Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapkan Kotak P3K di Rumah dan Perhatikan Isinya

Rumah menjadi organisasi paling kecil akan tetapi miliki anggota yang paling kompleks. Di rumah saya khususnya selain saya masih ada suami saya sekaligus ayah dari anak saya dan tentu saja V Abhiraj Jurnalistika yang super aktif.

linamuryani.com

Oleh karenanya, rumah ini pun membutuhkan kotak P3K beserta isinya. Tidak harus berisi obat dan peralatan yang mahal tapi cukup menjadi alat bantu untuk pertolongan pertama.

Ingat betul saat ini bocah baru bersepeda dan kebut-kebutan disepanjang jalan. Tak perlu waktu lama ia pun oleng karena ada polisi tidur.

Tak ayal kepala membentur aspal dan darah bercucuran di mana-mana. Untung saja isi P3K paling wajib senantiasa ada.

Apalagi kalau bukan betadine, di mana dengan ramuan ajaib ini langsung bisa menghentikan pendarahan sekaligus membersihkan luka yang ada. Tak perlu waktu lama ia pun kembali ingin mengayuh sepeda kecilnya.

Selain bersepeda ini anak juga olahraga cukup menantang seperti sepatu roda. Di usianya yang masih di bawah 6 tahun seringkali cukup susah untuk mengajari dan mau tidak mau jatuh adalah hal biasa.

Mungkin itu adalah satu cerita kecil yang benar-benar terjadi dan butuh penanganan segera. Selain itu namanya keluarga tentu tak luput dari apa yang namanya kecelakaan kecil seperti terkena pisau atau terjepit.

Pentingnya Kotak P3K Beserta Isinya untuk Sebuah Keluarga

Jangan pernah berpikir P3K hanya penting untuk sekolah, kantor atau instansi saja. Ingat keluarga adalah sebuah organisasi kecil dan didalamnya tetap butuh peralatan tersebut.

Kotak P3K setidaknya memberi rasa tenang bagi seluruh anggota keluarga. Bila saja ada yang kecelakaan dan sakit mereka tahu harus berjalan ke arah mana.

Lain cerita bila kotak tersebut dan tidak ada. Bisa jadi saat terjadi hal-hal tidak diinginkan kita harus pergi ke warung terdekat.

Bila buka dan ada barang yang kita butuhkan mungkin tidak akan terjadi apa-apa. Lain cerita bila terjadi musibah dan ternyata warung tidak buka. Haruskan kita pergi ke apotek yang bisa jadi jaraknya cukup jauh.

Tak ingin bukan? Oleh karena itu kotak P3K kini bisa dikatakan sebagai kebutuhan.

Untuk isinya pun cukup sederhana saja dan kita tinggal memilih tindak lanjut kelak seperti apa. Semisal dengan paracetamol, selain bisa untuk sakit kepala ternyata bisa juga untuk sakit gigi dan rasa nyeri.

Atau Betadine, cairan ini pun kini sangat berguna untuk berbagai kondisi. Tidak saja untuk menyembuhkan saat luka tapi juga bisa menjaga kesehatan.

Berikut Isi Kotak P3K di Rumah

Luka yang sering kali terjadi di rumah antara lain jatuh, kecepit, teriris, tertusuk, luka bakar ringan, digigit serangga dan lain-lain. Dengan adanya prediksi tersebut maka setidaknya kita membutuhkan: 

- Perban

- Kain kasa gulung dan steril

- Peniti

- Sarung tangan lateks

- Pinset

- Gunting

- Larutan povidone-iodine untuk disinfektan luka

- Tisu pembersih bebas alkohol

- Betadine

- Cairan untuk membersihkan benda asing pada luka, seperti larutan garam atau air steril

- Krim atau salep antiseptik

- Salep luka bakar

- Plester luka

- Obat pereda gatal akibat gigitan serangga atau alergi

- Obat antinyeri, seperti paracetamol. Obat ini juga bisa digunakan sebagai pereda demam

- Obat flu dan batuk

- Obat tetes mata

- Obat darurat jika anggota keluarga ada yang menderita penyakit tertentu, misalnya inhaler untuk penderita asma

- Termometer

Selain beberapa nama diatas bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing keluarga tentunya.

Posting Komentar untuk "Siapkan Kotak P3K di Rumah dan Perhatikan Isinya"