Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pastikan Konsen Ke-8 Bagian ini Saat Servis Motor

Lebaran tinggal hitungan hari dan saatnya rayakan hari kemenangan dengan silahturahi. Perjalanan jauh menuntut motor untuk senantiasa prima dan oleh karenanya pastikan 8 bagian ini mendapat perhatian penuh saat servis motor.

Konsen Ke-8 Bagian ini Saat Servis Motor
servis motor di Planet Ban

Bukan tanpa alasan, bagian-bagian ini menjadi penting bukan hanya karena memberi rasa aman. Lebih dari itu juga memberi rasa nyaman saat berkendara.

Tak mau bukan tiba-tiba saat perjalanan motor rewel dan masuk bengkel. Yang ada justru malah silahturahmi dengan tukang servis. Ya kalau ada bengkel buka, bila tidak kamu harus menunggu hingga beberapa hari untuk bengkel buka.

Agar kejadian tak mengenakan ini tak terjadi, ada baiknya servis motor secara berkala. Terutama saat momen jelang idul fitri maka treatment ini juga harus dilakukan.

8 Bagian Harus Cek Saat Servis Motor

oli dengan lapisan ester
dok pribadi
Pengetahuan dasar dan semua harus tahu, terutama mereka yang sehari-hari beraktivitas dengan motor. Saat servis motor pastikan pula melakukan pengecekan untuk 8 bagian ini:

1. Oli Mesin

Oli mesin menjadi bagian vital pertama yang harus dicek dan diganti. Idealnya setiap 2.500 kilometer dilakukan penggantian, terlebih mereka yang miliki tarikan harian cukup panjang.

Oli mesin yang baik akan menjaga performa motor tetap sempurna. Hal ini karena gesekan kasar akan terhindarkan sehingga kerusakan / aus terhindarkan.

Namun belum lama ini sudah ada oli yang jauh lebih baik. Dimana bisa bertahan meski telah digunakan selama 5.000 kilometer atau 2x dari kinerja oli pada umumnya.

Usut punya usut karena oli tersebut menggunakan teknologi ester yang diklaim lebih baik. Soal harga pun tak jauh beda dengan harga oli pada umumnya.

2. Oli Gardan

Bukan hanya oli mesin tapi saat ini juga ada yang namanya oli gardan. Pelumas ini menjadi satu kebutuhan yang jamak bagi kendaraan, terutama untuk motor matic.

Tujuan dari oli ini tentu saja untuk melumasi gear pada Continuously Variable Transmission (CVT). Rumus dari oli ini adalah 2x ganti oli mesin artinya sangat disarankan tiap 10.000 kilometer. 

3. Busi

Motor matic identik dengan motor yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Hal ini ditandai dengan adanya kelistrikan yang lebih baik.

Oleh karenanya fungsi busi juga harus diperhatikan. Jangan sampai gagal fungsi dan motor tidak bisa dinyalakan. Yang ada kemudian harus keluar tenaga karena harus me-medal untuk menyalakan motor.

4. Aki atau Accu

Pada setiap kendaraan terdapat aki atau accu yang berfungsi menyimpan listrik. Tegangan pada saat mesin mati berkisar 12,3 hingga 12,6 volt.

Sementara itu pada saat menyala akan naik menjadi 13,7 hingga 14,2 volt. Apabila tidak berada diangka tersebut maka seringkali dikatakan mengalami kebocoran.

5. Kampas Rem

Kampas rem menjadi salah satu bagian yang sangat penting dan harus ada dalam setiap kendaraan. Jangan coba-coba menggunakan motor yang miliki masalah ini.

Bisa jadi nyawa adalah taruhannya. Tidak mau bukan ketika bawa penumpang tiba-tiba rem blong.

6. Filter Udara

Kinerja mesin sempurna ditentukan banyak hal dan salah satunya oleh filter udara. Bagian ini akan membantu menyaring udara yang akan masuk ke ruang pembakaran.

