Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mempelajari Bisnis dan Manajemen

Kata pepatah, ‘Tuntutlah ilmu hingga ke Negeri Cina.’ Dan saat ini ilmu yang hampir pasti laku disemua bidang tentu saja manajemen bisnis.

greatnusa

Bukan hanya untuk mereka yang akan dan bekerja untuk orang lain atau perusahaan. Lebih dari itu ilmu ini bisa diterapkan di manapun, tak terkecuali bagi seseorang yang ingin memiliki usaha atau bisnis.


Pun demikian dengan saya di mana dalam beberapa tahun terakhir ini mencoba menjadi pelaku usaha mandiri. Mencoba berjualan produk kuliner dengan label “Lina Kue”.


Ada banyak hal yang harus diatur. Tidak saja tentang bagaimana membuat makanan yang enak untuk dikonsumsi. 


Lebih dari itu juga harus berpikir kemana produk akan dilepas, bagaimana membuat makanan enak dan cepat serta miliki daya tahan lama, atau bagaimana dengan modal sedikit mungkin bisa untung lebih banyak.


Perlu digaris bawahi bahwa manajemen bisnis fokus pada kegiatan pengorganisasian, perencanaan, dan analisis aktivitas bisnis yang diperlukan untuk mengelola dan menjalankan bisnis secara efisien.


Dengan demikian ada beberapa poin yang harus menjadi perhatian khusus. Tidak boleh abai karena akan berakibat pada proses berikutnya hingga hasil akhir.


Semua itu tentu tidak terjadi seketika tapi harus ada ilmu yang melandasinya. Pelan tapi pasti saya belajar. Entah itu mengikuti bimtek dari dinas koperasi dan ukm, dinas perdagangan dan industri atau melalui ruang pembelajaran online.


Manfaat Belajar Bisnis dan  Manajemen

greatnusa

Dari apa yang telah saya lakukan, setidaknya saya mendapat beberapa manfaat dari kegiatan belajar manajemen bisnis. Semua menjadi kian tertata dengan terstruktur.


Membuat saya tahu kapan harus kerja produktif dan kapan bisa rebahan. Berbeda dulu ketika saya belum kenal dengan manajemen bisnis maka semua serba ketidakpastian.


Saya yakin bahwa ilmu ini adalah sesuatu yang basic dan bisa diterapkan di manapun berada. Dan kamu mungkin yang sedang bekerja dan atau mencari pekerjaan pun akan mengamini apa yang saya katakan dibawah ini.


Bila disederhanakan maka saya akan menemukan setidaknya 5 manfaat mempelajari manajemen bisnis, antara lain:


  1. Meningkatkan keterampilan


Satu yang pasti, siapapun yang mempelajari manajemen bisnis maka bisa dipastikan ketrampilannya akan meningkat. Baik itu dalam mengatur waktu, berkomunikasi, berpikir kritis dan strategis, mengambil keputusan hingga mengorganisasi orang-orang yang ada di sekitarnya. 


  1. Adaptif / Mudah Menyesuaikan Diri


Mereka yang paham akan ilmu ini maka akan lebih mudah beradaptasi. Baik itu dalam kerja individu maupun kelompok.


Mampu menempatkan diri dan sadar posisi dalam tim berperan sebagai apa. Bayangkan bila seseorang mengalami kesulitan untuk beradaptasi maka hampir bisa dipastikan tidak akan ada pekerjaan yang beres.


  1. Identik Dunia Bisnis


Ilmu ini menjadi salah satu yang memiliki perkembangan sangat pesat. Hal ini karena identik dengan dunia bisnis yang dituntut kecepatan. Oleh karenanya siapapun itu yang bersinggungan dengan dunia bisnis entah itu sebagai tim atau perorangan harus menguasainya.


  1. Menambah Rasa Percaya Diri


Seseorang yang sadar betul posisi ada di mana maka ia akan memiliki kecenderungan rasa percaya diri tinggi. Lain cerita bila seseorang minim pengetahuan dan kompetensi.


Hampir bisa dipastikan akan miliki rasa percaya diri yang rendah. Hal ini karena adanya ketergantungan dengan pihak lain dalam proses pengambilan keputusan.


  1. Batu Loncatan


Saya sepakat bila ilmu manajemen bisnis adalah ilmu yang paling basic atau standar. Karenanya seseorang kemudian bisa ‘bergerak’ lebih lincah untuk mengeksplore diri. Pengetahuan yang membekali dan menjadi pondasi untuk pengetahuan berikutnya.


Dengan beberapa alasan diatas yang telah teruji valid maka saatnya bagi siapapun itu untuk segera belajar lebih jauh tentang manajemen bisnis. Satu cara paling mudah dan realistis saat ini tentu saja melalui kursus bisnis dan manajemen secara daring.


GreatNusa sebagai Portal Pembelajaran Online Terbaik

manfaat mempelajari bisnis dan manajemen

Diantara beberapa pilihan tempat kursus terbaik saat ini tentu ada GreatNusa. Didalamnya terdapat mereka yang ekspert dibidang bisnis dan manajemen baik itu berlatar belakang praktisi maupun akademisi.


Langkah demi langkah diajarkan untuk bagaimana seseorang bisa naik kelas. Ilmu ini kemudian bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja.


Maklum saja saat ini perusahaan membutuhkan orang-orang yang cakap akan pemahaman manajemen bisnis. Tujuannya sudah pasti untuk mengerek revenue perusahaan.


Dengan demikian jelas bahwa mempelajari manajemen bisnis di GreatNusa tidak akan ada kata rugi. 


Posting Komentar untuk "Manfaat Mempelajari Bisnis dan Manajemen"