan wawasan seputar dunia farmasi. Jadi jangan kaget kemudian bila ada hal baik seputar dunia farmasi langsung bisa menyebar ke seluruh tanah air. 

Semua itu berkat peran PAFI yang aktif mengedukasi anggota bahwa kehadriran mereka harus dirasakan secara nyata dan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebagai organisasi nirlaba mereka senantiasa berinovasi dan meningkatkan standar etika dan praktik profesional. 

Dengan demikian jelas bahwa kiprah mereka tidak bisa dipandang sebelah mata. Menjadi informasi penting pula bagi mereka yang berkarya dibidang farmasi untuk bergabung dengan pafi.id Hingga saat ini anggota PAFI telah tersebar diseluruh nusantara mulai dari Aceh hingga Papua. 

Pun demikian bagi kita sebagai masyarakat umum bisa mengakses PAFI guna mendapat informasi dan solusi kefarmasian. Tak perlu lagi takut untuk berkonsultasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan farmasi.

Dikutip dari laman resmi https://pafi.id/ kita sebagai masyarakat bisa mendapat informasi seputar pengaduan dan keluhan kefarmasian, pelayanana informasi obat, info tenaga teknis kefarmasian hingga info lowongan kerja kefarmasian.

Misi PAFI

PAFI memiliki misi yang patut diacungi jempol dimana mereka mengupayakan setiap individu atau masyarakat bisa mendapat obat berkualitas dengan harga terjangkau. Tak ada lagi alasan sakit tidak sembuh karena ketiadaan obat-obatan.

Berbagai program menarik pun dihadirkan organisasi yang bermarkas di Johar Baru, Kolaka Utara, Jakarta ini. Pelatihan dan advokasi pun kian masif dilakukan dan bukan hanya secara offline tapi daring pun kian marak.

Hal ini tentu menjadi satu terobosan dimana kegiatan di pusat sekalipun bisa diakses hingga daerah. Tak ada lagi kesenjangan yang terjadi antara anggota PAFI yang ada di pusat hingga daerah.

Hal lain yang patut diacungi jempol tentu saja kehadiran PAFI ini bisa menjadi jembatan antara dunia industri dengan dunia pendidikan. Membantu mereka para calon ahli farmasi untuk lebih dekat dengan apa yang nanti diampu seusai menempuh pendidikan. 

Berbagai seminar ilmiah, workshop hingga pelatihan pun diadakan. Menjadi cara efektif untuk memperkenalkan dunia farmasi yang sesungguhnya karena bukan hanya sebatas teori saja.

Dan kamu bila merasa menjadi orang-orang yang dekat dan erat dengan dunia farmasi maka ada baiknya bergabung dengan PAFI terdekat yang ada di kotamu. Untuk link pendaftaran maupun login bila telah bergabung bisa klik di sini.

Posting Komentar untuk "Mengenal apa itu ‘PAFI’ Persatuan Ahli Farmasi Indonesia"