Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Tugas Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

Tahun ini jagoanku, Abhiraj Jurnalistika akan menjajaki tugas perkembangan anak 5 tahun. Artinya dia akan membutuhkan susu anak umur 5 tahun untuk optimalkan tumbuh kembangnya.

tugas perkembangan anak usia 5 tahun
linamuryani.com

Tak ingin asal beli tapi harus ada kepastian bahwa susu anak umur 5 tahun tersebut memang susu terbaik dan kaya manfaat. Seperti kita tahu saat ini ada begitu banyak susu formula yang beredar di pasaran.

Masing-masing susu tersebut pastinya miliki nilai lebih yang berbeda-beda. Kita yang kebetulan tinggal di Indonesia seyogyanya memiliki susu dengan kandungan yang memang disesuaikan dengan kebutuhan.

Usia Sekolah di Depan Mata

Anak saat usia 5 tahun maka bisa dipastikan bahwa ia harus bisa mempersiapkan diri untuk masuk sekolah. Masa yang tepat untuk masuk taman kanak-kanak.

Satu kondisi yang berbeda saat ini tentunya dimana pandemi belum berakhir. Artinya kesehatan anak haruslah benar-benar prima. Salah satunya bisa dijaga dengan memberikan asupan susu yang tepat sesuai dengan tumbuh kembangnya.

Ada tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikan dalam usia tersebut. Dan kita sebagai orang tua bisa saja akan merasa takjub dengan apa yang telah dilakukan anak.

Tugas Perkembangan Anak Usia 5 Tahun

1. Kemampuan Menunjukkan Emosi

Jangan pernah menafsirkan emosi sebagai satu hal yang negatif. Hal ini karena emosi adalah segala bentuk non verbal yang akan nampak.

Lihat saja saat ia sedang kesulitan menyelesaikan sesuatu. Apakah ia akan langsung minta tolong atau tetap berusaha mengerjakan sendiri tanpa minta bantuan orang lain. 

2. Kemampuan Berbicara dan Berkomunikasi

Anak usia 5 tahun seyogyanya telah bisa bermain peran. Mengucap kata tolong, minta maaf, terima kasih harus menjadi keseharian.

Terlihat sederhana tapi bila bisa menggunakan kata-kata tersebut maka ia telah tumbuh kembang dengan optimal. Namun bila ternyata enggan dan terlihat tidak pernah menggunakan maka ada baiknya untuk sering dilatih lagi.

3. Keterampilan Fisik dan Motorik

Motorik halus telah mulai terlihat pada usia ini. Lihatlah saat ia mencoba belajar menulis, makan, atau menggunakan sesuatu.

Selain itu pada usia ini mereka telah cukup mandiri. Dimana ia bisa mandi tanpa bantuan hingga mengenakan pakaian.

4. Keterampilan Mental dan Berpikir

Anak pada usia 5 tahun bisa berhitung meski hanya dalam batas 1 hingga 10. Membuat gambar sesuai dengan pola.

Mengetahui aneka bentuk dan warna. Mereka juga telah cukup aktif untuk menuliskan angka dan huruf.

Cara Mendukung Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun

Peran penting para orang tua harus hadir dalam masa tumbuh kembang anak usia 5 tahun. Mereka harus senantiasa dilatih untuk bisa tumbuh dan berkembang.

Caranya pun tidak sulit dimana paling penting anak-anak harus diberi kesempatan untuk eksplore lebih jauh. Jangan pernah bilang tidak boleh karena akan memupuskan harapan mereka.

Berikan kepercayaan dan terus awasi. Kalau pun ia terlalu aktif dan berpotensi jatuh dan terluka selama tidak bahaya tidak perlu khawatir.

Kurangi waktu bermain gadget dan tempatkan pada satu lingkungan dimana ia harus bersosialisasi dengan yang lain. Saling tolong menolong dan melihat perbedaan sebagai satu hal yang biasa.

Berikan kesempatan bagi mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas kecil. Semisal membereskan mainan usai bermain. Meski hasil tidak memuaskan tapi cara ini dianggap sangat ampuh untuk membuat anak belajar bertanggung jawab.

Beri kesempatan untuk bercerita selama satu hari ini ngapain saja. Dengarkan dengan penuh empati sehingga anak akan semakin antusias.

Ajari anak untuk membuat prakarya sederhana dari bahan-bahan sederhana. Selain melatih motorik halus cara ini juga akan melatih perasaan. Bagaimana ada rasa tidak nyaman bila hasil tidak optimal dan tetap hibur untuk bisa lebih baik.

Selain cara-cara diatas tentu asupan tetap harus dijaga. Tetap mengkonsumsi aneka bahan makanan yang kaya 4 sehat 5 sempurna di tambah susu untuk anak usia 5 tahun bisa jadi adalah pilihan terbaik.

Posting Komentar untuk "Kenali Tugas Perkembangan Anak Usia 5 Tahun"