Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Menjaga Kesehatan Anak yang Mudah Dilakukan

Memiliki anak selalu sehat tentu dambaan setiap orang tua. Namun hal itu harus diimbangi dengan upaya maksimal. Salah satunya dengan mengetahui cara menjaga kesehatan anak, khususnya di masa pandemi ini dimana kata sehat menjadi sesuatu yang mahal.

linamuryani.com

Sedia payung sebelum hujan, atau lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pepatah bijak ini sebaiknya jangan berlalu begitu saja. Jika direnungkan maknanya sangat dalam. Terlebih bagi mereka yang pernah merasakan sakit cukup parah.

Menjaga kesehatan anak tidak beda jauh dengan menjaga kesehatan orang dewasa. Bedanya yang paling penting adalah pengenalan dan pembiasaan. Jika dibiasakan melakukan pola hidup bersih dan sehat sejak dini, anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang senantiasa mengedepankan kebersihan dan kesehatan.

Baca juga: Pentingnya Keteladanan yang Baik Bagi Anak-Anak

7 Cara Menjaga Kesehatan Anak

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga anak agar tetap sehat, diantaranya sebagai berikut:

1. Membiasakan Anak Berolahraga

Bangun tidur usahakan untuk mengajak anak keluar rumah. Sekadar jalan santai dan menyapa tetangga, sembari menghirup udara segar. Selain baik untuk kesehatan, ini juga sangat bermanfaat untuk menumbuhkan jiwa sosial anak.

Lari pagi juga akan membuat anak terbiasa hidup disiplin, menjadi pribadi yang pandai memanfaatkan waktu, dan jauh dari kata malas.

2. Membiasakan Anak Sikat Gigi

Saat mulai tumbuh gigi sebaiknya segera biasakan anak untuk sikat gigi. Di awal memang akan terasa suit. Anak akan main-main seperti menggigit sikat. Bisa juga ia akan menutup rapat mulut sebagai tanda tidak mau. Namun percayalah itu tidak akan berlangsung lama.

Disertai contoh dan pembiasaan anak akhirnya juga akan merasa butuh, dan dengan sendirinya akan sikat gigi. Sebisa mungkin hindari memberi makan pada anak yang mudah menempel pada gigi seperti permen dan coklat. Terlebih jika anak belum terbiasa sikat gigi.

3. Membiasakan Cuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu hal yang sangat dianjurkan, terutama setelah beraktifitas dan hendak makan.

Saat pandemi Covid-19 aktivitas ini malah disarankan lebih sering-sering cuci tangan. Selain dapat membunuh kuman, ternyata juga merupakan salah satu upaya membunuh virus.

4. Menjaga Kebersihan Kuku

Tangan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan. Setiap yang dikonsumsi rata-rata melalui perantara tangan. Padahal tangan tempat menyentuh banyak hal. Wajar jika dikatakan sebagai sarang kuman.

Selain membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun, pastikan kuku anak juga selalu pendek. Pastikan potong kuku anak jika mulai panjang. Jika ada debu atau kotoran masuk pada kuku, tunjukkan betapa kotornya jika sampai menjadi sarang kuman dan ikut terkonsumsi dengan makanan.

5. Segera Mengobati Anak yang Sakit

Saat anak sakit sebaiknya  segeralah diobati. Baik secara tradisional sesuai pengetahuan ayah bunda atau dengan pergi ke dokter atau klinik.

Ada banyak pengobatan dasar yang bisa dipahami. Misalnya saja seperti kunyit yang bisa digunakan untuk mengobati sakit perut. Daun petai cina untuk mengobati luka sayatan. Daun jambu biji untuk mengobati diare dan lain sebagainya.

Terlalu sering memberi anak obat-obatan kimia sangat tidak dianjurkan. Namun jika ayah bunda tidak memiliki solusi yang lebih baik, tidak ada salahnya untuk segera membawa anak ke dokter.

6. Mengajarkan Anak Pengobatan Alami

Selain ayah bunda harus paham, anak juga harus diajarkan tentang pengobatan alami. Setidaknya hal-hal yang rentan terjadi selama bermain. Misalnya saja cara mengobati luka berdarah atau memar akibat jatuh maupun tersayat.

Selain memperkenalkan pada tumbuhan yang bisa digunakan untuk pengobatan. Ayah bunda juga harus menjelaskan prosedurnya. Mulai dari mencuci luka dengan air mengalir hingga membalutnya.

7. Menjauhkan Anak dari Penyakit Menular

Bukan hanya dari Covid-19. Anak juga harus diajarkan berbagai pemahaman terkait penyakit menular. Hal ini sangat penting, agar anak senantiasa mampu menjaga diri untuk tidak tertular penyakit berbahaya.

Ada banyak jenis penyakit menular, seperti batuk, pilek, flu dan lainnya. Informasi ini bisa dapat dengan mudah ayah bunda dapatkan di internet.

Dengan melakukan beberapa hal diatas semoga saja menjaga kesehatan anak menjadi satu hal yang mudah dan menyenangkan.

Posting Komentar untuk "7 Cara Menjaga Kesehatan Anak yang Mudah Dilakukan"