Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk Agar Cepat Cair


Persyaratan dan Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk 


Anda pemegang polis asuransi mobil all risk baru? Atau, baru sedang berencana mengasuransikan mobil tapi bingung bagaimana cara klaimnya? Jangan khawatir, di sini kami akan membantu mempersiapkan klaim pertanggungan mobil kesayangan Anda. 
cekaja.com
Asuransi mobil all risk sendiri, merupakan perlindungan untuk berbagai risiko kerugian. Jadi, pertanggungannya tidak hanya untuk satu atau dua risiko saja. Perlindungannya bisa dikatakan cukup banyak. Artinya, cara klaimnya pun berbeda-beda. Jadi, pastikan Anda menyimak penjelasan ini hingga selesai. 

Prosedur Klaim Asuransi Mobil All Risk 

Cara klaim asuransi mobil all risk tergolong mudah. Namun, ada sejumlah prosedur yang wajib Anda ikuti. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak informasi yang sudah kami rangkum berikut ini. 

1. Lapor ke Perusahaan Asuransi

Silahkan Anda kunjungi perusahaan asuransi mobil all risk yang telah Anda pilih. Lakukan sesegera mungkin ketika mobil Anda hilang atau mengalami kerusakan. Jangan lupa juga untuk membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. 

Dokumen-dokumen yang dibutuhkan seperti BPKB, SIM, surat pemegang polis, STNK, dan lainnya. Lengkapi juga laporan dengan bukti kerusakan seperti foto. 

2. Lapor ke Kantor Kepolisian

Setelah Anda lapor ke perusahaan asuransi mobil all risk, selanjutnya silahkan Anda datangi kantor polisi. Buat laporan kehilangan atau kecelakaan. Nah, surat ini nantinya berfungsi untuk peneguhan atau bukti. 

Dengan adanya surat ini, pihak perusahaan maupun kepolisian tahu bahwa kendaraan Anda hilang atau mengalami kecelakaan. 

3. Survei dari Pihak Asuransi Mobil All Risk

Setelah proses laporan selesai, selanjutnya pihak asuransi akan mengunjungi Anda untuk survei. Jika mobil mengalami kerusakan, usahakanlah untuk tidak membawanya dulu. Biarkan pihak asuransi menilai kondisi kerusakan kendaraan Anda. 

Sedangkan untuk kehilangan, perusahaan asuransi mobil all risk tidak langsung membayar. Mereka akan mempelajari berkas kejadian kehilangannya terlebih dahulu. Jika kehilangan dianggap benar, maka pihak asuransi akan memberi pengganti. 

4. Mengisi Formulir Klaim Asuransi Mobil All Risk

Sebelum perusahaan memutuskan Anda berhak menerima pertanggungan, Anda harus mengisi formulir dulu. Silahkan isi formulir asuransi mobil all risk. Sesuaikan datanya, baik itu kecelakaan, kehilangan, atau lainnya. 

Formulir ini berfungsi untuk mengetahui apakah kejadiannya nyata atau perencanaan kebohongan. Setelah diisi, kemudian laporan diterima dan dinyatakan benar, maka polis akan segera cair. 

Pencairan sesuai dengan kerugian yang dialami. Jika hilang, maka akan disiapkan mobil pengganti. Begitu juga kalau rusak, maka perusahaan asuransi mobil all risk yang akan memperbaiki. 

Dokumen-Dokumen Penting Klaim Asuransi Mobil All Risk

Seperti yang dijelaskan di atas, dokumen adalah persyaratan penting klaim asuransi mobilall risk. Ada cukup banyak dokumen yang harus Anda siapkan. Dokumen untuk klaim kerusakan, tentu berbeda dengan klaim kehilangan. 

