Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Cabai Hiyung dan Fakta Menarik Dibaliknya

Siapa disini yang suka dengan makanan pedas? Kalau saya sih rasanya belum lengkap makan kalau belum dikasih sambal. Rasanya makanan makin nikmat jika dicocol sambal.

cabai hiyung
shutterstock.com
Terus saya tuh suka penasaran, kira-kira cabai apa yang sering dipakai untuk produk sambal yang biasa dipakai saat makan?

Setelah cari-cari informasi lewat internet, saya menemukan salah satu cabai yang menarik perhatian saya, yaitu Cabai Hiyung yang digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan produk sambal di Indonesia. Tertarik ingin tahu apa itu Cabai Hiyung dan dari mana asalnya? Yuk simak pembahasan selanjutnya. 

Fakta Unik Cabai Hiyung

Bagi sebagian masyarakat bisa jadi kurang familiar dengan cabai yang satu ini. Namun bagi warga Kalimantan tentu tak asing lagi. Apalagi mereka yang berasal dari Kalimantan Selatan tentu ogah pisah dengan Cabai Hiyung.

Hal ini karena cabai ini bisa tumbuh apik di Kalimantan Selatan atau tepatnya di Desa Hiyung.

Dikutip dari Kompas.com, cabai dengan identik rasa pedas ini berasal dari gunung yang berada di Desa Linuh, Kabupaten Tapin. Sementara itu sosok yang berjasa memperkenalkan cabai ini adalah M Khalilurrahman atau Pak Barjo. 

Sebelum bisa tumbuh melimpah seperti saat ini ia hanya membawa 200 bibit cabai. Dan ternyata tanah yang ada di Desa Hiyung ini sangat cocok dan berkembang dengan sempurna. Tak perlu waktu lama para petani pun beralih ke budidaya cabai ini. 

Cabai Hiyung: Salah Satu Resep Rahasia Sambal ABC

Mungkin ketika kamu berbelanja di toko swalayan, kamu melihat banyak merk sambal. Salah satunya Sambal ABC. Ketika kamu membeli sambal ini, ternyata rasa pedasnya pas dan cocok jadi teman makan dengan lauk apapun. Sebagai informasi, semua produk Sambal ABC menggunakan cabai yang berasal dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan, yaitu Cabai Hiyung!

Buat kita-kita yang berada di luar Kalimantan pun tak perlu khawatir karena kita bisa menikmati lezat dan pedasnya Cabai Hiyung di tiap botol Sambal ABC. Tidak heran banyak keluarga Indonesia suka dengan Sambal ABC karena pedasnya cocok dengan semua makanan. Bukan tanpa sebab memang, ternyata Cabai Hiyung merupakan salah satu rahasia lezatnya Sambal ABC.

Untuk menjawab keinginan para pecinta pedas mereka telah menyiapkan 5 varian rasa. Mulai dari Sambal Asli, Sambal Extra Pedas, Sambal Bawang Pedas, Sambal Manis Pedas, dan Sambal Ayam Goreng.

Adanya pilihan varian tersebut menjadi tanda bahwa Sambal ABC bukan sambal biasa karena lebih mudah dikombinasikan dengan pasangan yang tepat. Klik link berikut ini untuk tau info menarik lainnya! 

Ingin mendapatkan sambal terbaik yang cocok dengan makanan apapun ini pun sangat mudah. Hal ini karena sambal ini bisa didapatkan di toko terdekat maupun di pesan melalui Official Store Sambal ABC di berbagai marketplace baik itu TokopediaBlibli, Shopee, dan  Lazada. Yuk buruan beli Sambal ABC sekarang juga.

Posting Komentar untuk "Mengenal Cabai Hiyung dan Fakta Menarik Dibaliknya"