Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

V Abhiraj Jurnalistika, Itu Nama Anakku

Hai Mom, apa kabar? Mencoba menjawab pertanyaan beberapa kawan apa arti V Abhiraj Jurnalistika. Satu nama yang terkesan aneh dan kami sematkan pada anak semata wayang kami.

v abhiraj jurnalistika
v abhiraj jurnalistika

Bukan tanpa alasan kami (saya bersama suami) memilih nama ini. Mungkin prosesnya terkesan cepat karena sedari awal saya menyiapkan nama perempuan dan ternyata anak kami laki-laki.

Nama tak biasa sengaja kami pilih karena di dalamnya juga ada doa dan harapan yang kami sematkan tentunya. Meski ada kesan kurang lazim karena bisa jadi jumlah anak dengan nama ini di tanah air tidak ada. Kalau adapun mungkin bisa dihitung dengan jari.

Sebuah Nama Sebuah Doa

Dalam memilih nama anak pun kami memikirkan bukan hanya unik dan beda. Tapi lebih dari itu menjadi pengingat bahwa ke depan kami akan mendidik anak tersebut sesuai dengan nama disematkan.

Doa yang senantiasa kami panjatkan sepanjang waktu. Bukan hanya terkait kesehatan dan kesuksesan dimasa yang akan datang. Tapi pastinya ada proses yang harus dilalui anak.

Kami berdua berasal dari keluarga biasa saja dan orang tua kami memiliki kecenderungan untuk meminta kami pun memilih sesuatu yang biasa. Namun hal ini tidak bisa kami wujudkan karena kami berharap nama bukan hanya “tetenger” atau penanda ini si A atau si B.

Saat ini ada banyak referensi bagi para orang tua untuk memilih nama anak Islami yang lebih powerfull. Lebih sesuai dengan apa yang diharapkan dan tetap menjadi entitas yang unik dan beda.

V Abhiraj Jurnalistika

Nama yang unik dan beda pastinya dan bila dicari mungkin nama Abhiraj tidak ditemukan di nusantara ini. Abhiraj itu sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti laki-laki yang bijaksana.

Satu hal yang bisa jadi nilai ini telah mulai luntur. Dimana pragmatisme begitu mendominasi dan ujung-ujungnya semua akan berakhir pada kapitalistik.

Lain cerita bila seseorang bisa bersikap bijaksana maka langkahnya akan senantiasa berpikir jauh ke depan. Apa yang hendak dicapai bukan lagi hanya berkutat untung rugi tapi lebih pada nilai atau manfaat yang bisa diberikan untuk masyarakat luas.

Pun dengan mereka yang menggunakan nama Jurnalistika juga tidak akan ditemukan. Satu hal yang sebenarnya sangat familiar di era digital seperti saat ini.   

Nama ini sengaja dipilih karena ayahnya, Joko Yugiyanto adalah sosok yang sangat mencintai dengan dunia tulis menulis. Satu kegiatan yang mana saya pun begitu mencintai hanya saja kalau saya lebih pada cerita sehari-hari.

Sementara itu ayahnya bisa menulis tentang banyak hal. Katanya kegiatan jurnalistik itu telah ia mulai sejak belasan tahun silam.

Saat ia bergabung dengan pers mahasiswa dan kemudian lanjut berkarir sebagai jurnalis di salah satu media mainstream. Kini, ayahnya bukan lagi seorang pelaku jurnalistik karena lebih memilih menjadi part of human capital karena memiliki kesempatan lebih besar untuk traveling ke seluruh Indonesia.

Meski demikian nilai-nilai itu tetap ia pegang dan ajarkan pada saya khususnya. Dimana saya sebagai ibu rumah tangga pun harus bisa menulis.

Menurutnya menulis adalah proses merekam peristiwa yang membutuhkan keahlian. Dibutuhkan proses dan keharusan untuk terus belajar dan hal ini pula yang sedang saya lakukan.

Terlihat jelas di blog ini, isinya hanya sebatas curahan hati, apa yang saya lihat, dengar dan rasakan. Semua saya tuangkan dengan bahasa sesederhana mungkin karena saya pun jarang mengikuti pelatihan jurnalistik.

Beruntung saya tinggal bersama mentor dan trainer yang setia dengan sabar mengajari dan memaksa untuk terus menulis. Menulis itu menurutnya paling penting adalah jujur. Satu cara untuk melepas energi negatif dan diubah menjadi manfaat atau setidaknya dokumen perjalanan hidup yang kelak tulisan ini masih bisa dibaca anak cucu kami.

Oh iya mungkin ada juga yang penasaran ada huruf V di depan Abhiraj Jurnalistika. Huruf V itu dalam akta anak kami ini memiliki kepanjangan Verrell, dari bahasa Perancis. Berasal dari kata Veryl yang memiliki arti Kebenaran atau berkata benar.

Apapun alasannya, sudah pasti berkata benar dan kebenaran itu satu hal yang harus dijunjung. Sampai kapanpun dalam kondisi apapun nilai ini harus senantiasa ada dalam hati setiap anak manusia.

Dengan beberapa penjelasan diatas sudah jelas ya, apa arti dari nama anak kami V Abhiraj Jurnalistika ini. Satu anak yang akan kami didik untuk menjadi seseorang yang bijaksana dan mampu menyampaikan kebenaran melalui tulisan.

Nilai-nilai yang senantiasa akan kami pegang bahwa ia akan bisa tumbuh dan berkembang dengan caranya. Bagaimana tetap bisa memberi manfaat dengan cara yang menyenangkan.

Salam stay foolish dan stay hungry demikian kata Steve Jobs yang membuat saya ingin terus belajar dan menulis.    