Adapun dokumen klaim asuransi mobil all risk adalah sebagai berikut: 

Dokumen untuk Klaim Kerusakan/Kehilangan Sebagian

Fotokopi SIM pengemudi
Keterangan kerusakan atau kehilangan dari kepolisian setempat
Fotokopi polis asuransi
Laporan kerugian yang sudah ditandatangani oleh pemilik polis
Fotokopi STNK mobil

Dokumen untuk Klaim Kehilangan Keseluruhan

Fotokopi STNK mobil yang hilang
Fotokopi SIM pengemudi
Surat blokir STNK
Keterangan kehilangan mobil dari kepolisian setempat
Investigasi dari Lembaga Investigasi Independen (jika diperlukan)
Fotokopi polis asuransi
Laporan kerugian yang sudah ditandatangani oleh pemegang polis
Membuat Surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda

Dokumen untuk Klaim Kerusakan Mobil Akibat Kecelakaan

Fotokopi SIM pengemudi
Fotokopi STNK mobil yang mengalami kerusakan
Fotokopi polis asuransi mobil all risk
Laporan kerugian yang sudah ditandatangani oleh pemegang polis
Dokumen tanggung jawab dari pihak ketiga (jika ada pihak ketiga yang terkait)
Membuat surat pernyataan tentang tidak adanya asuransi milik pihak ketiga yang dirugikan. 
Surat ini penting. Karena jika pihak ketiga punya asuransi, perusahaan tidak akan mencairkan dana untuk pihak ketiga. 
Keterangan dari kantor kepolisian setempat lengkap dengan surat tuntutan dari pihak ketiga (jika ada tuntutan dari pihak ketiga). 
Surat pernyataan tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga. Dokumen ini akan dijadikan jaminan dan pernyataan bahwa pemegang polis yang mengakibatkan kerusakan.

Apa Itu Pihak Ketiga Pada Asuransi Mobil All Risk?

Pada poin-poin dokumen di atas, ada dokumen penting untuk pihak ketiga. Lalu, siapa pihak ketiga ini? 

Nah, dalam asuransi mobil all risk, pihak ketiga ini disebut pihak yang dirugikan. Misalnya, ketika nasabah mengalami kecelakaan, lalu menyebabkan ruginya pihak ketiga, maka pihak ketiga juga menjadi tertanggung. 

Artinya, ada klaim asuransi mobil all risk yang akan menanggung kerugian pihak ketiga. Sederhananya, Anda tidak perlu mengganti kerugian mereka dengan uang sendiri. Karena, kerugian ini masuk ke dalam polis asuransi. 

Biaya Klaim Asuransi mobil All Risk

Umumnya, klaim asuransi tidak ada biaya apapun kepada perusahaan asuransi mobil all risk. Namun, untuk pertanggungan komprehensif, biasanya ada biaya own risk. Biaya ini harus dibayar oleh pemegang polis pada saat mengklaim asuransi. 

Biaya own risk sendiri mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000. Atau, biayanya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Terkait biaya ini, sebaiknya Anda tanyakan pada saat pendaftaran asuransi mobil all risk. 

Biaya ini hanya sebagian kecil saja. Sisanya, penggantian atau pembiayaan ganti rugi akan dibebankan kepada pihak asuransi. 

Sementara itu, biaya-biaya lainnya mungkin hanya untuk pengurusan dokumen saja. Jadi, siapkan biaya-biaya tersebut sebelum Anda klaim asuransi. 

Kesimpulan

Mengetahui syarat dan dokumen klaim asuransi mobil all risk wajib diketahui oleh pemegang polis. Pastikan Anda mengikuti prosedur dan semua dokumennya lengkap. Dengan begitu, pencairan asuransi akan mudah dan cepat diproses. 

Bingung memilih asuransi mobil all risk untuk mobil kesayangan Anda? Temukan hanya di https://www.cekaja.com/asuransi-kendaraan/. Cekaja.com akan membantu Anda dalam memilih asuransi terbaik yang cocok untuk kendaraan Anda. 

Posting Komentar untuk "Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk Agar Cepat Cair"