Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Hilangkan Mual pada Ibu Hamil

Mual bagi orang hamil adalah satu hal yang lumrah. Dan bagi saya begini hilangkan mual ketika hamil. Tak perlu pakai obat atau bahan kimia, cukup menggunakan apa yang ada di sekitar dan selesai.



Cara-cara sederhana hilangkan mual ini saya dapat dari beberapa kawan yang lebih dulu hamil. Selain itu pastinya dari ibu, baik itu ibu kandung maupun ibu mertua.

Mereka sering cerita bahwa mual bukanlah hal aneh dan harus disikapi dengan bijak. Atau kalau kata suami cukup nikmati saja dan saatnya nanti selesai tinggal cerita.

Dan benar saja menurut informasi yang saya dapat dari Mayo Clinic pun demikian. Dimana rasa mual yang muncul pada saat hamil lebih dikarenakan adanya perubahan hormonal.

Terutama pada hormon estrogen dan progesteron. Selebihnya pada masing-masing individu bisa berbeda-beda. Rasa tidak nyaman ini biasanya terasa kuat pada 3 bulan pertama kehamilan dan setelah itu berangsur hilang.

Cara Hilangkan Mual pada Ibu Hamil

Kembali pada apa yang dituturkan para senior dalam arti mereka yang pernah hamil. Ternyata setidaknya ada 5 cara hilangkan mual pada ibu hamil.

Cara-cara ini bisa dipilih sebagai alternatif. Dengan demikian ibu hamil bisa menyesuaikan lebih nyaman dengan cara mana.

Jangan dipaksakan bila tidak nyaman karena bisa jadi akan menimbulkan masalah lainnya. Dan berikut cara hilangkan mual pada ibu hamil:

1. Cukup Istirahat

Hal pertama yang bisa dilakukan saat rasa mual itu muncul tentu saja beristirahat. Rasa ini akan muncul biasanya setelah melakukan aktivitas berat atau dalam rentang waktu lama.

Jangankan mereka yang hamil, perempuan biasa pun bila kurang istirahat hampir bisa dipastikan akan merasa tidak nyaman.

2. Jaga Cairan Tubuh

Dehidrasi adalah satu kondisi yang tidak baik dan perlu diwaspadai. Terutama pada ibu hamil dimana dalam tubuhnya kini terdapat 2 nyawa.

Jaga cairan tubuh untuk senantiasa tercukupi. Cukup minum air putih saja tanpa perasa atau pemanis karena hal ini akan menimbulkan masalah lainnya.

Bila tidak suka minum air maka sebagai alternatif untuk rajin makan buah kaya serat dan air. Saat ini cukup banyak dan mudah bagi kita untuk menemukan buah yang baik untuk tubuh.

3. Konsumsi Jahe 

Jahe bukan hanya menghangatkan tapi juga sangat baik untuk tubuh. Saat ini pun cukup banyak kita temukan aneka olahan yang mengandung jahe.

Tidak perlu ribet atau butuh perlakukan khusus. Bahkan kini begitu mudah ditemukan minuman yang kaya akan kandungan jahe dan kita tinggal minum.

4. Akupresur 

Cara lain yang biasa dipilih bagi ibu hamil untuk mendapat kondisi nyaman tentu saja dengan akupresur. Teknik pijat ini banyak dipilih karena selain memberi rasa nyaman pada tubuh juga hilangkan rasa mual.

Ada banyak klinik atau tempat bagi ibu hamil untuk mendapat treatment khusus ini. Konsultasikan dengan mereka bila kurang sesuai untuk mendapat hasil optimal.

5. Minum Susu Formula Khusus Ibu Hamil

Terakhir cara ampuh yang bisa dipilih dengan mengkonsumsi susu bagi ibu hamil. Saat ini ada susu yang diproduksi khusus bagi ibu hamil dimana kandungannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Rasa yang ada pun tetap enak dengan demikian tidak akan menimbulkan rasa enek. Lain cerita bila harus mengkonsumsi susu pada umumnya yang kurang sesuai.

Selain cara-cara diatas bisa jadi tiap orang akan menemukan solusi atau jawaban untuk cara hilangkan mual pada ibu hamil.

Selamat mencoba 

Posting Komentar untuk "5 Cara Hilangkan Mual pada Ibu Hamil"