Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memilih Telur Ayam dengan Kualitas Terbaik

Telur adalah produk yang wajib ada di dapur atau di kulkas Anda. Dengan telur, kita bisa membuat aneka hidangan lezat. 

panduan memilih telur
pixabay.com

Sayangnya, ketika melihat info harga telur, kita bisa tahu bahwa harga telur itu relatif tinggi. Meski tidak setinggi sebelumnya, harga telur di DKI Jakarta hampir menyentuh Rp25.000 per kilo.

Agar kita tidak merasa sia-sia mengeluarkan uang untuk telur yang kualitasnya jelek, tentu kita perlu tahu tips memilih telur yang berkualitas. Memilih telur dengan kualitas terbaik adalah langkah penting untuk memastikan masakan Anda sehat sekaligus tidak membuat pengeluaran kita tampak sia-sia.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memilih telur ayam dengan kualitas yang baik. Tujuannya, agar saat kita melihat info harga telur, baik harganya tinggi atau rendah, kita tetap bisa bersyukur karena telur yang kita pilih berkualitas tinggi.

Agar tak salah pilih maka ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Periksa Tanggal Kedaluarsa

Salah satu langkah pertama dalam memilih telur yang berkualitas adalah memeriksa tanggal kedaluarsa. Telur biasanya memiliki tanggal kedaluarsa yang dicetak di karton. Bagi Anda yang belanja di supermarket, tanggal kedaluarsa telur juga bisa tampak di bungkusnya. Pastikan memilih telur yang masih dalam masa terbaiknya.

2. Cek Kondisi Kulit Telur

Kulit telur adalah indikator awal kualitas telur. Pastikan kulitnya utuh tanpa retakan atau kerusakan. Kulit yang rusak dapat memungkinkan bakteri masuk ke dalam telur, sehingga dapat mempercepat pembusukan. Pastikan untuk tidak memilih telur dengan kulit yang terkelupas atau pecah ya Moms!

3. Perhatikan Ukuran Telur

Telur tersedia dalam berbagai ukuran, seperti kecil, sedang, besar, dan ekstra besar. Pilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. 

Jika anggota keluarga banyak dan memilih telur ukutan ekstra besar, maka Anda akan boros. Pasalnya, semakin besar telur semakin berat gramasinya. Beli saja yang ukuran sedang sehingga sekilo beras yang dibeli bisa untuk beberapa kali masak.

Namun, perlu diingat bahwa ukuran telur tidak selalu mencerminkan kualitasnya. Telur dengan ukuran yang lebih besar atau lebih kecil dapat memiliki kualitas yang sama baiknya.

4. Periksa Kandungan Gula dan Protein

Untuk memastikan kualitas protein dalam telur, Anda dapat melihat kode yang dicetak di atas karton telur. Kode ini mengindikasikan metode produksi telur tersebut. 

Misalnya, kode 0 mengindikasikan telur organik, sementara kode 1 mengindikasikan telur bebas kandang. Telur organik cenderung memiliki lebih banyak nutrisi dan lebih baik untuk kesehatan.

5. Lihat Waktu Penyimpanan

Telur yang telah lama disimpan mungkin sudah kehilangan kualitasnya. Anda dapat memeriksa umur telur dengan cara melihat kode produksi yang dicetak di atas karton.

Biasanya, kode ini mencakup tanggal produksi. Semakin baru telur tersebut diproduksi, semakin segar kualitasnya.

6. Tes dengan Air 

Taruh telur dalam mangkuk air. Telur yang tenggelam biasanya lebih segar karena udara di dalamnya masih sedikit. Sementara itu, telur yang mengapung mungkin sudah tidak segar lagi.

Metode mencelupkan telur ke air ini biasanya hanya bisa kita lakukan ketika sudah membeli produknya. Namun, ada kok satu dua pedagang yang mau membuktikan kesegaran telur dengan mempraktikkan metode ini tiap kali ada pembeli.

Memilih telur ayam dengan kualitas terbaik adalah langkah penting untuk menghasilkan hidangan yang lezat dan bergizi. Dengan memperhatikan tanggal kedaluwarsa, kondisi kulit, ukuran, kode produksi, dan tes air, Anda dapat dengan mudah memilih telur yang berkualitas tinggi untuk nutrisi seluruh anggota keluarha.

Namun, jika kurang yakin dengan kemampuan memilih telur, Anda bisa titip belanja saja di Titipku! Titipku adalah aplikasi belanja pasar online yang membantu para Moms di wilayah Jabodetabek memenuhi kebutuhan dapur secara praktis dan hemat.

Tunggu apa lagi, titip belanja telur sekarang di Titipku!

Posting Komentar untuk "Panduan Memilih Telur Ayam dengan Kualitas Terbaik"