Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kemeriahan Konser Akhir Tahun Yogyakarta Independent School

Belum lama ini saya datang dan melihat secara langsung Konser Akhir Tahun Yogyakarta Independent School. Bertempat di Ballroom Hotel Tentrem, Selasa (20/12/23) saya dan para tamu diberi suguhan menarik.

konser akhir tahun yogyakarta independent school
dok yis

Menarik yang saya maksud disini bukan hanya secara tema dan tata panggung. Lebih dari itu bagaimana kemudian pentas drama musikal ini dimainkan anak-anak lintas generasi.

Mereka yang berada di panggung dan sebagai pemain adalah siswa siswi Yogyakarta Independent School dari tingkat taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas. Sesuatu yang bisa jadi tidak pernah terpikirkan sebelumnya bagaimana sinergi itu bisa hadir secara nyata.

Once Upon a Book

konser akhir tahun yogyakarta independent school
dok yogyakarta independent school

Selain ada tulisan mencolok “Yogyakarta Independent School” juga ada kata Once Upon a Book yang bisa dipastikan menjadi tema atau judul yang dipilih. Benar saja pertunjukkan ini mengadaptasi dari novel anak-anak yang cukup populer.

Berasal dari Inggris dan sukses diadaptasikan hingga seluruh pelosok dunia tak terkecuali malam ini. Berkisah tentang Matilda, sosok anak kecil yang memiliki berbagai macam kebolehan. 

Bukan hanya memiliki kecerdasan dan kecakapan diatas rata-rata. Matilda ini juga memiliki pemikiran yang kritis dan mandiri. Menjadi sosok yang mewakili peserta didik dari Yogyakarta Independent School.

Pertunjukan berlangsung selama lebih kurang 2 jam dan semua dialog menggunakan bahasa Inggris. Membuat saya yang cukup lama tak praktik harus mengingat kembali.

Beruntung ada gesture, mimik dan kondisi yang mendukung membuat saya lebih mudah memahami apa yang mereka sampaikan. Selain itu tentu ada musik, gerak dan lagu yang membuat pertunjukkan berjalan sangat cepat.

Bagi orang awam seperti saya ini tentu berada di konser akhir tahun Yogyakarta Independent School memberi pengalaman yang luar biasa. Kemampuan berbahasa harus terus dilatih bila tidak ingin tertinggal.

Sedikit informasi, Matilda ini adalah salah satu novel anak-anak terbaik didunia. Ditulis oleh Roald Dahl dan melalui cerita ini ingin menyampaikan bahwa anak-anak harus mendapat tempat terbaik untuk belajar (disclaimer versi saya).

Konser Akhir Tahun Yogyakarta Independent School

Berdasar informasi dari suami yang lebih dulu menulis tentang Yogyakarta Independent School diketahui bahwa konser akhir tahun ini menjadi satu agenda rutin. Bagaimana anak-anak yang bersekolah di YIS bisa unjuk kebolehan.

Artinya kegiatan ini bukan kali pertama dan telah ada sejak dulu. Bagaimana kemudian anak-anak bisa unjuk kebolehan sesuai dengan kemampuan mereka.

Anak-anak usia PAUD yang ada di sekolah ini pun telah dilatih untuk berani tampil di depan umum. Menjadikan mereka miliki rasa percaya diri, selain itu tentu saja keinginan untuk terus belajar.

Layaknya kabaret, cerita disusun berdasar serangkaian peristiwa. Ada dialog yang mengandung pesan moral kemudian disusul nyanyian dan tarian. 

Membuat orang-orang yang ada di ballroom tersenyum dan tertawa kecil. Terutama para orang tua yang hadir dan melihat perform anak-anak mereka.

Saya bersama beberapa kawan yang hadir ditempat ini pun takjub. Bagaimana satu sama lain saling berkolaborasi. Perbedaan jenjang pendidikan tidak kemudian menjadi jarak.

Yang ada justru keyakinan bahwa anak-anak yang bersekolah di Yogyakarta Independent School bisa tumbuh dengan sempurna. Sesuai dengan usia, minat dan bakat yang ada. 

Satu dengan yang lain memiliki perbedaan dan tidak bisa dipaksa untuk sama. Ada diantara mereka yang kuat dalam berdialog, menyanyi dan menari. 

