Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan 7 Cara Sederhana ini Untuk Jantung yang Sehat

Saat ini hampir bisa dipastikan kesehatan adalah aset paling berharga bagi siapapun tanpa kecuali. Salah satunya dengan menjaga jantung yang sehat tetap demikian adanya.

menjaga jantung yang sehat
pixabay.com

Pandemi belum berakhir dan bisa jadi masih akan terjadi hingga beberapa waktu yang akan datang. Ketidakpastian ini bisa saja membuat jantung yang sehat menjadi kurang sehat akibat tekanan berlebih.

Bukan hanya karena Corona Virus semata. Lebih dari itu ada banyak alasan kenapa jantung seseorang bisa berdetak lebih cepat dari yang seharusnya.

Pemberitaan yang kurang proporsional di media bisa juga menjadi salah satu penyebab. Apalagi media mainstream cenderung menyajikan informasi kurang berimbang. ‘

Bahkan ada sesuatu yang bisa jadi lebay karena menganut “the bad news is the good news”. Mereka paling penting adalah rating dan kaum hawa yang “baperan” bisa saja langsung terbawa suasana. Oleh karena itu menjadi penting menjaga jantung yang sehat tetap bekerja sebagai mana mestinya.

Berikut cara sederhana menjaga jantung yang sehat tetap berfungsi normal:

1. Lakukan Aktifitas Fisik Secukupnya

Seringkali kita merasa enggan melakukan aktifitas fisik. Parahnya ditambah tidak ada keinginan untuk berolahraga secara teratur.

Bila kita tahu jantung yang sehat itu tidak terjadi tiba-tiba tapi perlu dilatih pastinya kita akan aktif bergerak. Entah itu mengerjakan pekerjaan domestik atau berolah raga.

2. Minum Air Putih yang Cukup 

Terlihat sepele tapi faktanya air putih sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini karena hampir semua yang ada di tubuh adalah cairan. Jantung pun demikian dimana ia membutuhkan cairan secara terus menerus untuk menjaga kondisi agar tetap normal.

Minum air putih dalam satu hari idealnya adalah 8 gelas atau 2 liter air. Tidak perlu diingatkan dan seyogyanya kita melakukan karena memang butuh sehat.

3. Hindari Makan Fastfood

Masih suka jajan fastfood maka ada baiknya kini mulai dihentikan. Beralih dengan mengkonsumsi olahan rumah jauh lebih baik dan terjami hiegienitasnya.

Apalagi bila harus makan ditempat tentu akan sangat rawat bertemu orang lain dan menciptakan kerumunan. Tak ingin ini terjadi maka hindari aneka makanan yang konon berasal dari Amerika dan Eropa ini.

4. Kelola Stres

Jantung yang sehat ternyata berkaitan dengan pikiran yang sehat pula. Oleh karena itu menjadi penting untuk mengelola stres dengan baik.

Hindari kegiatan yang rentan menyebabkan stres seperti melihat informasi pemilukada atau berita yang tidak valid. Cukup jaga silahturahmi dan berpikiran positif maka stres pun akan berkurang.

5. Jaga Berat Badan Ideal

Sering kita menemukan orang yang terkena serangan jantung adalah mereka yang memiliki berat badan tidak ideal. Mereka ini memiliki kecenderungan hobi makan, enggan bergerak.

Yang ada kemudian penimbunan lemak dalam tubuh. Lemak yang tidak terbakar ini akan terus menumpuk hingga memenuhi seluruh bagian tubuh.

6. Kontrol Tekanan Darah

Usia 30+ harus mulai memperhatikan tekanan darah. Cara paling mudah dengan memperhatikan apa yang masuk ke dalam tubuh. 

Cukup sehat atau aman tidak bagi kesehatan. Bila tidak maka segera tinggalkan dan beralih pada konsumsi yang aman dan ramah untuk tubuh.

7. Minum Susu yang baik untuk Jantung

Beruntung saat ini ada susu yang bisa menjaga jantung yang sehat agar tetap sehat. Konsumsi secara teratur dan sehari minum 3 kali untuk membantu jantung sehat dan daya tahan tubuh.

Cara-cara sederhana ini cukup ampuh dan telah banyak yang mempraktikannya. Bila mereka bisa maka kamu pun pasti bisa.


Posting Komentar untuk "Lakukan 7 Cara Sederhana ini Untuk Jantung yang Sehat"