Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Tetap Sehat di Masa Pandemi

Perilaku hidup bersih menjadi kata kunci bagi siapa saja yang tidak ingin terpapar Corona Virus. Namun faktanya tidak semua orang mampu melakukan cara mudah tetap sehat ini.

perilaku hidup bersih dan sehat
linamuryani.com

Yang nampak justru perilaku tidak sehat dan asal-asalan. Wajar kemudian bila virus yang telah masuk ke tanah air sejak setahun lalu ini tidak kunjung usai.

Bagai bom waktu dimana kita hanya menunggu, kapan terpapar dan kemudian berupaya untuk sembuh. Beruntung bagi mereka yang memiliki imunitas cukup baik.

Lain cerita bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit kronis. Bisa jadi bila tidak mendapat perawatan segera maka tidak bisa diselamatkan.

Cara Mudah Tetap Sehat Versi Ibu Rumah Tangga

Semua orang pastinya memiliki trik atau cara mudah tetap sehat. Pun demikian saya sebagai ibu rumah tangga.

Ada cara-cara sederhana yang bisa diterapkan. Selain untuk melindungi diri sendiri pastinya juga melindungi orang-orang sekitar.

Dan berikut cara mudah menjaga kesehatan yang bisa dilakukan:

1. Rajin Cuci Tangan dengan Sabun

Menjadi menarik pastinya, ternyata virus yang melanda seluruh dunia ini akan mati begitu terkena sabun. Oleh karena itu cara ini menjadi yang paling mudah untuk dilakukan.

Biaya atau ongkos untuk kegiatan ini juga relatif mudah. Gunakan sabun cair agar virus tidak berpindah tangan melalui sabun batangan. 

Cuci tangan minimal 20 detik dan pastikan semua bagian terkena sabun dengan sempurna. Tidak ada celah yang membuat tangan tidak terkena sabun.

2. Gunakan Masker

Selain rajin cuci tangan setiap orang juga wajib mengenakan masker. Baik mereka yang sehat atau pun sakit karena kita tidak tahu droplet akan berpindah tempat.

Buka masker bila sedang tidak ada orang dan memang dirasa perlu. Selain itu pastikan masker tetap steril. Kalau menggunakan masker medis maka setidaknya 4 jam sekali diganti.

3. Jaga Jarak Hindari Kerumunan

Jaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang yang tidak kenal dan kita tidak tahu riwayat orang tersebut. Banyak kasus ditemukan mereka yang menjadi perantara cukup kuat secara imunitas.

Namun sayangnya, orang sekitar tidak memiliki imunitas yang sama dan bisa mudah terserang. Dalam kondisi badan tidak fit maka tubuh akan cepat drop.

Saat bepergian sebisa mungkin tidak menggunakan transportasi umum. Lebih aman pakai sepeda daripada menggunakan bus atau kereta yang di dalamnya lalu lalang orang tidak dikenal.

4. Siap Sedia Hand Sanitizer

Dulu bisa dikatakan benda yang satu ini cukup mewah tapi kini tidak lagi. Dimana di dalam tas semua orang bisa jadi akan ditemukan.

Sebagai alternatif ketika tidak ada sabun maka gunakan handsanitazer untuk membunuh kuman. Gunakan sesaat sebelum makan dan seusai beraktifitas dan menyentuh benda-benda asing.

5. Jaga Kebersihan

Bukan hanya untuk mencegah corona virus, menjaga kebersihan juga mengamankan dari aneka virus dan kuman yang ada. Dengan memastikan lingkungan tetap bersih maka hal-hal tersebut besar kemungkinan tidak akan ada.

Siapkan tempat sampah khusus, bila tidak ada bisa menggunakan kardus atau plastik kresek. Jangan sampai sampah berserakan dan menjadi sumber penyakit.

6. Hindari Menyentuh Wajah

Virus paling mudah masuk lewat mulut dan hidung. Menjadi penting kemudian tangan yang bisa saja menyentuh berbagai benda untuk tidak menyentuh wajah.

Kalau harus menyentuh gunakan tisu sekali pakai dan buang di tempat sampah. Selain sabun dan handsanitazer, saat ini tisu juga menjadi kebutuhan pokok

7. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Jaga kesehatan tubuh dengan tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang. Jangan pernah menunda makan karena itu akan membuat tubuh lemah.

Kualitas dan kandungan gizi juga harus diperhatikan. Jangan sampai semua makanan masuk ke dalam perut dan ternyata kaya akan zat kimia berbahaya.

8. Jaga Aktivitas Fisik

Jangan lupa lakukan aktivitas fisik meski kecil. Khusus bagi mereka yang kerja kantoran pun demikian. Jangan sampai kerja dan kerja hingga melupakan bila tubuh perlu digerakkan.

Saat akhir pekan gunakan waktu untuk olahraga kecil. Tidak perlu pergi jauh, jalan kaki, lari kecil di sekitar rumah pun cukup.

9. Kelola Stress

Berdasar cerita kawan-kawan penyintas salah satu untuk bisa bertahan dari virus mematikan ini adalah mengelola stres. Jangan sampai rasa tidak nyaman ini muncul karena akan menurunkan sistem imunitas.

Banyak hal mudah bisa dilakukan untuk mengelola stres semisal dengan olahraga, membaca, nonton drama, atau pun berkebun. Pilih satu cara paling mudah dan menyenangkan untuk mengelola stres sehingga tidak muncul.

10. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Kita tidak pernah tahu dimana virus ini berada. Satu cara yang paling mudah untuk tindakan pencegahan sudah pasti menghindari satu bahan digunakan oleh beberapa orang sekaligus.

Jadikan barang pribadi hanya untuk diri sendiri. Sebisa mungkin jangan sekali-kali menggunakan barang orang lain demi keamanan bersama.

Mudah dan pasti bisa bukan, yuk mari lakukan 10 cara mudah tetap sehat di masa 

Posting Komentar untuk "10 Cara Mudah Tetap Sehat di Masa Pandemi"