Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Business Strategy Yang Cocok Untuk Mengembangkan UMKM

Ketika baru memulai usaha skala kecil menengah tentunya akan ada banyak hambatan atau rintangan yang harus dihadapi. Bahkan lebih besar kemungkinan nantinya bisnis atau usaha tersebut untuk mengalami kebangkrutan dibandingkan dengan bisa menanjak naik atau sukses.

business strategy
freepik.com


Apalagi jika tidak benar di dalam pengelolaannya. Maka dari itu penting sekali belajar tentang business strategy yang tepat dalam mengembangkan usaha Anda.

Ingat bahwa sekecil apapun usaha yang dijalankan pada dasarnya ada sejumlah dana atau modal yang harus dikeluarkan. Sehingga ketika nantinya usaha tersebut tidak dikelola dengan benar, maka potensi untuk jatuh juga besar.

Tak hanya itu saja bahkan mungkin sampai mengalami kerugian hingga minus. Inilah hal yang banyak dialami oleh para pelaku usaha baru. 

Meskipun baru mengawalinya bisa jadi utang sudah menumpuk dimana-mana. Dan pada akhirnya usaha tidak berjalan dengan mulus, tentunya tidak ingin hal tersebut sampai terjadi bukan.

Sebelum mengawali usaha, meskipun skala kecil paling tidak Anda harus benar-benar serius dalam menggelutinya. Penting juga untuk punya perencanaan yang matang, jangan setengah-setengah ketika menginginkan hasil yang optimal. 

Berikut ini diantaranya juga ada beberapa jenis business strategy yang paling pas untuk bisa mengembangkan UMKM, diantaranya adalah:

1. Membuat Produk yang Unik

Meskipun nantinya akan lebih sulit diperkenalkan kepada masyarakat, akan tetapi setidaknya produk yang unik ini akan membantu untuk mengurangi kompetitor yang ada. Terus berinovasi tentunya sangat penting, sehingga nantinya Anda bisa menjual produk secara lebih optimal dan dikenal luas oleh masyarakat sebagai pelopor. 

Jika Anda terus melakukan inovasi produk tersebut, maka bisa terus bersaing dengan kompetitor yang ada. Bahkan dengan mereka yang skalanya sudah lebih besar sekalipun.

2. Mengembangkan Jaringan Bisnis 

Sekarang ini banyak UMKM yang cabangnya ada dimana-mana. Atau mungkin mereka memiliki cabang dengan produk yang dijual atau ditawarkan juga berbeda-beda antara satu dengan yang lain. 

Artinya terus berinovasi dengan mengembangkan jaringan bisnis menjadi sangat penting. Apalagi di era digital seperti sekarang dimana Anda juga dapat memanfaatkan perangkat teknologi sebagai penunjangnya. Bisa dengan sistem agen, menjual bahan baku kepada cabang atau yang lainnya.

3. Perencanaan Strategi Pemasaran dengan Tepat

Jangan hanya membuat satu strategi, melainkan alangkah baiknya untuk mencoba beberapa alternatif sekaligus. Tujuannya tak lain agar jika satu strategi utama gagal maka Anda tidak akan kehabisan ide yang bisa memakai teknik yang lainnya. 

Cara yang satu ini nyatanya juga memungkinkan menemukan strategi yang paling jitu untuk diadopsi dalam bisnis Anda. Strategi yang tepat akan lebih memungkinkan memenangkan persaingan di pasar.

4. Memanfaatkan Marketplace

Sekarang ini penjualan bisa semakin luas, diantaranya tidak hanya dengan mengandalkan sistem penjualan secara langsung (offline) saja. Sudah saatnya Anda juga menerapkan penjualan online. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan layanan e-commerce maupun marketplace. Yaitu dengan menjual produk Anda lewat berbagai marketplace maupun e-commerce yang ada. 

Hal ini efektif untuk menjangkau konsumen secara lebih luas, bahkan bisa sampai ke luar kota/pulau/negara. Meskipun kompetitornya juga lebih banyak, akan tetapo paling tidak memiliki potensi peningkatan penjualan juga besar.

5. Memanfaatkan Teknologi Digital 

Selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi digital dimiliki. Misalnya untuk kegiatan pembukuannya karena masih pemula terkadang amburadul, maka Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan yang ada. 

Termasuk diantaranya adalah dengan membuat konten-konten lewat sosial media. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai bagian untuk promosi agar nantinya lebih banyak orang yang tahu serta bisa melirik produk tersebut.

6. Selalu Konsisten 

Anda harus tetap konsisten dalam bisnis tersebut jika ingin hasilnya optimal, karena jatuh bangun sudah pasti, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menyerah. Anda juga harus tetap menjalankannya jika ingin melihat buah atau hasil baik pada akhirnya.

Tentunya masih banyak business strategy lainnya yang dapat diterapkan untuk bisa mengembangkan usaha menengah ke bawah. Belajar ilmunya dengan ikut pelatihan yang diadakan oleh Prasmul-ELI. 

Ada banyak program-program menarik yang dapat diikuti untuk mengasah skill atau keterampilan. Baik itu dalam dunia bisnis ataupun skill di dunia kerja.

Saatnya daftar sekarang juga dan menjadi bagian dari UMKM Naik Kelas. .


Posting Komentar untuk "Business Strategy Yang Cocok Untuk Mengembangkan UMKM"