34 komentar untuk "V Abhiraj Jurnalistika, Itu Nama Anakku"

  1. Bagus namanya dan unik. Jarang yang menggunakan bahasa sansekerta ya, biasanya arab . Sepakat, nama adalah doa dan harapan yang disematkan..

    BalasHapus
  2. Aku jadi penasaran nih Kak. Di akta lahirnya, V tertulis gitu aja atau Verrel? hihihi maap ya kalau pertanyaannya kurang pas.. yang penting sehat selalu untuk kakak sekeluarga. Salam!

    BalasHapus
    Balasan
    1. di akta lahir dan KIA tertulis Verrell Abhiraj Jurnalistika kak

      Hapus
  3. Cara ini bisa membuat kita happy ketika punya suami yang ngerti kerjaan kita . Sampai-sampai nama anak juga sesuai nama kerjaan ayah ibunya

    BalasHapus
  4. Keren namanya kak..
    Semoga si kecil bertumbuh menjadi anak laki-laki yang bijaksana yang mencintai dunia tulis-menulis dan juga mengedepankan kebenaran.

    BalasHapus
  5. Unik sekali tapi namanya mudah diingat. V Abhiraj Jurnalistika. Mudah pula dilafalkan bagi saya yang juga suka dengan nama nama unik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal itu nama yang tiba2 muncul lho, sebelumnya suami siapin nama Rani Mencoba dan berharap punya anak yang memiliki kebeRanian untuk Mencoba hal baru

      Hapus
  6. Wah, namanya unik sekali. Semoga ananda bisa tumbuh menjadi pribadi yang bahagia dan penyejuk Ayah Bundanya. Aamiin...

    BalasHapus
  7. Setuju .. seseorang bisa bersikap bijaksana maka langkahnya akan senantiasa berpikir jauh ke depan. Masya Allah, saya melihat ayah dan ibu dari Abhiraj merupakan orang2 yang bijaksana makanya memilih makna yang dalam untuk sebuah nama. Semoga ananda menjadi seseorang semakna dengan namanya.

    BalasHapus
  8. Jadi panggilannya verrell ya? Kalo aku nama anak sengaja cari yg sederhana biar gampang disebut dan dituliskan hehehe tapi yah namanya manusia ada aja celahnya. Semoga anak-anak kita tumbuh sehat dan menjadi insan yg bermanfaat ya mom

    BalasHapus
    Balasan
    1. panggilan banyak kak, selain verrell ada perel, peye, ellen, dan ada juga yang panggil jujur

      Hapus
  9. wah namanya unik dan sarat akan makna
    semoga anaknya tumbuh sesuai doa yang ada pada namanya ya mbak

    BalasHapus
  10. MashaAllah~
    Semoga kaka V bisa selalu menjunjung kebenaran dan berani mengatakan sesuai dengan namanya. Doa orangtua in syaa Allah menjadi calon pemimpin yang amanah.

    BalasHapus
  11. Namanya unik namun sangat bermakna ya Mbak.
    Nama memang doa orangtua kepada anaknya.
    Sehat selalu V Abhiraj Jurnalistika.

    BalasHapus
  12. Nama yang bagus dan unik mbak. Untuk sebaian orang termasuk saya pengucapannya memang rada sulit tapi arti dari mana tersebut luar biasa sekali. Banyak makna indah yang terkandung dalam namanya

    BalasHapus
  13. jadi keinget namaku sendiri yang juga ada unsur2 jurnalistiknya karena ayahku dulu pernah kerja di perusahaan tersebut waahhaha memang selalu ada doa dan kesan pada nama anak yaa

    BalasHapus
  14. Jadi panggilannya apa nih mba? V? apa Abi?
    untung depannya V jadi absen belakangan ya ntar pas sekolah wakaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl yg panggi abi belum ada kak, paling banyak ada yg panggil ellen sama peye

      Hapus
  15. Bener banget nama adalah doa, jd sebaik nama ank yang memiliki makna baik, nama anaknya unik dan tentunya gak familiar

    BalasHapus
  16. Daku tahu namanya Abhiraj aja, ternyata si ganteng yang ikut malam penganugerahan awal tahun 2020 lalu itu depannya ada nama Verrel nya ya 😍

    BalasHapus
  17. Maa syaa Allah nama anaknya benar-benar unik dan memiliki makna yang sangat bagus. Btw tadinya saya pikir nama depan anaknya V aja ternyata itu hanya huruf depan dari nama depannya. Kalau nama panggilan anaknya apa Mbak?

    BalasHapus
  18. namanya bagus dan unik, mbak. tadi saya pikir itu nama depannya beneran cuma huruf V ternyata ada panjangnya juga. heu

    BalasHapus
  19. Nama yang unik. Dipanggilnya apa mbak? Oh ya aku kira abhiraj itu dari bahasa India. Hehe. Semoga kelak abhiraj jadi sosok yang sesuai dengan namanya. Sehat dan selalu bahagia ya nak.

    BalasHapus
  20. Namanya bagus banget mbak dan memiliki pesan yang luar biasa. Semoga terwujud, btw saya kangen sama abang kecil ini mbak.

    BalasHapus
  21. Suka sama namanya. Unik n bagus artinya mba. Skrg memberi nama anak mmg plg bgs lbh tricky spy anak2 lain suka mengingatnya

    BalasHapus
  22. Unik banget nama anaknya, Mbak. Nama belakangnya langsung inget ke jurnalistik memang. Jadi inget masa kudu Namain bayi, sulit juga nyari nama yg unik dan artinya bagus...

    BalasHapus