Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seru Bareng Si Kecil, Cara Membuat Keset dari Kain Perca

Memiliki anak usia taman kanak-kanak tentu menjadi satu masa yang sangat menyenangkan. Di mana di masa itu rasa keingintahuannya begitu tinggi. Semisal tentang cara membuat keset dari kain perca.

Cara Membuat Keset dari Kain Perca
abeautyfullmess.com

Tak ingin berdiam diri maka banyak kegiatan bisa dilakukan selama di rumah. Mulai dari berkebun, memasak atau mungkin membuat praarya semisal keset dari kain perca.

Kegiatan ini bukan bertujuan untuk mendapat hasil sempurna. Namun lebih pada melatih motorik anak akan satu kegiatan.

Sesuatu yang dirancang penuh keceriaan akan membangkitkan semangat untuk mencoba berbagai hal baru dan menarik lainnya. Terlepas hasil layak dipakai atau tidak tetap akan bernilai bagi ibu dan anak.

Cara Membuat Keset dari Kain Perca

Berkebun atau memasak menjadi satu yang biasa maka cobalah tantangan baru dengan membuat keset dari kain perca. Untuk bahan relatif mudah dan murah ditemukan.

Terlebih bila kita ada teman atau tetangga yang miliki usaha jahit menjahit maka hampir bisa dipastikan akan ada sisa kain. Sisa kain yang selanjutnya biasa kita sebut dengan kain perca inilah yang menjadi bahan utama.

Agar kegiatan terasa menyenangkan ada baiknya pilih kain perca warna-warni. Seperti kita tahu pada dasarnya anak-anak suka dengan benda warna-warni.

Penasaran apa saja bahannya, yuk kita siapkan satu-satu:

1. Kain perca

2. Gunting

3. Jarum

4. Benang

5. Lem kain

6. Selotip

7. Meteran

8. Kain kanvas 

Semua bahan diatas pastinya mudah didapat bukan. Dan bila tidak ada masih bisa menggunakan bahan lain yang sekiranya bisa menggantikan.

Proses Pembuatan Keset Kain Perca

Diawal bisa jadi untuk membuat satu keset dari kain perca akan butuh waktu lama. Namun seiring proses dan latihan yang telah dilakukan maka waktunya akan relatif lebih cepat.

Pada umumnya untuk membuat keset dari kain perca ukuran 50x70 cm akan membutuhkan waktu hingga 1 jam. Hal ini juga akan dipengaruhi motif dari keset dibuat.

Hal pertama yang harus kita siapkan tentu saja menyiapkan kain kanvas. Kain ini menjadi dasar dari keset sehingga kualitas keset pun akan sangat dipengaruhi dari bahan kanvas ini.

Selanjutnya potong kain perca dengan motif yang sama. Ada baiknya siapkan mal atau cetakan ukuran.

Dengan demikian satu perca dengan perca lain akan miliki ukuran seragam. Bila memutuskan menggunakan kain perca ukuran 10 cm maka yang lain pun demikian.

Jangan mengikuti ukuran kain perca yang ada karena bisa dipastikan miliki ukuran yang beda-beda. Ada yang miliki ukuran cukup luas dan ada pula yang terlalu kecil bukan. Sebaliknya pula ada yang miliki ukuran cukup panjang tapi ada juga sebagian yang pendek.

Tujuan dari pemotongan bahan ini untuk menghasilkan bahan yang rapi. Dengan demikian nanti akan lebih mudah dalam proses berikutnya.

Kain perca tersebut kemudian anyam dengan membuat kepang tiga. Hal ini bila dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi jalinan yang panjang.

Bisa jadi proses ini akan berat di 5 menit pertama. Dan setelah itu tinggal mengikuti alurnya saja.

Apabila sudah cukup maka bisa rekatkan pada kain kanvas menggunakan lem yang ada. Jangan lupa jahit menggunakan jarum untuk lebih memberi kesan kuat dan rapi.

Pastikan jahitan cukup kuat sehingga tidak mudah lepas. Tidak mau bukan keset dari kain perca kemudian berantakan saat digunakan.

Sangat mudah bukan dan kegiatan menyenangkan ini bisa dilakukan di waktu senggang bersama si kecil.

Posting Komentar untuk "Seru Bareng Si Kecil, Cara Membuat Keset dari Kain Perca"