Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulut Pahit, Mudah dan Atasi Dengan Cara Praktis Ini

Mulut pahit hampir dirasakan semua orang tanpa kecuali. Namun bila rasa ini cukup panjang tentu memberi rasa tidak nyaman dalam beraktifitas.

mulut pahit
Foto: Directube

Kondisi yang bisa saja akan memberi efek rasa tidak percaya diri bila harus berhadapan dengan orang lain. Selain itu bisa jadi memberi efek kurang nafsu makan.

Mulut terasa pahit dalam dunia medis sering disebut sebagai dysgeusia. Kondisi ini juga memberi rasa asam berlebih.

Beberapa Penyebab Mulut Pahit

Mulut pahit ini bisa disebabkan banyak hal. Namun mayoritas disebabkan beberapa hal berikut ini:

1. Penyakit Asam Lambung

Dalam banyak kasus mulut pahit dikarenakan naiknya asam lambung dalam perut. Hal ini juga menjadi penanda adanya gejala GERD.

GERD sendiri disebabkan pola konsumsi yang tidak baik. Bisa jadi karena terlambat makan, stres atau makanan mengandung asam, pedas ataupun berlemak dalam jumlah lebih.

2. Mulut Kering

Selanjutnya mulut pahit biasanya dikarenakan mulut kering karena berkurangnya jumlah air liur dalam mulut. Kondisi ini sering disebut sebagai xerostomia.

Mulut kering sering terjadi pada mereka yang suka merokok, kurang minum atau efek penuaan atau bertambahnya usia. Selain itu sedikit terjadi pada mereka yang menderita autoimun.

3. Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon pada wanita bukan hanya memberi rasa tidak nyaman pada tubuh. Tapi juga bisa menyebabkan mulut pahit.

Kondisi ini seringkali muncul pada mereka yang tengah menstruasi atau sedang hamil. Di mana kadar estrogen pada wanita sedang tidak menentu.

4. Kekurangan Vitamin B12 dan Zinc

Sedikit yang menyadari, mulut kering yang terjadi disebabkan kekurangan vitamin B12 dan zinc. Bukan hanya pahit tapi juga akan menimbulkan aroma tidak sedap.

Vitamin B12 dan Zinc ini paling mudah didapat dari sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari. Menjadi penting kemudian untuk siapa saja rajin konsumsi sayuran hijau.

4. Konsumsi Obat-obatan 

Pada sebagian orang yang sering mengonsumsi obat-obatan akan menemukan kondisi ini. Oleh karena itu sebisa mungkin untuk tidak ketergantungan dengan obat-obatan.

Obat yang sering dikonsusmi antara lain obat tidur, obat diabetes, obat osteoporosis, obat jantung, obat kanker hingga antibiotik.

5. Kebersihan Gigi Buruk

Mereka yang abai dengan kebersihan gigi seringkali juga merasakan mulut pahit. Menjadi penting kemudian untuk rajin sikat gigi.

Dalam kondisi normal sikat gigi setidaknya bisa dilakukan pagi dan malam hari. Namun akan lebih baik bila bisa dilakukan setidaknya 4 hingga 6 jam sekali guna menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Cara Mudah Mengatasi Mulut Pahit

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan mulut pahit maka kini saatnya pahami apa saja yang bisa mengatasi mulut terasa pahit. Tujuannya sudah pasti untuk memastikan gigi dan mulut tetap baik-baik saja.

1. Minum Air Putih

Tubuh sangat butuh cairan dalam hal ini paling mudah yang bisa kita lakukan tentu saja rajin minum air putih. Setidaknya dalam 1 hari kita membutuhkan 2 liter air.

Selain untuk menjaga keseimbangan tubuh pastinya juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bila tidak kering maka mulut kecenderungan tidak pahit.

2. Konsumsi Jeruk dan Lemon

Bagi kamu yang suka mengonsumsi buah maka jeruk dan lemon bisa jadi adalah pilihan terbaik. Selain memberi efek segar kedua buah tersebut juga efektif untuk cegah mulut pahit.

Rasa asam yang ada pada jeruk dan lemon membuat indera perasa lebih segar. Selain bisa dikonsumsi secara langsung juga bisa dibuat minuman segar.

3. Jaga Kebersihan Gigi 

Menjaga kebersihan gigi dan mulut sejatinya adalah hal mudah. Hanya saja untuk menjaga konsistensi dibutuhkan niat karena sering kali mereka abai akan hal ini.

Baru bila dirasakan gigi sakit maka harus pergi ke dokter. Tak ingin ini terjadi maka rajinlah sikat gigi sejak kecil.

Posting Komentar untuk "Mulut Pahit, Mudah dan Atasi Dengan Cara Praktis Ini"