Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Refinancing Mobil sebagai Solusi Praktis Dukung Keuangan Keluarga

Mobil bukan hanya sebagai alat transportasi untuk keluarga. Lebih dari itu aset tersebut bisa dioptimalkan dalam kondisi terdesak guna mendukung keuangan keluarga dengan cara refinancing mobil.

refinancing mobil
bca.co.id

Namun pertanyaan selanjutnya bagaimana cara mengoptimalkan tentu menjadi PR tersendiri. Jangan asal dan salah pilih karena bisa jadi kewajiban akan berjalan 1 hingga 2 tahun yang akan datang.

Tak mau bukan bila sejatinya ada penyedia jasa refinancing mobil yang cepat dan tidak ribet dapat yang sebaliknya. Yang ada bisa jadi memakan waktu lebih lama dan ada banyak dokumen harus disiapkan.

Apa Itu Refinancing?

Dikutip dari Wikipedia, refinancing adalah penggantian kewajiban utang yang ada dengan kewajiban utang lain dengan jangka waktu dan tingkat bunga yang berbeda. Dalam konteks refinancing mobil maka dapat diartikan sebagai proses penggantian kewajiban utang dengan jaminan BPKB mobil.

Untuk syarat dan ketentuan masing-masing penyedia jasa tentu memiliki aturan yang berbeda-beda. Hal ini karena berkaitan dengan risiko yang ada baik itu dari internal nasabah maupun kondisi sosial ekonomi suatu wilayah.

Tujuan utama dari refinancing mobil tak lain adalah bagaimana nasabah memiliki dana segar yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Mendapat pinjaman baru dengan suku bunga lebih rendah atau kondisi yang lebih menguntungkan. 

Produk yang satu ini menawarkan sejumlah keuntungan dan salah satu yang dapat diandalkan tentu saja refinancing mobil BCATerutama bagaimana mendapat dana cepat tanpa harus ketergantungan dengan pihak lain.

Hanya saja tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil langkah ini. Ada pun yang menjadi perhatian antara lain:

1. Suku Bunga Ditawarkan

Salah satu alasan yang susah ditolak pemilik aset mobil tentu saja suku bunga yang relatif rendah. Daripada BPKB mobil didiamkan saja maka ada baiknya untuk diolah agar menjadi dana segar. Terutama untuk satu kondisi yang benar-benar membutuhkan uang dengan cepat.

2. Perubahan Keuangan

Salah satu cara mengakali tagihan yang cukup tinggi sekaligus menjadi dana segar tentu refinancing menjadi pilihan terbaik. Mungkin hal lain yang juga perlu diperhatikan tentu saja tenor yang akan lebih lama.

3. Perbaikan Kredit

Poin ketiga ini jarang diperhatikan, akan tetapi bagi yang jeli tentu dapat mengoptimalkan kondisi ini. Di mana bisa jadi usai membeli kendaraan maka skor kredit akan meningkat. Selanjutnya pihak bank pun akan bersedia mengalirkan uang lebih besar dengan bunga lebih rendah melalui metode refinancing.

Selanjutnya bila 3 poin diatas sudah terjawab maka kini saatnya memilih penyedia jasa refinancing terbaik. Bisa berupa bank maupun lembaga keuangan non bank. Namun demikian tetap bank menjadi pilihan utama karena mereka pada umumnya menawarkan sejumlah keuntungan.

Agar lebih bijak dalam menentukan bank apa dipilih maka ada baiknya cek sekali lagi beberapa item berikut ini: 

1. Syarat Pinjaman

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja syarat yang diberlakukan. Apakah data yang ada sudah cukup dan tinggal lengkapi data minor saja . Atau masih ada data lain yang harus dilengkapi.

Termasuk didalamnya yang harus dicek dan konfirmasi ulang tentu saja tenor diberikan, syarat pembayaran hingga sanksi. Baik itu bila mengalami keterlambatan dan atau bila ingin melakukan pelunasan dipercepat.

2. Biaya Refinancing

Apapun proses yang akan dilakukan sudah pasti ada biaya pun demikian dalam proses refinancing. Perhitungkan semua biaya yang dikenakan dan jangan sampai ada biaya tersembunyi.

3. Suku Bunga

Dalam dunia keuangan suka bunga menjadi isu atau hal penting yang akan menjadi fokus. Cek dan bandingkan dengan kompetitor dan pastikan temukan suku bunga terbaik.

4. Kualitas Pelayanan Pelanggan

Pelayanan pelanggan saat ini menjadi salah satu faktor yang akan memengaruhi dalam mengambil keputusan. Cek rekam jejak yang ada dan sebisa mungkin mencoba layanan pelanggan diberikan.

Selain beberapa hal diatas mungkin ada hal lain yang harus diperhatikan. Ada baiknya untuk poin demi poin ditelusuri dan cari jawab mengingat proses ini tidak hanya berjalan beberapa bulan saja tapi bisa jadi akan berjalan beberapa tahun.

Posting Komentar untuk "Refinancing Mobil sebagai Solusi Praktis Dukung Keuangan Keluarga"