Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Perempuan sebagai Tonggak Bebaskan Langkah Berani

Belum lama ini, atau tepatnya tanggal 8 Maret beberapa waktu lalu kita merayakan Hari Perempuan Indonesia. Tak hanya itu saja ternyata pada tanggal yang sama juga diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia.

hari [erempuan fwd insurance
fwd.co.id

Tak mau kalah saya pun turut merayakan hari bersejarah itu bersama FWD Insurance. Ada banyak hal dilakukan selama satu hari tersebut.

Meski dilakukan secara virtual tapi tetap saja tidak mengurangi esensi dari perayaan Hari Perempuan Indonesia tersebut. Dimana kita sebagai kaum perempuan untuk bisa memberikan kontribusi lebih dan nyata tanpa meninggalkan kodrat sebagai seorang ibu bagi anak dan istri bagi suami.

Bukan lagi hanya berkutat pada urusan dapur, sumur dan kasur. Lebih dari itu kini kita bisa menemukan para perempuan yang berbicara dikancah nasional hingga internasional.

Mengenal Apa itu Hari Perempuan

Hari Perempuan Indonesia diperingati pada waktu yang sama dengan Hari Perempuan Sedunia / Internasional. Dimana dalam hari tersebut ada satu gerakan atau perjuangan yang sama untuk memperoleh gender, peran serta, profesi dan lain-lain.

Dimana dulu hal itu bisa saja hanya milik kaum pria. Tapi kini tidak lagi, kesempatan terbuka sama lebarnya bagi perempuan yang memiliki kompetensi. Tak ada lagi dinding pemisah dimana laki-laki dan perempuan bisa duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.

Perjuangan akan kesetaraan ini telah lama diperjuangkan oleh para perempuan di seluruh dunia. Khusus di dalam negeri pasti kita pernah mendengar nama RA Kartini, Dewi Sartika, Rasuna Said, Maria Walanda Maramis.

Selain itu di era modern ini pun ada nama-nama perempuan hebat yang sering muncul di media masa. Sebut saja Najwa Shihab, Merry Riana, Susi Pujiastuti, Sri Mulyani dan masih banyak lagi.

Mereka mampu hadir dan bersaing dengan kaum ada sama baiknya. Bahkan kiprahnya tak bisa dipandang sebelah mata untuk negeri ini.

Baca juga: Hidup Lebih Tenang, Finansial Aman dengan FWD Cancer Protection 

FWD Insurance Hadirkan Para Perempuan Hebat

Dan kebetulan beberapa waktu lalu saya mengikuti Women’s Gathering yang diselenggarakan FWD Insurance. Dimana mereka pun memiliki para perempuan hebat yang bisa menduduki posisi atas.

Sebut saja Maika Randini selaku Chief Marketing Officer FWD Insurance, Maria Magdalena sebagai Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan FWD Insurance. Selain itu masih ada Indrayana Agustsaputra selaku Chief Bancassurance Officer FWD Insurance, dan Carol Mary Quertier sebagai Chief of Operations Officer FWD Insurance.

Mereka ini, 4 wanita hebat ini pun masih bisa berperan sebagai seorang istri bagi suami dan ibu bagi anak-anak mereka. Namun demikian kiprahnya dalam dunia asuransi tidak bisa dipandang sebelah mata.

Mereka ini ketika di kantor pastinya menjadi sosok yang disegani. Namun ketika berada di rumah jangan salah, mereka tetap bisa berperan seperti perempuan yang lain.

Ada yang hobi main sama kucing, ada hobi yang suka berkebun dan bercocok tanam. Jabatan tinggi tidak membuat mereka lupa akan kodratnya dan semua itu bisa ditunaikan sama baiknya.

FWD Insurance sendiri adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik sekaligus pelopor asuransi jiwa berbasis digital di tanah air.Dan mereka ini sangat suport untuk terciptanya kesetaraan gender, keberagaman dan inklusi bagi kaum perempuan.

Bertepatan dengan hari perempuan tersebut maka lahirlah #FWDCommunity Ladies Talk yang mengusung tema Women Empower Women. Komunitas ini tak lain adalah wadah bagi para perempuan guna memberdayakan dan mendukung satu sama lain.

Banyak hal menarik bisa ditemukan dalam instagram FWD Insurance dimana mereka memberikan informasi dan edukasi lengkap untuk kaum perempuan.

Tujuannya bagaimana sesama perempuan bisa saling suport dan “terus maju” di tengah pandemi. Selain itu mereka akan mengajak seluruh perempuan untuk tumbuh dan berkembang melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan.

Topik bahasan yang akan dihadirkan pun cukup banyak mulai dari literasi finansial, karir, kesehatan mental, wirausaha, dan lain-lain. Semua topik tersebut pastinya akan sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan dimasa yang akan datang. 

Kita pun Bisa, Sama Seperti Mereka 

Saya percaya setiap perempuan itu hebat, tak terkecuali mereka dan saya yang sebatas ibu rumah tangga. Meski hanya berperan diranah domestik tapi sumbangsih kami untuk keluarga tiada batas.

Kami, para ibu rumah tangga justru bekerja jauh lebih lama daripada mereka yang bekerja di kantor. Kami yang ada di sektor keluarga justru harus lebih bisa multi tasking dimana semua pekerjaan akan kami selesaikan.

Bebaskan langkah berani dan semua harus bisa kita selesaikan. Meski dalam keterbatasan bukan alasan untuk kemudian menyerah.

Mulai dari masak, mencuci, belanja, atur keuangan, mengajar anak dan masih banyak lagi. Beruntung saya pribadi meski hanya sebatas ibu rumah tangga memiliki passion untuk terus menulis.

Dari menulis ini pun saya bisa berekspresi, bercerita akan banyak hal. Semua yang ada dan terbersit di kepala bisa saya tuangkan di blog.

Dan cara ini membuat hati dan pikiran tenang karena ada jalur untuk menuangkan kegelisahan. Selain itu pastinya untuk mendapat sejumlah rupiah dari kegiatan sampingan ini.

Posting Komentar untuk "Hari Perempuan sebagai Tonggak Bebaskan Langkah Berani"