Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Jualan Makanan dengan Mudah

Pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Kini mau tak mau harus ada usaha nyata agar bisa bertahan hingga Covid-19 berakhir dan kehidupan normal seperti sedia kala.

linamuryani.com

Ada banyak pilihan yang bisa diambil para ibu atau tepatnya istri untuk membantu keuangan keluarga. Salah satunya tentu saja dengan jualan makanan. Berbicara tentang jualan makanan pun kini ada banyak ragamnya.

Bila tidak cermat dalam memilih jenis jualan makanan bisa jadi semua akan berantakan. Oleh karena itu menjadi penting memperhatikan jenis makanan yang akan dijual.

Selain itu tentu ada beberapa cara paling mudah untuk menentukan jenis makanan apa yang hendak di jual.

Beberapa alternatif atau cara paling mudah memulai jualan makanan tentu saja dengan cara:

1. Jualan makanan sesuai dengan minat

Bagi seorang ibu atau istri, ketika kita masak dan semua makan dilahap tentu menjadi kegembiraan tersendiri. Apalagi bila kemudian hobi atau kegiatan itu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Tentu kita akan makin semangat untuk terus masak dan memasak. Di awal mungkin hanya beberapa menu yang bisa dibuat. Tapi dengan berjalannya waktu dan berlatih memasak menu lain bisa jadi varian dari apa yang disajikan akan terus meningkat.

2. Jualan makanan sesuai pasar

Ketika kita hendak jualan di suatu tempat tentu akan mempertimbangkan siapa pangsa pasar kita. Contoh paling mudah sebagai gambaran usaha ada di depan Sekolah Dasar dengan di depan kampus (perguruan tinggi) tentu menu yang dibuat akan beda.

Kalau kita anggap sama bisa jadi dagangan tidak akan laku. Terlebih mereka yang dewasa telah tahu selera yang lebih. Tanpa ada tambahan inovasi bisa jadi langsung ditinggalkan.

3. Jualan makanan sesuai budget

The power of kepepet, sering kali menjadi jawaban atas semua permasalahan yang ada. Dimana bila kita tidak memiliki passion dalam dunia kuliner ataupun jualan. Pun begitu kita tidak bisa memilih akan jualan di segmen mana.

Maka memulai usaha jualan makanan sesuai budget adalah solusi terbaik. Cukup banyak mereka yang berhasil memulai usaha karena ketiadaan apa-apa. Hanya tekad untuk bertahan dan terus berjuang yang menjadi faktor pendorong untuk terus berusaha.

Budget berapapun bisa digunakan. Hanya saja akan lebih optimal bila kemudian diimbangi dengan kreatifitas. Jadi modal sebenarnya bukan faktor utama untuk bisa berjualan makanan. Berapapun modal yang ada akan bisa digunakan selama tepat guna.

Bila telah memiliki usaha kini saatnya untuk promosi atau iklan makanan yang kita jual. Iklan jangan dianggap dengan posting di media masa berbayar atau televisi.

Iklan paling mudah dijalankan dengan memberi tahu orang-orang yang ada di sekitar kita. Bisa dengan silahturahmi atau pesan singkat. Bisa juga dengan membuat satu tulisan yang cukup besar di depan tempat usaha bahwa kita membuka warung.

Kini dengan era digital kita akan lebih mudah dalam melakukan iklan makanan. Bisa dengan posting di instagram, twitter atau facebook. Semua itu sifatnya gratis dan kita cukup berkreasi.

Posting Komentar untuk "Memulai Jualan Makanan dengan Mudah"