Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI

Tahun ini usia bujang telah menginjak 4 tahun dan beruntung selama 2 tahun pertama ia mendapat asupan ASI yang cukup. Semua itu tak lepas dari cukupnya informasi yang saya dapat, dimana pada masa tersebut saya bisa berkembang bersama Asimor

tanda bayi cukup asi
linamuryani.com

Asimor sendiri adalah produk herbal yang telah teruji khasiatnya, terbuat dari ekstrak daun katuk, daun torbangun dan ekstrak ikan gabus. Aneka bahan berkualitas itu diracik dan diramu menjadi satu kemasan yang sangat baik bagi ibu menyusui.

Dampaknya sudah pasti ketercukupan ASI untuk buah hati. Baik itu secara kualitas maupun kuantitas. Dengan semua itu saya sebagai orang tua tentu tak perlu khawatir bila bocah kurang nutrisi.

Mengenal Lebih Dekat Herba Asimor

Herba Asimor adalah salah satu produk herbal unggulan dari Dexa Medica. Solusi bagi para ibu menyusui untuk memastikan jumlah ASI yang ada dalam jumlah cukup.

Dengan 3 bahan utama kaya manfaat diatas seyogyanya suplemen ini bisa dikonsumsi secara teratur usai makan. Sangat disarankan untuk diminum 2 kali dalam satu hari.   

Sebagai alumni yang sukses memberikan asupan ASI maka disini setidaknya saya ingin berbagi informasi. Khususnya terkait tanda-tanda bahwa bayi memiliki ketercukupan asupan.

Maklum saja di usianya tersebut tidak mungkin kita bisa berdialog layaknya orang dewasa. Butuh pemahaman yang baik untuk memastikan bahwa buah hati benar-benar kenyang.

Jangan sampai salah persepsi karena itu akan berakibat fatal. Parahnya kita sebagai ibu yang kurang peka menduga anak kenyang padahal masih lapar.

Ciri-ciri Bayi Cukup ASI

Berdasar pengalaman dan diskusi dengan dokter maka saya berani menuliskan pengalaman ini. Mungkin satu dengan yang lain tidak akan sama persis. Tapi dalam keyakinan saya sebagai seorang ibu secara esensi tanda-tanda bayi cukup ASI tidak akan jauh beda.

1. Payudara Kosong

Tuhan itu maha baik dan tepat pastinya dimana akan dicukupkan rezeki bagi siapa saja. Tak terkecuali bagi bagi yang baru lahir.

Meski hanya mengkonsumsi ASI tapi dijamin tumbuh kembang tetap akan sempurna. Dan semua itu telah ada takarannya. Sama halnya bagi semua ibu menyusui dimana seusai memberikan ASI dan panyudara kosong maka itu tandanya bayi akan kenyang.

Setelah itu panyudara akan terisi kembali. Dalam kondisi normal hal ini akan terjadi secara terus menerus. Menjadi penting pula asupan bunda untuk cukup sehingga ASI dihasilkan pun melimpah.

2. Bayi Menelan

Naluri seorang ibu akan tahu kapan bayi benar-benar akan menelan atau tidak. Selain dengan naluri terdapat tanda-tanda yang jelas dimana bayi benar-benar menelan ASI. Selain dengan gerakan yang khas tentunya ada suara yang khas pula.

Apabila bayi tidak menelan dengan sempurna maka biasanya akan menghisap dengan cepat. Namun sayangnya tidak langsung ditelan. Selain itu bisa jadi ia akan tiba-tiba berhenti.

3. Bayi Terlihat Puas

Bahasa verbal mungkin belum nampak tapi pastinya bahasa non verbal sudah pasti akan terlihat. Dimana ketika bayi kenyang maka ia akan terlihat puas.

Pun demikian saat tertidur maka ia akan terlihat pulas. Lain cerita bagi bayi yang kekurangan asupan maka yang akan muncul adalah rasa tidak nyaman. Dalam kondisi ini biasanya bayi akan rewel atau menangis.

4. Buang Air Teratur

Bukan hanya orang dewasa yang butuh buang air teratur. Bayi pun demikian, dimana bila ada yang masuk maka harus ada pula yang keluar.

Jumlahnya pun tidak harus sama satu dengan yang lainnya. Pastinya saat buang air diperhatikan apakah ada kelainan atau tidak. 

Cara paling mudah melihat air seni yang bening. Bila ternyata air tersebut keruh atau tidak sebagaimana mestinya maka ada baiknya konsultasi ke dokter. Tujuannya untuk memastikan bahwa buah hati baik-baik saja.  

5. Kenaikan Berat Badan Signifikan

Bayi bukanlah orang dewasa dimana ia mampu menjaga berat badan. Idealnya bayi akan terus bertumbuh setiap hari.

Oleh karena itu menjadi penting untuk memastikan kenaikan berat badan cukup signifikan. Jangan lupa gunakan form kontrol untuk mengecek tumbuh kembang bayi berjalan dengan baik atau tidak.

Dengan mengetahui ciri-ciri atau tanda bayi cukup ASI maka para orang tua tidak perlu khawatir berlebihan. Menjadi penting pula untuk siapkan Asimor selama masa perkembangan bayi. 


Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Bayi Cukup ASI"