Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Rumah Minimalis Terlihat Elegan

Rumah minimalis terlihat elegan kini menjadi incaran pasangan muda yang baru menikah. Tidak perlu terlalu banyak pernak pernik tapi terlihat elegan.

Bukan tanpa alasan konsep rumah minimalis kemudian menjadi konsep yang paling banyak diinginkan. Selain praktis dalam proses membersihkan atau pemeliharaan rumah ini juga tidak perlu banyak biaya dalam hal perawatan. 

Bahkan bila kita mengetik kata kunci “rumah minimalis” di laman google setidaknya ditemukan 36,8 pencarian. Artinya ada puluhan juta orang yang menginginkan rumah dengan konsep no ribet ini.

Tak jauh berbeda di platform instagram. Tagar #rumahminimalis ditemukan hingga 2,1 juta.

Dan bisa saja kamu adalah diantara mereka yang tengah mencari informasi untuk mendapat inspirasi rumah minimalis. Minimalis bukan berarti tidak ada tapi lebih fokus pada fungsi atau manfaat.

Berbeda dengan rumah yang terkesan mewah dan penuh. Dimana bisa jadi akan ditemukan benda-benda atau ornamen yang lepas dari fungsi dan mengarah estetika atau keindahan semata.

Kelebihan Rumah Minimalis

Bagi saya pribadi sebagai ibu rumah tangga ada banyak alasan sehingga rumah minimalis menjadi pilihan utama dalam kaitan membangun rumah. Dan bila disederhanakan ada cukup banyak alasan kelebihan rumah minimalis. 

Mungkin bila kamu renungkan pun pasti akan mengamini semua yang saya katakan di bawah ini:

1. Minim Budget

Sesuai dengan konsep minimalis maka alasan pertama rumah konsep ini banyak dipilih tentu saja minim budget. Dimana kita cukup menggunakan kreativitas dan membuat apa yang ada terlihat lebih elegan.

2. Sederhana

Tak ingin banyak waktu dan energi tersedot untuk mengurus rumah maka konsep ini adalah jawabannya. Rumah yang sederhana memiliki kecenderungan utamakan fungsi dari pada sekadar aksesoris atau gaya-gayaan.

3. Praktis

Apa yang terlihat dalam sebuah rumah minimalis itu pastinya praktis. Semua yang ada dan nampak memiliki fungsi yang optimal.

4. Dekorasi Lebih Mudah

Berhubung minimalis dalam kaitan apapun sudah pasti lebih mudah dalam urusan dekorasi. Tidak ada kata ribet karena tidak ada benda / barang yang ukurannya berlebih atau makan ruang / tempat.

5. Hemat Waktu

Kalau diatas sudah ada hemat budget maka rumah minimalis pun hemat waktu dalam urusan bersih-bersih. Untuk rumah tipe 42 bisa jadi waktu dibutuhkan tidak lebih dari 1 jam dan sisanya bisa untuk yang lain.

6. Identik Quality Time

Rumah yang minimalis itu minim sekat dan antara satu dengan yang lain cenderung mudah bercengkrama. Dengan demikian secara tidak langsung akan meningkatkan quality time dalam sebuah keluarga.

Trik Rumah Minimalis Terlihat Elegan

Ketika kita sudah tahu apa saja kelebihan rumah minimalis maka akan lebih afdol kalau kita tahu atau paham akan konsep rumah minimalis. Jangan sampai inginnya rumah dengan konsep minimalis yang ada justru asal-asalan atau bertabrakan.

Setidaknya ada 5 konsep paling dasar untuk seting rumah minimalis terlihat elegan. Dan berikut sedikit bocorannya.

1. Geometri Bangunan

Sebelum mendekorasi sebuah rumah dengan konsep minimalis maka harus diketahui geometri bangunan. Pada umumnya memiliki bentuk persegi atau persegi panjang.

Selain itu bentuk atap yang cenderung datar bukan yang artistik. Oleh karena itu sebisa mungkin jauh-jauh hari telah menyusun konsep kelak rumah akan seperti apa.

Selanjutnya perhatikan denah bagian dalam. Dimana rumah ini kecenderungan miliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Bisa jadi satu space / ruang bisa menjadi multifungsi. Optimalkan semua ruang yang ada sebaik mungkin.

2. Minim Sekat

Mungkin kita akan sering melihat rumah minim sekat. Artinya baik itu ruang tamu, ruang tengah / ruang makan hingga dapur menjadi satu bagian.

Masing-masing fungsi dioptimalkan sebaik mungkin sesuai fungsi. Meski tanpa sekat siapapun akan tahu lokasi tersebut berfungsi sebagai apa.

3. Dekorasi Utamakan Fungsi

Pada umumnya rumah minimalis tidak miliki dekorasi berlebih. Hal ini karena akan mencipta ruang yang sempit terlihat penuh.

Lain cerita bila semua yang ada lebih pada kata fungsi maka ruang akan terlihat lebih longgar. Pilih dan letakkan benda seperlunya.

4. Warna Minimalis

Pada umumnya dalam sebuah rumah minimalis cuma ada beberapa warna. Bisa hitam dan putih atau mungkin abu-abu.

Warna tersebut memberi kesan bersih, sederhana dan elegan. Jangan sekali-kali menggunakan warna yang bermacam-macam karena memberi kesan penuh dan hilangkan konsep yang disusun sejak awal.

4. Optimalkan Pencahayaan 

Kesan lain yang terlihat dari sebuah rumah minimalis tentu saja adanya pencahayaan yang cukup. Artinya meski tanpa lampu seluruh ruang akan terlihat jelas.

Pencahayaan ini bisa jadi karena banyaknya kaca atau jendela. Selain itu karena memang rumah ini minim sekat satu dengan yang lainnya.

PEXIO Furniture Solusi Terbaik

Ketika kita sudah mengetahui 5 hal tentang trik rumah minimalis terlihat elegan masa kini saatnya mengisi perabotan. Baik itu dari meja kursi hingga berbagai furniture yang ada di dalamnya.

Jangan salah pilih karena ini juga akan menentukan kesuksesan konsep rumah minimalis akan terealisasi atau tidak. Ada banyak pilihan terkait ergonomic furniture yang bisa disesuaikan dengan kantong.

Sangat sayang bukan bila semua sudah oke dan konsep gagal hanya gara-gara furniture yang kurang pas. 

PEXIO Furniture merupakan salah satu perusahaan furniture yang telah ada sejak 2018 lalu. Berada di bawah naungan PT. Guna Jaya Indonesia dan hingga saat ini hanya suguhkan produk terbaik.

Berbagai furniture untuk rumah tangga dan kebutuhan perkantoran mereka siapkan untuk menjawab kebutuhan. Tak kalah menarik dimana mereka juga memberi layanan jasa desain interior untuk ciptakan hunian paling nyaman.

Posting Komentar untuk "Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Rumah Minimalis Terlihat Elegan"