Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mencegah Mask Acne Tanpa Ribet

Satu tahun lebih pandemi masuk tanah air dan selama itu pula untuk beraktifitas kita dipaksa untuk menggunakan masker. Tak ingin kulit wajah berjerawat dan secara sadar kita harus mencegah mask acne atau  kita akan kehilangan banyak waktu dan biaya untuk recovery.

cara mudah mencegah mask acne
linamuryani.com

Terutama bagi mereka yang aktif dan mau tidak mau sering keluar rumah. Disatu sisi menggunakan masker sering kali membuat rasa tidak nyaman. Tidak mengenakan masker potensi terpapar virus lebih besar.

Dengan demikian maka setiap orang, khususnya para wanita yang memiliki kulit wajah sensitif maka ia harus tahu cara mudah mencegah mask acne. Bila tidak yang ada kemudian kesehatan wajah akan terganggu dengan adanya jerawat.

Dalam kondisi yang parah mereka bisa saja alergi dan kemudian kulit akan rusak. Kalau saja ini terjadi hampir bisa dipastikan produktifitas akan menurun karena banyak energi akan dikeluarkan untuk hal yang tidak perlu.

Cara Mudah Mencegah Mask Acne

Sejatinya mencegah mask acne tidak lah sulit. Selama kita bisa mengenal siapa diri kita dengan baik maka masalah itu tidak akan timbul.

Lain cerita bila ia tidak tahu bahwa dirinya termasuk salah seorang yang sensitif dan abai. Bisa jadi dalam kondisi normal atau biasa saja akan bermasalah.

Mask acne atau jerawat masker adalah satu kondisi dimana wajah akan merasa tidak nyaman ketika mengenakan masker. Tanda paling mencolok yang terlihat tentu saja dengan adanya jerawat pada area yang tertutup masker.

Secara sederhana hal ini dikarenakan masker akan menutupi sebagian wajah dan menimbulkan kelembaban. Kondisi lembab ini akan membuat pori-pori lebih sensitif untuk tumbuh kembangnya virus dan kuman.

Dalam praktiknya ini yang bisa dilakukan :

1. Rajin Ganti Masker

Rajin ganti masker bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terpapar virus. Lebih dari itu pastinya bisa menjaga kulit wajah tetap persih.

Ganti masker maksimal setelah 4 jam digunakan adalah sebuah keharusan. Terlebih bagi mereka yang beraktifitas di luar ruang dan sering bertemu orang lain.

Masker yang terlalu lama digunakan juga lebih rentan adanya virus dan kuman. Rasa tidak nyaman pun akan dirasakan karena masker juga memiliki aroma yang akan berubah seiring berjalannya waktu.

2. Rajin Cuci Muka

Bukan hanya rajin ganti masker, seyogyanya rajin cuci muka pun dilakukan. Cara ini selain bisa membersihkan debu bisa juga memberi ruang / pori pada wajah untuk lebih segar.

Gunakan sabun pencuci muka yang baik dan tidak terlalu banyak mengandung bahan kimia. Beruntung mereka yang taat menjalankan sholat 5 waktu maka selain mandi 2 kali (pagi dan sore) maka akan wudhu minimal 5 kali juga.

3. Gunakan Make Up Minimalis

Untuk kebutuhan harian gunakan make up yang tidak berlebihan untuk menjaga kulit tetap sehat. Make up terlalu tebal tak ubahnya menempelkan benda / produk kimia ke wajah.

Dalam memilih make up pilih produk yang berkualitas dan jangan asal-asalan. Cek kebenaran produk dan sertifikasi dari BPOM dan MUI bila ingin lebih yakin.

4. Konsultasi ke Dokter Kulit

Dalam beberapa kasus bisa saja mask acne ini cukup berbahaya yang ditandai dengan jumlah cukup banyak, ukuran besar dan pastinya tidak segera hilang. Bila tanda-tanda itu muncul saatnya untuk konsultasi ke dokter kulit terdekat.

Khusus buat kamu yang tinggal di area ibu kota maka bisa berkunjung ke dokter kulit Jakarta Pusat. Sementara itu yang tinggal di Bekasi bisa konsultasi ke dokter kulit Bekasi.

Mengenal Lebih Dekat dr. Sonia Hanifati SpDV  

dr. Sonia Hanifati SpDV

dr. Sonia Hanifati SpDV

Diantara sekian banyak pilihan dokter kulit yang ada pastinya ada dr. Sonia Hanifati SpDV yang bisa menjadi pilihan utama. Pengalaman dan latar belakang akademik menjadi alasan kenapa dokter yang satu ini banyak dipilih.

Dokter spesialis kulit dan kelamin ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu ia merupakan Co-Founder dari @thegoodchem yang konsen terhadap kesehatan dan kecantikan.

Selain itu perempuan yang menuntaskan program profesi di kampus yang sama itu juga bekerja di Bamed Skincare,Dermatoven Clinic dan RS Budi Kemuliaan membuat kemampuannya kian terasah.

Tidak hanya itu saja tapi dr Sonia juga aktif di beberapa organisasi mulai dari Member of PERDOSKI Cabang Jakarta, Copy-Editor at Media Dermato-Venereologica Indonesiana PERDOSKI dan Editor Kapita Selekta Kedokteran 4th Edition.

Dengan semua kemampuannya itu dokter cantik ini siap memberikan solusi bagi mereka yang memiliki masalah dengan wajah, khususnya terkait mask acne.   

Untuk mereka yang lebih awal dan menyadari adanya ketidakberesan ini maka dokter cukup memberikan obat baik itu yang dikonsumsi maupun di oles. Namun dalam kondisi yang lebih parah bisa jadi membutuhkan tindakan khusus.

Treatment ini bisa berupa ekstraksi komedo, chemicl peeling, laser NdYAG (mengatasi jerawat berwarna gelap), laser CO2 (mengatasi bekas jerawat / bopeng) dan lain-lain. Semua itu dilakukan untuk mengembalikan wajah bebas mask acne dan kembali seperti semula.

Penasaran dengan kiprahnya maka kamu bisa kunjungi sosmed dr Sonia di Instagram maupun TheGoodChem.com. Bila ingin tahu dimana saja ia buka praktik maka bisa link ini ya.   

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Mencegah Mask Acne Tanpa Ribet"