Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Keluarga

Sikat gigi sangat penting untuk membersihkan gigi dari berbagai hal yang bisa menempel pada gigi. Sisa-sisa makanan, asap rokok, dan lainnya dapat menjadi noda membandel jika tidak segera dibersihkan.

tips memilih sikat gigi
pixabay.com

Tips memilih sikat gigi haruslah benar-benar dipahami khususnya ketika memilih untuk anak-anak. Dengan memahami ciri-ciri sikat gigi yang baik, maka fungsi dari sikat gigi tersebut dapat lebih optimal.

Kita harus tahu jenis sikat gigi yang digunakan untuk menyikat gigi. Jangan asal pilih sikat gigi karena ini juga menyangkut kesehatan gigi kita.

Menyikat gigi baiknya minimal 2 kali sehari sebagai salah satu upaya untuk membersihkan gigi. Tak hanya itu saja tapi juga sebagai upaya merawat gigi dan menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat dan kuat.

Dengan menyikat gigi maka bakteri dan kotoran yang terdapat pada gigi akan hilang atau mati. Selain harus pintar memlilih sikat gigi, tentunya kita juga harus bisa memilih jenis pasta gigi yang baik dan aman bagi gigi.

Sebaiknya kita harus mengganti sikat gigi setelah dipakai 3 bulan sekali. Hal ini karena kualitas sikat telah berkurang dan hasilnya tidak akan optimal.

Tak hanya itu saja tapi juga menjadi sarang kuman, atau bakteri jamur yang bisa saja mengganggu kesehatan gigi kita. Terlebih bila diletakan asal-asalan di kamar mandi.

Tips Cara Memilih Sikat Gigi yang Baik

1. Bulu sikat gigi lembut lebih baik

Gigi manusia rawan dengan gerakan yang keras dan berlebihan. Sangat penting memilih bulu sikat gigi yang lembut, sehingga tidak mengikis lapisan email yang berada pada bagian terluar gigi.

Bulu sikat gigi yang lembut juga akan lebih bersahabat dengan gigi dan gusi. Bulu sikat yang lembut, dapat memastikan gigi bersih dari sisa-sisa makanan. Gusi tetap aman dan tidak berdarah saat sedang menyikat gigi.

2. Pilihlah bulu sikat gigi yang terbuat dari nilon

Terdapat dua jenis bulu sikat gigi yang populer saat ini. Ada yang terbuat dari bahan nilon dan bahan natural (alami). Pilihlah yang terbuat dari bahan nilon karena lebih teruji penggunaannya dan baik dari segi manfaat.

Sementara itu yang berbahan natural (alami) belum diuji lebih lanjut. Bahan nilon juga lebih murah dibandingkan dengan bahan natural.

3. Pilihlah kepala sikat gigi yang lebih kecil

Selanjutnya untuk memilih sikat gigi yang baik, pilihlah sikat gigi yang kepalanya lebih kecil. Walaupun kadang-kadang anggapan masyarakat awam bahwa “yang lebih besar adalah yang lebih baik”. Tapi hal ini tidak berlaku saat memilih sikat gigi. Jadi ukuran besar bukanlah sesuatu yang penting. 

Selain itu ukuran kepala sikat gigi lebih kecil menjadi lebih baik karena mudah digunakan untuk menyikat gigi. Bentuk yang seperti ini juga menjangkau permukaan gigi bagian belakang, hingga gigi geraham yang kadang luput saat kita menyikat gigi.

Menggunakan sikat gigi dengan kepala kecil, juga memudahkan saat melakukan manuver dan gerakan seperlunya. Ini untuk memastikan semua bagian dalam gigi bersih dari plak dan sisa makanan.

Dengan beberapa pertimbangan diatas tentu tak ada alasan lagi salah pilih sikat gigi bukan.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Sikat Gigi yang Tepat untuk Keluarga"