Adanya filter untuk menjaga agar tidak ada kotoran masuk karena akan menyumbat sistem injeksi. Bila tersumbat tentu kinerja mesin tidak akan optimal.

7. Ban

Ban bisa dikatakan sebagai komponen utama atas sebuah kendaraan. Karenanya kondisi ban harus sempurna.

Tidak boleh aus dan tekanan udara tidak boleh kurang / lebih. Hal ini bertujuan menjaga keamanan dan kenyamana para penumpang yang menaiki.

8. Tune up Motor Rutin

Servis rutin seringkali diganti dengan istilah tune up. Tujuannya untuk mengembalikan kondisi kendaraaan seperti semula.

Terutama terkait dengan komponen secara keseluruhan harus seperti standar pabrik. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh mereka yang ahli atau telah tersertifikasi.

Pada umumnya servis disertai dengan penggantian bila sekiranya memungkinkan. Bisa jadi karena telah aus atau usai pakai yang terlalu lama.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Saat ini menemukan bengkel servis motor bukan hal sulit. Terlebih dengan adanya Planet Ban

Mereka saat ini tidak lagi hanya sebatas menjual ban berkualitas. Lebih dari itu juga menjual oli terbaik serta menyediakan jasa mekanik tersertifikasi.

Alat-alat kerja digunakan pun terlihat cukup canggih. Di beberapa bagian telah dilakukan pengecekan dengan teknologi kekinian guna mencapai hasil terbaik.

Membuat siapa saja bisa bernostalgia. Bagaimana motor lama serasa baru kembali.

Tak ada salahnya juga di momen tertentu untuk upgrade performa kendaraan atau yang lebih sering disebut sebagai sistem servis terpadu. Tujuan tentu saja untuk memberi hasil yang lebih baik lagi.

Manfaat Melakukan Servis di Planet Ban

Planet Ban menjadi rekomendasi terbaik bagi mereka yang ingin motor lebih baik. Selain ditangani orang profesional juga hanya akan menggunaan produk oli berkualitas yang menggunakan bahan ester.

Oli yang memberi perlindungan lebih lama dan optimal tentunya. Membuat mesin tetap dingin dan tarikan lebih enteng. 

Hasilnya tentu kendaraaan lebih nyaman dan awet tahan lama. Menjadikan kendaraan tetap pada harga tertinggi bila kelak ingin dijual kembali.

Bila menggunakan oli biasa maka 2-3 bulan sekali harus ke bengkel maka dengan Planet Ban intensitas tersebut bisa dikurangi hingga 5-6 bulan sekali. 

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban

Beberapa alasan untuk memilih Planet Ban sebagai tempat servis selain beberapa alasan diatas tentu saja karena lokasinya begitu mudah ditemukan. Tak perlu pergi jauh dan hanya perjalanan beberapa menit akan langsung tiba.

Hasil dari pekerjaan juga lebih baik terutama saat proses membersihkan debu. Di Planet Ban dijamin tidak ada debu tersisa pada bagian mesin.

Semua bagian dibersihkan dengan sempurna. Mulai dari kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, hingga throttle body.

Sepengalaman saya di Planet Ban ini ada catatan atas kendaraan. Sehingga kelak saat servis mekanik akan tahu bagian krusial mana yang harus menjadi konsen.

Menariknya, usai servis motor benar-benar serasa baru dan enteng tarikannya. Hal ini karena emisi bisa diturunkan hingga 70%. Menjadikan motor lebih hemat BBM dan siap mengaspal dengan sempurna.

Biaya servis dikenakan pun cukup murah. Di mana untuk motor injeksi akan dikenakan Rp 20.00,- saja. 

Sementara itu untuk servis CVT dan rantai dikenakan Rp19.500,-. Dan untuk servis throttle body dikenakan Rp20.000,-

Tidak ada alasan lagi bukan untuk tidak servis rutin dan ganti oli di Planet Ban

Posting Komentar untuk "Pastikan Konsen Ke-8 Bagian ini Saat Servis Motor"