Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Populer Yang Sering Digunakan

Berat badan mempunyai hitungannya sendiri sehingga bisa dikategorikan sebagai underweight, ideal weight, dan juga overweight. Sehingga dengan mengetahui berat badan tersebut akan bisa menentukan untuk bisa melakukan diet dengan tepat.

cara menghitung berat badan ideal
freepik.com

Ada beberapa cara yang perlu diketahui untuk menambah berat badan atau mengurangi berat badan agar mempunyai berat badan ideal. Cara menghitung berat badan ideal sendiri beragam di mana yang paling populer digunakan yaitu menggunakan rumus broca dan kalkulator BMI.

Untuk cara menghitung berat badan yang ideal pertama adalah menggunakan rumus broca. Seperti namanya, rumus ini ditemukan oleh orang yang bernama Paul Broca yang membedakan antara berat badan pria dan wanita. 

Hal tersebut dibedakan karena pria dan wanita mempunyai komposisi tubuh berbeda, oleh karena itulah dibedakan perhitungan untuk mendapatkan kisaran berat ideal yang dapat dipunyai. 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Adapun untuk perhitungan yang dilakukan menggunakan rumus broca adalah sebagai berikut ini:

Perhitungan untuk pria adalah dengan menghitung tinggi badan yang dipunyai dikurangi 100. Kemudian dikurangi dengan tinggi badan dan dikurangi 100, baru dikalikan 10 persen. Dengan perhitungan tersebut maka akan mendapatkan berat badan ideal yang dipunyai oleh pria. 

Perhitungan untuk wanita mempunyai perbedaan sedikit yaitu didapatkan dari tinggi badan dikurangi 100, kemudian dikurangi dengan tinggi badan dikurangi 100 baru dikalikan 15 persen. Sehingga baru akan mendapatkan berat badan ideal wanita.

Cara menghitung berat badan ideal yang paling populer selanjutnya adalah menggunakan BMI. BMI atau body mass index merupakan jenis yang paling umum untuk mendapatkan besaran berat badan ideal. 

Walaupun juga ada protes perhitungan berat badan yang satu ini, karena hanya akan mendapatkan berat badan tubuh saja dan tidak memperhitungkan mengenai berat otot yang dipunyai. Seperti misalnya untuk orang yang mempunyai tubuh buff yang berotot, maka akan digolongkan menjadi overweight apabila menggunakan perhitungan BMI. 

Sehingga kategori berat badan ideal dari BMI juga tidak bisa digunakan untuk beberapa kasus. Akan tetapi pada umumnya untuk perhitungan berat badan ideal memang menggunakan BMI karena mempunyai perhitungan yang lebih mudah.

Kalkulator BMI sendiri juga membedakan perbedaan berat badan ideal untuk pria dan wanita. Selain itu, BMI juga membedakannya dari usia yang dipunyai untuk mendapatkan kisaran berat badan ideal atau tidak. 

Untuk perhitungan BMI mempunyai perhitungan yang detailnya dapat diketahui sebagai berikut ini:

Ketika menghitung berat badan ideal akan mendapatkan angka dari 18,5 hingga 25 yang termasuk ke dalam berat badan normal atau ideal.

Ketika mendapatkan angka di atas 25 maka hal tersebut menunjukkan bahwa Anda mempunyai berat badan berlebih hingga mengalami obesitas. Kategori ini cukup berbahaya karena ketika lebih dari 40, sehingga perlu untuk menurunkan berat badan sehingga lebih ideal. 

Akan tetapi hal ini tidak bisa digunakan untuk binaragawan atau yang mempunyai masa otot yang tinggi sehingga juga mempunyai berat yang melebihi angka BMI normal.

Sebaliknya ketika mendapatkan angka di bawah 18 maka mempunyai berat badan yang kurang dan perlu melakukan diet untuk bisa mencapai berat badan ideal.

Untuk menghitung berat badan ideal menurut BMI sendiri biasanya banyak ditemukan di banyak situs secara online. Sehingga Anda tinggal mencari situs yang menyediakan perhitungan BMI untuk bisa mengetahui angka BMI yang dipunyai. 

Perhitungan BMI yaitu berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter. Sehingga nantinya akan mendapatkan angka BMI untuk mengetahui berat badan yang dipunyai termasuk ke dalam normal, berlebihan, atau di bawah normal.

Dengan mengetahui angka BMI tersebut dapat menjadi motivasi untuk menerapkan pola hidup lebih sehat sehingga akan mendapatkan berat badan yang ideal.

Cara menghitung berat badan ideal dapat menggunakan BMI maupun rumus broca. Kisaran berat badan yang Anda punyai dapat untuk menjadi acuan ketika membutuhkan diet untuk menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan sehingga mendapatkan berat badan ideal. 

FIT HUB Bantu Tubuh Sehat Ideal

Untuk membantu mendapatkan berat badan ideal tersebut dapat juga mendapatkan motivasi dan program dari personal training dari FIT HUB. FIT HUB akan membantu mengarahkan untuk memilihkan jenis olahraga tepat sesuai kebutuhan. 

FIT HUB mempunyai banyak pilihan olahraga yang bisa membantu program diet menurunkan atau menaikkan berat badan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Sangat cocok digunakan oleh mereka yang inginkan tubuh sehat ideal.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Berat Badan Ideal Populer Yang Sering Digunakan"