Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini, 8 Cara Membuat Rambut Lembut Cukup di Rumah Saja

Ada beberapa cara membuat rambut lembut tanpa harus keluar modal banyak. Tidak harus pergi ke salon kecantikan dan treatment ini bisa dilakukan di rumah.

cara membuat rambut lembut
shutterstock.com


Paling penting adalah menjaga kebiasaan baik. Terutama mereka yang sering beraktifitas di luar ruang.

Seperti kita tahu debu dan panas matahari adalah musuh utama rambut. Bila memang harus melakukan kegiatan outdoor maka ada baiknya berikan perawatan khusus.

Bila tidak hampir bisa dipastikan rambut akan mudah rusak, kering dan kasar. Tak ingin itu terjadi maka ada baiknya lakukan pencegahan sedini mungkin.

Cara Membuat Rambut Lembut Modal Minimalis

Ada banyak cara membuat rambut lembut. Ada diantara mereka yang rela merogoh kocek dalam-dalam dengan melakukan treatment khusus. Ada pula yang cukup melakukan tindakan sederhana dengan bahan ala kadarnya.

Namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus dikenali dan dipahami terkait kesehatan rambut dan kulit kepala. Tujuannya untuk mendapat hasil optimal dalam waktu singkat.

1. Kenali Jenis Rambut

Hal pertama yang harus dipahami adalah mengetahui jenis rambut yang ada. Seperti kita tahu ada beberapa jenis rambut mulai dari normal, kering hingga berminyak.

Dengan mengetahui jenis rambut yang ada maka akan lebih mudah untuk mengambil tindakan. Sebagai contoh paling sederhana, mereka yang miliki rambut kering maka harus menggunakan  shampo dan conditioner khusus untuk rambut kering.

2. Sisir Rambut Perlahan

Apapun alasannya tidak dibenarkan untuk menyisir rambut secara tergesa-gesa atau kasar. Selain membuat rambut rusak tentu dikepala juga tidak nyaman.

Sebisa mungkin saat menyisir rambut hindari mulai dari pangkal. Hal ini karena akan meningkatkan potensi lebih tinggi untuk rambut rontok.

3. Gunakan Masker Rambut Secara Rutin

Masker rambut tidak harus membeli. Hal ini karena kini setiap orang bisa membuat masker rambut sendiri dengan bahan-bahan sederhana.

Paling banyak masker rambut dibuat dengan bahan lidah buaya, madu, telur, minyak zaitun atau minyak kelapa. Masing-masing bahan tersebut miliki khasiat khusus yang dibutuhkan rambut.

4. Perhatikan Posisi Tidur

Tidur dalam jangka panjang akan membuat rambut bergesekan lebih banyak. Oleh karenanya pilih bantal yang halus dan lembut.

Sangat disarankan untuk menggunakan sarung bantal dari sutra atau satin. Dua kain tersebut tidak akan membuat rambut rusak lebih parah meski terjadi gesekan.

5. Lap Rambut Basah Perlahan

Tanpa disadari sering kali usai keramas mengelap rambut dengan kasar. Tujuannya agar rambut kering lebih cepat.

Namun ternyata tindakan ini mampu membuat rambut cepat rusak. Tak ingin ini terjadi maka hilangkan kebiasaan buruk ini dan mulai lap perlahan. 

6. Bilas Rambut Menggunakan Air Dingin

Saat dingin hampir semua orang suka mandi dengan air hangat. Pun demikian dalam membilas rambut.

Bila hal ini sering dilakukan maka kelembapan rambut akan berkurang. Saatnya untuk membilas rambut dengan air dingin akan kelembapan rambut tetap terjaga.

7. Pilih Sisir Bergigi Jarang

Ada banyak jenis sisir yang bisa ditemukan. Bagi mereka yang miliki masalah dengan rambut saatnya beralih ke sisir bergigi jarang. Selain itu ada baiknya pilih sisir yang tidak tajam.

Seringkali kita menemukan sisir yang cukup tajam dimana bila terkena kulit kepala maka akan terasa sakit. Meski harga relatif sedikit lebih mahal tapi sisir ini sangat baik untuk rambut dan kulit kepala.

8. Kurangi Penggunaan Hairdryer dan Alat Catokan

Hairdryer mungkin membantu mengeringkan rambut dengan cepat. Tapi faktanya alat merusak rambut secara perlahan karena kelembapan rambut akan berkurang.

Pun dengan penggunaan alat catokan yang mana panas berlebih sangat tidak baik untuk rambut. Sebisa mungkin kurangi hingga hilangkan penggunaan alat-alat kecantikan yang berpotensi merusak kesehatan rambut.

Dengan mengetahui beberapa cara membuat rambut lembut diatas maka kini tidak ada lagi alasan rambut kering dan kasar. Jaga sedini mungkin dengan gaya hidup sehat dan alami untuk hasil lebih baik.

Posting Komentar untuk "Begini, 8 Cara Membuat Rambut Lembut Cukup di Rumah Saja"