Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibu Rumah Tangga pun bisa Lho Main Investasi Valuta Asing Tapi Pahami ini Dulu

Kemajuan teknologi membuat siapa saja bisa tetap produktif. Pun demikian bagi para ibu rumah tangga dimana mereka bisa melakukan investasi valuta asing. Tidak cukup hanya memahami perbedaan kurs jual dan kurs beli saja tapi masih ada hal lain yang harus dipahami.

investasi valuta asing
pixabay.com

Dengan mengetahui konsep-konsep berikut maka setidaknya tidak akan kaget meski terjadi fluktuatif dalam dunia valas. Mereka yang tidak siap dan tidak paham bisa jadi akan rugi bandar.

Untuk memberi sedikit informasi bagi para pemula khususnya ibu rumah tangga yang akan main valuta asing maka tak ada salahnya untuk memahami seluk beluknya.

Dan berikut dasar-dasar investasi valuta asing yang harus dimengerti:

1.Perbedaan kurs jual dan kurs beli

Satu hal yang bisa jadi akan membuat terkejut adalah adanya perbedaan nilai atau kurs saat akan membeli dan menjual mata uang asing. Untuk menghitung nilai kurs ini kita akan memperhatikan nilai mata uang satu negara dari sisi bank

Semisal ada sejumlah rupiah yang ingin ditukar dalam bentuk dollar Amerika. Maka yang harus diperhatikan sudah pasti nilai kurs jual. Kurs jual akan menjadi patokan harga yang dipakai bank saat akan menjual mata uang.

Sebaliknya bila kita ingin menukar uang dollar kita untuk dijadikan rupiah. Maka yang harus diperhatikan adalah kurs beli. Nilai kurs beli yang dijadikan patokan bagi bank untuk membeli mata uang dollar.

2. Pelajari pola investasi mata uang

Dalam hal apapun aturan main ataupun pola sudah pasti menjadi acuan bagi siapa saja untuk bermain agar tidak kalah. Pun demikian dalam hal investasi mata uang asing.

Dimana kita pun juga harus paham tentang pola atau aturan main investasi mata uang asing. Bila tidak memahami sudah pasti kita akan kedodoran dan kalah karena hal paling basic pun tidak dipahami.

Paling basic sudah pasti adalah tentang bagaimana kita bisa memperoleh keuntungan. Semisal saat kita membeli dollar dengan harga Rp 14.100,- maka tidak mungkin akan kita lepas dibawah angka itu bukan.

Terlihat sederhana tapi bagi mereka yang tidak paham bisa jadi sangat rumit. Oleh karena itu saat bermain valuta asing pun dibutuhkan modal yang tak sedikit.

3. Perhatikan kondisi uang

Seringkali kita melihat mata uang kita lecek dan terlipat. Lain cerita bila melihat mata uang asing dimana tak ada satupun mata yang yang kondisinya memprihatinkan.

Simpan uang tersebut dalam kondisi yang aman dan baik. Pastikan tidak lembab dan tidak ada hewan pengerat yang akan merusak bentuknya.

Khusus untuk dollar jangan simpan terlalu lama karena ternyata bisa berubah warna. Uang yang sudah tidak sesuai bisa jadi tidak akan mudah diterima oleh bank.

4. Jangan menahan uang terlalu lama

Mendapat nilai tukar lebih tinggi itu pasti tapi jangan pula menunggu terlalu lama. Hal ini karena kita pastinya juga butuh cashflow untuk kehidupan sehari-hari.

Lain cerita bagi mereka yang memiliki uang sangat banyak dan menahan terlalu lama pun tak ada masalah. Pilih waktu terbaik dan pantau dengan seksama, bila dirasa untung maka saatnya lepas.

5. Waspada saat memilih jenis investasi

Investasi mata uang asing terlihat mudah dan sederhana tapi perhatikan pula berbagai kemungkinan yang bisa saja muncul. Selain cara ini pelajari cara lain pula supaya ada alternatif investasi yang paling aman dan mudah.

Investasi lain yang bisa dipilih antara lain reksa dana, obligasi, saham dan lain-lain. Setiap investasi pasti ada risikonya dan sedari awal sudah harus petakan berbagai kemungkinan yang akan terjadi.

6. Pilih tempat jual beli mata uang terpercaya

Mata uang asing ini bisa di dapat di bank ataupun money changer. Sebelum memutuskan akan menjual atau membeli dimana perhatikan plus minusnya.

Jangan sampai asal-asalan dan kemudian kita akan menyesal kemudian. Cek track record mereka apakah amanah atau tidak. Bila tidak bisa jadi nilai ditawarkan tidak kompetitif.

7. Cek 3 harga nilai kurs

Satu rumus dalam hal apapun itu senantiasa saya terapkan dimana cek 3 harga itu menjadi kebutuhan. Jangan kan mau beli atau jual valuta asing, mau beli cabai pun pastinya saya cek 3 harga terlebih dahulu.

Catat kontak person dari masing-masing tempat dan lakukan negosiasi sebaik mungkin. Bila sudah dapat harga terbaik segera lakukan eksekusi karena perubahan nilai valas akan berubah sangat cepat. 

8. Pahami jenis dan kelebihan tiap mata uang

Bermain valas itu bukan melulu tentang dollar Amerika. Masih ada banyak mata asing bisa menjadi pilihan semisal dollar Singapura, Yen Jepang dan lain-lain.

Dengan memahami ini pastinya kita akan lebih tenang dalam berinvestasi tanpa takut tiba-tiba harga runtuh.

9. Nilai kurs fluktuatif

Sejatinya mereka yang investasi valas ini adalah orang-orang yang mengandalkan ketidakpastian. Disatu sisi menakutkan tapi disisi lain memberi peluang untuk mendapat lebih.

Nilai kurs ini sendiri akan dipengaruhi oleh banyak hal semisal kebijakan pemerintah, politik, bencana dan lain-lain.

10. Tentukan target

Paling utama dari itu semua adalah menentukan target. Sebenarnya apa yang ingin didapat dan waktunya kapan. Bila pertanyaan paling basic ini tidak terjawab sudah pasti agenda investasi valuta asing tidak akan jelas.

Investasi menjadi cara paling digandrungi, khususnya para milenial yang melihat sebuah peluang tanpa harus banting tulang. Namun demikian perhitungan matang dan pamahaman akan cara main harus dikuasai.

Posting Komentar untuk "Ibu Rumah Tangga pun bisa Lho Main Investasi Valuta Asing Tapi Pahami ini Dulu"