Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Ketrampilan Dasar Menggunakan Laptop yang Harus Dikuasai

Saat ini laptop menjadi alat kerja untuk hampir semua jenis pekerjaan. Oleh karenanya ketrampilan dasar menggunakan laptop adalah sebuah keharusan. Dimulai dari hal paling receh tentang cara screenshot laptop hingga yang butuh pemikiran mendalam saat olah data.

ketrampilan dasar menggunakan laptop
pixabay.com

Jangan sampai gaptek atau gagap teknologi. Sesuatu yang aslinya sangat sederhana dan mudah menjadi satu hal yang teramat sulit.

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita terbiasa menggunakan laptop. Baik itu untuk bekerja, belajar atau mencari hiburan. Dengan benda ini banyak hal menarik pun bisa dilakukan.

Oleh karenanya wajib bagi setiap individu untuk menguasai ketrampilan dasar dalam menggunakan laptop. Ketrampilan tersebut antara lain:

1. Mengetik

Sebelum berbicara tentang ketrampilan lain, hal pertama yang harus dikuasai tentu saja ketrampilan mengetik. Bukan mengetik 11 jari tapi ada baiknya mengarah ke 10 jari agar semua jari bekerja optimal.

Tidak ada rumus baku dalam proses ini karena paling penting adalah latihan dan latihan. Cara paling mudah tentu menyalin teks yang ada di kertas untuk dimasukkan dalam laptop.

2. Menggunakan Microsoft Office

Office masih menjadi pilihan terbaik untuk semua pekerjaan. Pada umumnya aplikasi ini sudah terinstal dalam tiap laptop yang dipasarkan.

Pemrograman office dimaksud antara lain word, excel, power point, outlook, one note, one drive, projek dan lain-lain. Tidak harus memiliki skill dewa tapi minimal untuk dasar-dasar harus dikuasai.

3. Media Sosial dan Email

Hampir semua orang sangat akrab dengan media sosial dan email yang ada dalam smartphone. Berbagai aplikasi itu pun ada dalam sebuah laptop.

Jangan sampai tiba-tiba smartphone tidak fungsi dan harus mengoperasikan via laptop dan tidak bisa menggunakan. Secara prinsip hampir sama tapi tentu ada beberapa perbedaan yang harus dikuasai untuk penggunaan yang baik.

4. Desain Grafis

Laptop memudahkan segalanya, tak terkecuali bagi mereka yang ingin desain grafis. Berbagai aplikasi pun tersedia mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Semua itu tentu tidak akan dikuasai secara tiba-tiba tapi ada proses didalamnya. Ada baiknya untuk belajar dan yang paling mudah tentu via youtube yang memberi tutorial akan banyak hal.

5. Olah Data

Salah satu profesi yang kini banyak diminati dunia kerja tentu adalah ketrampilan olah data. Paling umum digunakan tentu saja excel karena aplikasi ini sudah ada dalam setiap laptop.

Namun demikian bisa juga mempelajari aplikasi lain sejenis untuk memudahkan pekerjaan. Aplikasi olah data lain yang populer antara lain Open Office Calc, Kspread, Lotus 123, GNOME, Xess, Abacus,Wingz dan lain-lain.

6. IT Trouble Shooting

Hal-hal paling mendasar berkaitan dengan laptop itu pun harus dikuasai. Semisal bila laptop nge-lag atau error maka apa yang harus dilakukan.

Bila tidak bisa jadi yang ada adalah kepanikan. Kalau saja ini terjadi maka hal-hal yang tidak perlu terjadi akan muncul seperti membawa laptop ke tempat servis padahal aslinya tidak apa-apa.

7. Pemrograman Sederhana

Ingin lebih gacor dalam mengoptimalkan laptop maka ada baiknya pelajari bahasa pemrograman sederhana. Beberapa diantara yang populer antara lain HTML, C/C++, Java dan Phyton.

Untuk menguasai bahasa tersebut tidak ada syarat khusus karena semua orang bisa mempelajarinya. Pun demikian dengan saya sebagai seorang blogger, mau tidak mau harus belajar bahasa tersebut.

Selain beberapa hal diatas menjadi penting pula untuk tahu bagaimana laptop bisa bekerja secara sempurna. Seperti cara screenshoot laptop, cara mematikan laptop dengan cepat dan aman, mematikan audio, menghubungkan laptop dengan LCD / perangkat elektronik lain dan lain-lain.  

Posting Komentar untuk "7 Ketrampilan Dasar Menggunakan Laptop yang Harus Dikuasai"