Yogyakarta Independent School sebagai Sekolah Unggulan

Di Jogja ada beberapa sekolah unggulan yang mayoritas fokus pada 1 tingkatan. Sebut saja SD Muh Sapen, SMP 5 Jogja atau SMA 3 Jogja. Namun berbicara tentang keseluruhan bisa jadi hanya ditemukan di Yogyakarta Independent School.

Bagaimana sekolah bisa memberikan guru, ekosistem dan fasilitas diatas rata-rata. Maklum saja sekolah ini bukan lagi menggunakan standar nasional dalam bidang pendidikan. Lebih dari itu mereka telah menggunakan standar internasional.

Menjadi kesempatan dan tantangan bagi orang tua untuk memberikan sekolah yang terbaik. Suami yang kebetulan pernah datang secara langsung, melihat lebih dekat satu kampus yang ada di Jalan Tegal Mlati No. 1, Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman.

Bahkan bagi yang tahu sepak bola pun akan takjub dengan rumput lapangan yang ada. Di mana YIS telah menggunakan rumput standar FIFA. Tak kaget pula bila kemudian ada beberapa klub besar di tanah air menggunakan lapangan ini.

Tak hanya itu saja tapi masih ada fasilitas pendukung yang berkelas. Mulai dari laboratorium, perpustakaan hingga studio musik. Menjadikan siapa saja yang belajar akan meraih hasil optimal.

Pemegang Sertifikat International Baccalaureate World School 

Salah satu kunci kenapa Yogyakarta Independent School mampu ‘berbicara’ secara internasional tentu saja karena mereka menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB)

Satu jaringan sekolah terbaik di dunia yang fokus untuk memberi kesempatan peserta didik untuk bisa bersaing di level internasional. Standar yang baku, ekosistem yang mendukung membuat siswa dan siswi bisa belajar secara optimal.

Pendidikan berbasis inkuiri dipercaya mampu mengajarkan dan mendidik siswa berpikir kritis dan mandiri. Mereka memiliki kebebasan untuk menentukan apa yang ingin dipelajari.

Sesuatu yang mungkin baru hadir di tanah air dan dikenal dengan kurikulum merdeka, sementara itu YIS telah jauh lebih dulu menerapkan. Akan tetapi mereka juga sadar betul bahwa kurikulum nasional tetap harus dijalankan.

Bagi saya pribadi yang berada di acara ini melihat secara langsung bahwa YIS adalah sekolah paling heterogen. Di mana peserta didik berasal dari berbagai negara dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Akan tetapi mereka mampu menunjukkan bahwa falsafah Pancasila itu hadir. Di mana satu sama lain menghormati apa yang menjadi perbedaan.

Tak hanya itu, di kampus ini juga bisa ditemukan peserta didik dari usia 3 tahun sampai dengan 18 tahun. Mereka bisa saling suport untuk bisa belajar dengan baik.

Saat ini YIS memiliki 3 kurikulum mulai dari Primary Years Programme (PYP), Middle Years Programme (MYP) dan Diploma Programme (DP). Mereka yang duduk di bangku TK hingga SD akan belajar di PYP, anak kelas 1 SMP hingga kelas 1 SMA di MYP dan kelas 2 dan 3 SMA untuk DP.

Meski agak berbeda dengan sekolah yang ada di tanah air tapi dokumen mereka bisa digunakan sama baiknya, mulai dari rapor, ijasah hingga sertifikat. Hal ini tentu akan memudahkan bagi peserta didik bila kemudian nantinya ingin masuk sekolah umum bagik yang ada didalam negeri maupun luar negeri.

Berbagai mata pelajaran yang identik Indonesia pun hadir dan menjadi mata pelajaran wajib bagi anak-anak yang berasal dari dalam negeri. Bukan hanya tentang Bahasa Indonesia, Agama, dan Kewarganegaraan atau pendidikan Pancasila) tapi juga mata pelajaran lain yang diteteapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Bagi kamu yang penasaran ada apa saja dengan sekolah paling keren di Jogja ini bisa mendapatkan informasi lebih detail baik di situs atau sosial media mereka.

Website         : https://www.yis-edu.org/

Instagram https://www.instagram.com/yogyakartaindependentschool/

Email : info@yis-edu.org

Telp / WA : +62 274 5305147, +62 811 263 2442

Posting Komentar untuk "Kemeriahan Konser Akhir Tahun Yogyakarta Independent School"