Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Susu A2, Susu Kaya Manfaat yang Baik Untuk Pencernaan

Hey Mom, ketemu lagi dengan saya Lina dan kali ini saya akan menceritakan kembali apa yang saya dapat pasca mengikuti webinar yang diselenggarakan Buumi Playscape. Hanya dalam waktu satu jam saja saya mendapat banyak informasi menarik. 

webinar susu a2

Banyak hal yang mungkin selama ini kita anggap kebenaran tapi faktanya tidak demikian. Sebagai contoh ketika kita berbicara tentang susu formula untuk anak-anak. Mungkin kita akan beranggapan semua susu itu akan memiliki kandungan protein yang sama sama. 

Faktanya ternyata susu itu ada beberapa jenis protein dan yang paling populer tentu saja whey dan casein.

Agar tidak rancu maka saya akan coba uraikan webinar tersebut dalam tulisan yang lebih terstruktur. Webinar yang diselenggarakan pada Kamis, 10 Desember 2020 pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB tersebut mengusung topik “Kenali Jenis Protein Susu dan Manfaatnya untuk Anak”.

Judul yang sangat menarik dan mencerahkan bukan. Apalagi narasumber yang dihadirkan tak main-main dimana ada DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K), beliau adalah seorang dokter anak sekaligus konsultan gastroenterology. Pastinya dengan latar belakang yang ada sangat pas untuk menjawab kegelisahan para Mommy di rumah.

Satu lagi yang membuat acara ini kian hidup pastinya ada Natasha Guna sebagai host IG Live. Wanita cantik yang dikenal sebagai mom influential figure ini juga sebagai co-founder Buumi Playscape.

Seperti kita tahu bahwa 100 hari pertama bagi seseorang akan sangat berpengaruh pada kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karena itu kita juga sering menyebut sebagai masa keemasan. Dimana tumbuh kembang anak akan berjalan sangat cepat.

Bila salah langkah bisa jadi akan sangat fatal akibatnya. Masa dimana pembentukan otak dan organ penting lain akan berjalan sangat pesat. Hal ini pastinya akan lebih optimal bila didukung nutrisi yang mumpuni.

Sebisa mungkin bagaimana fisik dan kognitif berjalan beriringan. Satu sama lain bersinergi hingga tumbuh bukan hanya asal tumbuh tapi pada taraf terbaik pastinya.

Perhatikan Sistem Pencernaan Si Kecil

Selain itu yang harus diperhatikan pastinya adalah organ pencernaan. Tidak boleh anak-anak mengalami gangguan pencernaan. Selain karena akan menyiksa pastinya juga akan berdampak pada tumbuh kembang.

Sistem pencernaan yang sempurna akan mendukung tumbuh kembang anak. Hendaknya nutrisi yang ada pada makanan bisa diserap dengan baik oleh tubuh agar anak bisa tumbuh kembang dengan sehat.

Sekali anak mengalami gangguan pencernaan bisa jadi nutrisi yang didapat pun akan berkurang. Dan akibatnya bisa dilihat secara kasat mata bahwa tumbuh kembang mereka ada yang salah.

Pilih Susu yang Tepat Solusinya

Kini, kita sebagai orang tua sudah tahu betul susu yang baik bukan hanya mengandung protein, kalsium, dan nutrisi penting lain seperti magnesium, kalium, fosfor, seng, dan vitamin B yang baik untuk otak dan tulang saja. Lebih dari itu juga pastinya baik untuk sistem pencernaan anak.

Dimana usus atau organ dalam pencernaan anak belum sekuat orang dewasa. Pastinya asupan yang masuk ke dalam perut pun harus diperhatikan dengan baik.

Tak dapat dipungkiri bila kita semua beranggapan sama. Susu formula ya susu formula tapi faktanya masing-masing susu memiliki kandungan protein yang berbeda satu sama lain.

Mengenal Jenis Protein Susu untuk Anak

Saat ini setidaknya ada 2 jenis protein yang terkandung dalam susu yakni whey dan casein. Dimana keduanya memiliki kandungan yang tak sama. Namun faktanya dalam tiap susu paling banyak mengandung protein casein.

Casein sendiri terbagi dalam beberapa jenis dan paling banyak ditemukan di masyarakat adalah beta-casein. Lebih jauh beta-casein ini terbagi beta-casein A1 dan beta-casein A2

Menjadi menarik dimana beta-casein A1 dan beta-casein A2 ini ternyata dihasilkan sapi yang berbeda. Ada sebagian sapi yang bisa menghasilkan susu A1 dan A2 saja tapi ada juga sapi yang bisa menghasilkan susu A2 saja. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penampakan susu itu sama tapi kadar protein susu tidak sama.

Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa susu A2 lebuh aman bagi sistem pencernaan. Dimana beta-casein A2 lebih mudah diserap dalam sistem pencernaan anak. Tak hanya itu saja tapi juga mampu mengurangi gangguan pencernaan ringan.

Saat ini pun di pasaran begitu mudah kita temukan susu yang konon baik untuk tumbuh kembang anak. Namun sebelum membeli pastikan juga ada kandungan DHA, Kolin ataupun Omega 3 & 6. Dimana semua kandungan baik itu mendukung tumbuh kembang otak anak.

Dari kegiatan via online ini saya juga mendapat wawasan dan pemahaman bagaimana dengan mudah bisa mengenali susu A2. Susu jenis ini ternyata tersedia dalam berbagai bentuk mulai dari bubuk, UHT hingga yogurt. Cara paling mudah pastinya dengan mencari tulisan atau label beta-casein A2.

Sudah tahu ya Mom kalau kini kita harus memilih susu yang tepat buat anak. Bukan hanya asal murah atau bermerek semata. Lebih dari itu adalah kandungan yang ada di dalamnya sesuai atau tidak untuk tumbuh kembang anak.

1 komentar untuk "Mengenal Susu A2, Susu Kaya Manfaat yang Baik Untuk Pencernaan"

  1. Susu A2 baik untuk tumbuh kembang si kecil dan kaya manfaat ya mom. Thanks infonya.

    BalasHapus