Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Karang Gigi Hitam

Karang gigi hitam tentu akan menjadi masalah karena akan menurunkan rasa percaya diri yang ada. Terlebih mereka yang sering beraktivitas dan bertemu banyak orang.

Cara Mengatasi Karang Gigi Hitam
urbandental.com

Karang gigi adalah lapisan yang berasal dari sisa makanan yang mengeras dan menyerupai kotoran. Dalam jangka panjang kondisi ini bila dibiarkan akan merusak kesehatan gigi dan untuk beberapa kasus harus ditangani dengan segera oleh dokter gigi.

Lapisan ini pada mulanya tidak ada atau tipis dan bersumber dari sisa makanan yang tidak bersih. Namun seiring berjalannya waktu karena kurang kebiasaan makan yang kurang baik ditambah jarang sikat gigi maka akan muncul karang gigi hitam.

Oleh karenanya kebiasaan atau pola hidup sehat dan salah satunya adalah perhatian terhadap gigi dan mulut harus diajarkan sejak dini. Bila tidak kondisi tidak nyaman ini akan muncul dan membawa masalah yang serius.

Cara Mengatasi Karang Gigi Hitam

Ada banyak penyebab munculnya karang gigi hitam dan oleh karenanya pun ada banyak alternatif untuk hilangkan karang gigi hitam. Kebiasaan baik menjadi kunci utama untuk sehat, baik itu untuk tubuh maupun untuk gigi dan mulut.

Sebelum parah ada baiknya dicegah sedini mungkin. Tidak harus dengan rajin ke klinik atau dokter gigi tapi ada baiknya paham betul hal apa saja yang bisa dilakukan sebagai usaha preventif.

1. Rutin Sikat Gigi

Menggosok atau sikat gigi secara rutin membawa dampak baik untuk kesehatan. Selain bisa membersihkan kotoran yang tersisa pada mulut dan gigi juga bisa hilangkan bau tidak sedap.

Pemakaian pasta gigi yang tepat juga dapat membantu menjaga kesehatan dan performa gigi dan mulut. Rutin menyikat gigi pada pagi dan sore menjadi sebuah keharusan.

Sementara itu bagi mereka yang suka mengonsumsi makanan manis disarankan untuk segera sikat gigi. Hal ini karena sisa makanan yang kaya akan gula lebih berpeluang menciptakan plak. Sikat gigi juga sebagai upaya mencegah tidak ada kotoran yang kemudian akan menjadi karang gigi.

Pada prosesnya pun harus diperhatikan dan tidak boleh asal-asalan. Untuk hasil optimal jangan lupa pilih pasta gigi yang kaya akan floraide.

2. Membersihkan dengan Benang Khusus

Ada diantara mereka bila sikat gigi dirasa belum memberi hasil optimal maka kegiatan ini ditambah dengan flossing atau membersihkan gigi dengan benang khusus. Benang ini akan sangat efektif untuk angkat kotoran yang ada pada sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat gigi.

Saat menggunakan benang khusus ini harap hati-hati. Jangan sampai nanti malah melukai dan menyebabkan iritasi.

3. Mengunyah Buah-buahan Berserat

Tak banyak yang menyadari dengan mengonsumsi buah berserat dapat mencegah dan hilangkan karang gigi hitam. Proses mengunyah buah kaya serat dan air ini bisa dengan mudah ditemukan pada buah di sekitar kita seperti semangka, apel,  strobery dan sejenisnya.

Mengunyah buah berserat dapat dilakukan sebagai upaya self cleansing atau pembersihan mandiri dan terbukti efektif mengurangi kotoran pada gigi.

4. Mencuci Mulut dengan Obat Kumur

Saat ini ada cukup banyak obat kumur yang bisa dipilih dan gunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Gunakan secara berkala tapi jangan jangan terlalu sering.

Obat kumur ini selain membunuh kuman juga bisa membersihkan karang gigi. Tak hanya itu juga tapi bisa juga digunakan sebagai alternatif bila ingin aroma nafas segar.

5. Menghentikan Kebiasaan Tidak Baik

Kamu yang miliki kebiasaan tidak baik segera hentikan. Hal ini karena berbahaya bagi tubuh juga bagi gigi dan mulut. 

Kebiasaan ini antara lain suka merokok dan mengonsumsi minuman keras. Baik rokok maupun minuman keras miliki kandungan atau zat kimia yang memicu masalah pada gigi dan mulut.

6. Rajin Minum Air Putih

Sebaliknya saat ini mulailah lebih banyak melakukan kebiasaan baik dan salah satunya rajin dan cukupi konsumsi air putih. Minumlah air putih sebanyak mungkin dan sehari minimal 8 gelas atau setara 2 liter.

Air putih selain menjaga tubuh dari dehidrasi juga akan membersihkan sisa makanan yang berpotensi menjadi plak atau karang gigi. Air putih juga mampu menjaga kelembapan yang pada pada rongga mulut.

7. Cukupi Vitamin C

Selain beberapa hal yang telah disebutkan diatas masih ada hal lain yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan mencukupi kebutuhan Vitamin C.

Vitamin ini sangat dibutuhkan tubuh dan tak terkecuali bagi gigi dan mulut. Salah satunya dalam proses membersihkan karang gigi. Oleh karenanya ada baiknya untuk lebih banyak mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C

8. Scaling Gigi

Apabila cara-cara diatas masih dirasa kurang efektif maka ada baiknya untuk berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan scaling gigi. Proses membersihkan karang gigi hitam ini akan menggunakan alat canggih berupa ultrasonic scaler.

Mereka yang sudah sadar akan pentingnya gigi sehat dan bersih maka pada umumnya akan memilih opsi ini. Selain proses relatif lebih cepat, scaling gigi juga memberi hasil yang relatif lebih baik. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Karang Gigi Hitam"