Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belanja Hemat bagi Ibu Rumah Tangga Tidak Bekerja

tips belanja hemat bagi ibu rumah tangga
linamuryani.com

Sebagai ibu rumah tangga tidak bekerja tentu saya harus mengatur keuangan seoptimal mungkin. Jangan sampai kemudian apa yang diberikan suami dengan kerja kerasnya habis tak bersisa. Tips belanja hemat pun senantiasa saya terapkan.

Senantiasa berpikir ulang untuk pada akhirnya memutuskan membeli sebuah barang. Terutama barang-barang yang harganya relatif mahal karena akan menyedot banyak pengeluaran.

Tidak bisa kemudian langsung membeli hanya karena faktor suka atau butuh semata. Namun lebih dari itu masih ada faktor lain yang menjadi pertimbangan.

Tips Belanja Hemat yang Bisa Diterapkan

tokopedia
tokopedia

Tips belanja hemat ini sejatinya tidak saja berlaku bagi ibu rumah tangga tidak bekerja. Akan tetapi bisa juga diterapkan pada mereka, wanita karir yang juga memiliki penghasilan bila ingin menerapkan prinsip ekonomis.

Mengelola keuangan seyogyanya menerapkan faktor kehati-hatian. Jangan sampai kemudian salah perhitungan dan memaksa untuk ambil pinjaman di tempat lain.

Bila dicermati saat ini berbagai peralatan rumah tangga kian banyak ragam dan harganya. Panci murah pun kini mudah didapat tapi ada baiknya cek pula kualitas ditawarkan.

Pun dengan kasur murah, kini pun barang ini mudah didapat dan dengan modal ratusan ribu kasur sudah bisa datang ke rumah. Berbeda dengan ibu-ibu yang akan berburu kasur dan panci murah maka beda lagi dengan para bapack, bisa jadi mereka akan mencari bor murah untuk proses perbaikan perkakas rumah.

Namun demikian, sebelum melakukan proses pembelian ada baiknya perhatikan tips belanja hemat berikut ini:

1. Cek 3 Harga

Hal pertama yang senantiasa diajarkan suami tercinta sebelum membeli sesuatu untuk memastikan cek 3 harga dilakukan dengan benar. Beruntung saat ini kita bisa membeli berbagai barang dengan satu aplikasi yang bernama Tokopedia.

Tidak perlu pergi keluar rumah dan cukup duduk manis maka cek 3 harga bisa dilakukan. Cek 3 harga di sini harus dilakukan dengan seksama dan jangan termakan rayuan atau kata murah saja.

Jangan lupa untuk cek ulasan di toko online tersebut. Bila ada sesuatu yang patut dijadikan perhatian karena review negatif maka ada baiknya cek lagi toko yang lain.

2. Manfaatkan Diskon dan Promo

Kalau yang pertama diajarkan suami maka untuk poin kedua ini mungkin adalah kondisi yang tidak bisa dilawan bagi kaum hawa. Bagaimana kemudian pembelian akan tiba-tiba terjadi padahal faktor kebutuhan belum ada.

Promo dan diskon ada baiknya digunakan untuk membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Jangan sampai kemudian justru kalap dan membeli barang yang tidak dibutuhkan.

3. Pertimbangkan Kebutuhan dan Kualitas

Poin ketiga ini seringkali diabaikan dan yang ada kemudian justru penyesalan. Barang yang dibeli bila tidak menjadi sebuah kebutuhan hanya akan memenuhi rumah. 

Atau bisa jadi kualitas barang dibeli dibawah standar. Selain rasa tidak nyaman tentu akan beresiko pada keselamatan. Semisal pegangan panci tidak kuat maka besar kemungkinan akan patah dan hal ini akan sangat bahaya.

4. Cari Alternatif Berkualitas

Saat membeli barang ada baiknya jangan terpaku pada merek populer. Namun demikian ada baiknya lebih perhatikan kualitas daripada nama besar sebuah brand.

Tidak mudah tentunya karena dibutuhkan informasi yang baik. Dan cara mudah mendapat informasi tentu saja dengan meminta referensi orang lain yang telah menggunakan barang tersebut.

5. Pertimbangkan Keunggulan Energi dan Daya Tahan

Saat ini banyak pihak sudah mulai perhatian akan isu global yang lebih dikenal dengan go green. Pun demikian bagi kita bila ingin membeli produk ada baiknya bisa dijadikan pertimbangan.

Mulai menggunakan barang-barang ramah lingkungan dan tidak memiliki dampak ke bumi secara berlebih. Di luar sana pun telah banyak perusahaan yang berlomba-lomba hadirkan produk ramah lingkungan.

6. Manfaatkan Program Penukaran

Tips belanja hemat tentu saja dengan memanfaatkan program penukaran. Tak jarang banyak toko yang memberi harga murah bagi mereka yang ingin mengganti produk lama yang ada.

Program ini terasa unik atau tak biasa. Namun faktanya tetap banyak peminatnya karena akan mengurangi barang / perabotan tak terpakai yang ada di rumah.

Menerapkan beberapa tips belanja hemat yang ada di atas tidak saja bikin hemat pengeluaran. Namun lebih dari itu tentu mengurangi perabotan tak terpakai di rumah dan mendukung upaya go green yang digalakkan pemerintah dan dunia internasional.

Posting Komentar untuk "Tips Belanja Hemat bagi Ibu Rumah Tangga Tidak Bekerja"