Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memulai Investasi Bagi Pemula

cara mudah memulai investasi bagi pemula
shutterstock

Seringkali kita bingung tentang cara memulai investasi yang mudah, aman dan menguntungkan. Namun sejatinya saat ini tidaklah terlalu sulit bagi siapa saja untuk belajar tentang investasi dan memulainya.

Pun demikian bagi ibu rumah tangga dengan pendapatan yang tidak terlalu besar. Hal ini karena bukan berpatokan pada angka besar atau kecil tapi lebih pada strategi paling jitu.

Dengan teknik yang baik maka mereka yang miliki modal kecil pun bisa tumbuh dan berkembang menjadi sesuatu yang besar. Meski demikian tetap menjadi perhatian bahwa wawasan atau konsep dasar tentang investasi harus benar-benar dipahami.

Jangan asal meletakkan aset dan kemudian menyesal karena terjadi penurununa nilai yang signifikan. Atau dalam titik terendah benar-benar tidak ada harganya lagi.

Investasi sebagai Jalan Ninja

Saat ini banyak anak muda memilih investasi untuk mendapat penghasilan tanpa harus memeras keringat. Cukup duduk manis dan lakukan analisa dimana pergerakan yang cukup baik di masa yang akan datang.

Tak jarang mereka yang usianya di bawah 30 pun telah mendulang sukses dan bebas dari finansial. Paling penting jangan lihat apa yang ada saat ini tapi lebih pada proses yang mereka jalani.

Proses tiap orang pastinya berbeda-beda dan berliku-liku. Tapi dengan kemantapan hati dan pikiran semua itu bukan menjadi alasan karena goal utamanya adalah sukses atau berhasil.

Memulai Investasi bagi Pemula

Berbicara tentang sosok inspiratif tentang investor terbaik di dunia tentu tak akan lepas dari Warren Buffett. Siapa yang tak mengenal sosok yang satu ini dimana diusianya yang telah menginjak 90 tahun kiprahnya dalam bidang investasi tak perlu diragukan.

Beliau bisa hebat seperti ini pun bukan proses yang instan. Dimana selama puluhan tahun Warren Buffet terus belajar untuk menjadi investor yang baik.

Paling penting dalam dunia investasi ternyata bukan hanya membeli “saham atau aset.” Lebih penting dari itu semua ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi bagi pemula antara lain:

1. Perencanaan yang Matang

Perencanaan itu harus komprehensif dimana harus bisa berpikir jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dengan demikian apa yang telah dikeluarkan akan terus bertumbuh.

Kini ada berbagai tools yang digunakan untuk mempelajari seluk beluk investasi. Tak jarang dengan mudah pun kita akan menemukan dummy atau simulasi dan hal ini pasti akan membuat semua lebih terukur.

2. Pilih Produk yang Sesuai

Selanjutnya setelah melakukan perencanaan pilih produk yang sesuai. Jangan tergiur dengan keuntungan besar semata tapi ada baiknya produk benar-benar harus dikuasai.

Tidak harus dikuasai dalam arti ekspert tapi seyogyanya memahami berbagai kemungkinan yang akan timbul. Nilai biasanya akan dipengaruhi oleh beberapa faktor semisal ekonomi dan politik.

3. Atur Dana yang akan Diinvestasikan

Tak kalah penting adalah berpikir berapa dana yang akan dialokasikan untuk investasi. Jangan semua pendapatan diinvestasikan tapi ada baiknya membuat pos untuk masing-masing kebutuhan.

Mengatur dana yang tepat membuat hidup lebih terjamin dimana bisa memenuhi kebutuhan untuk kehidupan saat ini. Dan pastinya tetap berpikir jauh ke depan.

Dengan memahami beberapa hal diatas tentu akan memudahkan siapa saja yang merasa newbe atau pemain baru untuk memulai investasi. Jadikan investasi sebagai bagian dari gaya hidup dengan demikian kalaupun gagal atau sukses itu menjadi bagian dari proses.

Hal lain yang harus dicermati setelah memahami seluk beluk pastinya adalah memulai. Jangan hanya teori semata tanpa pernah praktek karena terjun langsung adalah guru terbaik 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memulai Investasi Bagi Pemula"