Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga kini kita pun dipaksa harus cermat dalam mengelola keuangan yang diberikan suami. Tidak cukup hanya mengepaskan semua kebutuhan rumah tangga tapi juga harus ada sebagian yang diinvestasikan.

investasi bagi ibu rumah tangga
pixabay.com

Jangan sampai semua habis tak bersisa dan kemudian bila terjadi hal-hal tidak diinginkan kebingungan. Menjadi penting kiranya investasi bagi ibu rumah tangga juga dipikirkan sedari sekarang.

Investasi paling umum bisa saja dengan menabung emas karena itu hal yang paling lumrah dan telah dilakukan sejak puluhan tahun silam. Namun kini dengan perkembangan yang begitu cepat ternyata ada banyak investasi bagi ibu rumah tangga yang bisa dipilih.

Sebelum memutuskan akan investasi apa menjadi penting untuk mengetahui seluk beluk investasi, khususnya investasi bagi rumah tangga karena kita sama-sama tahu karena dana bisa saja terbatas.


Tips Sederhana investasi bagi ibu rumah tangga

1. Modal Minim

Biasanya para ibu rumah tangga tentu menyisihkan sedikit dari uang belanja bulanan. Agar lebih bisa berkembang dengan baik tentu harus ada satu cara lain.  Menabung bisa jadi cara paling aman tapi seperti kita tahu bunga dari tabungan itu sangat kecil sekali.

Oleh karena itu menjadi penting untuk berinvestasi. Modal minim hasil optimal itu tentu yang diharapkan dan para ibu rumah tangga harus pintar-pintar menempatkan uangnya.

2. Stabil

Ketika memutuskan investasi jangan sekali-kali pilih saham dan sejenisnya karena produk itu membutuhkan modal besar. Selain itu pastinya kemampuan menganalisa pasar saham.

Bila tidak bisa jadi kita hanya akan membuang duit ke laut. Menjadi sangat penting memilih ceruk investasi yang stabil agar kita tidak perlu dibuat pusing memikirkan bagaimana nasib uang yang kita parkir. 

3. Risiko Minim

Pastikan juga tempat kita memilih investasi benar-benar aman atau cenderung risiko minim. Di luar sana ada banyak jasa penyedia investasi tapi sekali lagi jangan tergiur seketika dengan segala keunggulan yang ditawarkan.

Pelajari dan cari informasi lebih lanjut adalah keharusan. Tanpa hal itu bisa saja kita akan ditipu orang mentah-mentah.

4. Waktu Pendek

Dalam memilih investasi jangan sekali-kali memilih tenor panjang. Hal ini karena kita tidak pernah tahu kebutuhan dimasa yang akan datang. Pilih lah investasi dengan waktu pendek sehingga ketika saatnya ada kebutuhan langsung bisa digunakan.

Waktu pendek ini juga memudahkan bagi ibu rumah tangga untuk memetakan kebutuhan. Semisal kelak untuk kebutuhan cari sekolah anak atau menyambut hari raya yang biasanya butuh acara pulang kampung.  

Reksa Dana Pasar Uang

Diantara sekian banyak investasi bagi ibu rumah tangga, reksa dana tentu menjadi pilihan yang susah ditolak. Hal ini karena produk ini memiliki sejumlah kelebihan yang bisa jadi tidak diberikan produk lainnya.

Bagi yang belum paham apa itu reksa dana dan cara memulai maka kamu bisa cari informasi seputar panduan investasi reksa dana. Namun bila didefinisikan secara sederhana dapat diartikan sebagai kumpulan dana (uang) dari investor (masyarakat) yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi.

Dalam praktiknya pemilik uang salah satunya tentu saja kita sebagai ibu rumah tangga cukup melakukan top up atau isi saldo sesuai kemampuan. Nantinya telah ada orang yang akan mengelola uang kita.

Mudah dan sederhana bukan. Wajar kemudian bila produk ini sangat disukai khususnya kalangan milenial yang ingin investasi mudah dan modal minimalis.

Kita sebagai ibu rumah tangga cukup santai-santai di rumah saja karena tidak perlu keluar tenaga atau pikiran. Cukup menunggu saatnya tiba apa yang kita investasikan membuahkan hasil.


Posting Komentar untuk "Tips Memilih Investasi Bagi Ibu Rumah Tangga"