Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

Tahun ini adalah tahun ke 3 kita berada di masa pandemi. Menjadi penting kemudian untuk kita bagaimana bisa tetap menjaga kesehatan mental.

menjaga kesehatan mental
linamuryani.com

Jangan sampai kita kalah dengan keadaan dan kemudian enggan bangkit. Ingat kata orang, badai pasti berlalu. Dan apa yang terjadi saat ini pun demikian dimana kita bisa melalui bersama-sama.

Ingat betul saat kali pertama pandemi masuk tanah air dan efektif per 1 April 2020 suami kehilangan pekerjaan. Dan selama berbulan-bulan itu pula kami ada di rantau.

Tidak bisa beraktivitas di luar rumah mengingat Covid-19 masih merajalela. Selama itu pula kami hanya berada di dalam kontrakan. 

Mengerjakan apa yang bisa kami kerjakan. Bekerja, belajar dan semua aktivitas lainnya kami kerjakan di dalam rumah.

Ketika harus berada di luar rumah dan beraktivitas maka protokol kesehatan ketat harus dijalankan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak hingga rajin mencuci tangan.

Menjaga Kesehatan Mental dari Hal Kecil

Percaya bahwa hal besar itu dimulai dari sesuatu yang kecil. Pun demikian bagi kita yang ingin tetap menjaga kesehatan mental.

Sesuatu yang bisa kita lakukan selama ada kemauan. Pastinya butuh konsistensi dan menjaga hati dan pikiran untuk senantiasa positif.

Menjauhkan diri dari aura / energi negatif supaya tubuh tetap memiliki daya tahan atau imunitas yang baik.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental 

Ingat diri kita itu terdiri dari jiwa dan raga, jasmani dan rohani yang mana baik itu jiwa maupun rohani tetap harus mendapat asupan yang cukup. Jangan biarkan setengah dari kita kurang asupan dan akhirnya akan ‘sakit’.

Berbeda dengan raga ataupun jasmani yang bila sakit akan langsung terlihat. Maka untuk jiwa dan rohani tidak demikian adanya.

Namun pagi pemilik jiwa tentu akan merasakan hal tidak nyaman bila ada ketidakseimbangan di dalamnya. Dan berikut langkah-langkah kecil untuk menjaga kesehatan mental:

1. Eksplorasi Diri

Mungkin sebelum pandemi kita hanya akan sibuk dengan aktivitas harian yang lebih mengarah tentang bagaimana cara menghasilkan uang sebanyak mungkin. Lain cerita begitu pandemi masuk tanah air maka semua aktivitas akan dibatasi.

Menariknya bila hal ini disikapi dengan bijak memberi kesempatan bagi siapa saja untuk memanjakan diri. Bagaimana kemudian bisa mengeksplorasi dengan hal-hal menarik yang ada di sekitar.

2. Mendengarkan Musik / Lagu 

Sejak dulu musik atau lagu bisa dijadikan alternatif bagi seseorang untuk mencari kedamaian. Bahkan tak jarang mereka bisa lebih fokus bekerja bila ada lagu atau musik yang mengiringi.

Berdasar sejumlah penelitian, baik itu musik maupun lagu efektif sebagai metode terapi. Baik itu untuk mengurangi kecemasan, stress hingga depresi.

3. Bijak Bersosial Media

Saat ini bisa jadi media sosial adalah teman terbaik. Dimana setiap saat kita bisa mengaksesnya.

Tapi tetap harus diperhatikan dan dipilah konten yang baik dan kurang baik. Jangan salah pilih dan justru menambah masalah yang ada. Tak jarang konten hoaks pun akan dengan mudah ditemukan dan semua itu harus disikapi dengan bijak.

4. Jaga Silaturahmi

Dengan menjaga silaturahmi ternyata ampuh meningkatkan imunitas. Hal ini karena kita kemudian bisa berbagi cerita dengan yang lain.

Berbagi cerita bukan hanya untuk mendapat feedback atau saran positif. Lebih dari itu juga sebagai sarana katarsis atau mengeluarkan energi negatif di dalam tubuh.

Kegiatan ini pun bisa dilakukan secara daring baik itu video call atau voice call. Atau kalau mau lebih seru bisa menggunakan fasilitas zoom dan g-meet. 

5. Asuransi Rawat Jalan 

Hal lain yang harus diperhatikan saat menjaga kesehatan mental tentu saja dengan menjaga kesehatan finansial. Jangan sampai finansial terganggu dan akhirnya mengguncang kesehatan mental.

Salah satu alternatif yang bisa ditempuh tentu saja dengan membeli polis asuransi rawat jalan. Di mana dalam kondisi serba ketidakpastian ini asuransi rawat jalan menjadi sebuah keharusan.

Jangan sampai tiba-tiba sakit dan tidak ada biaya yang meng-cover. Asuransi ini bertugas untuk mengalihkan tanggung jawab bila sesuatu terjadi pada kita.

Satu diantara penyedia asuransi yang bisa diandalkan di tanah air tentu saja ada FWD  Insurance yang menyediakan asuransi kesehatan dan  juga asuransi jiwa. Di mana mereka menghadirkan FWD Hospital Care Protection. 

Produk ini memberikan perlindungan bagi pemegang polis baik itu untuk rawat inap maupun rawat jalan. Selain itu juga memberikan fasilitas rehabilitasi termasuk didalamnya adalah perawatan  ekstra. 

Menjadi menarik ketika kemudian kita bisa memilih layanan berdasar wilayah geografis dan manfaat paling tepat. Artinya bisa jadi satu nasabah dengan nasabah lain akan beda peruntukkan.

FWD juga memberikan manfaat atas biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi hingga pemantauan kanker selama masa pemulihan. Manfaat tambahan lain yang diberikan berupa limit booster, no claim  bonus dan santunan pemakaman. 

Proses klaim juga sangat mudah. Cukup membuka fwd.co.id atau membuka aplikasi FWD MAX.

Dengan semua kemudahan itu tentunya menjaga kesehatan mental bukan lagi hal sulit. Cukup percayakan pada FWD dan kita bisa beraktivitas sesuai dengan passion dimiliki.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi"