Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Bau Mulut Praktis Murah Meriah

Kita meski saat ini senantiasa memakai masker sebagai akibat adanya pademi tapi tetap saja bau mulut harus diperhatikan. Jangan sampai abai dan kemudian rasa percaya diri itu raib. Oleh karena itu tiap-tiap individu harus miliki cara mengatasi bau mulut.

mengatasi bau mulut
istock

Ada banyak cara mengatasi bau mulut dari yang paling praktis murah meriah hingga yang memakan biaya cukup besar. Namun demikian karena saya hanyalah ibu rumah tangga maka saya hanya akan berbagi cerita atau cara mengatasi bau mulut praktis murah meriah. 

Sebelum membahas tentang trik atau cara mengatasi bau mulut ada baiknya kita tahu sebenarnya apa penyebab bau mulut itu sendiri. Jangan sampai gagal paham dan kemudian kita akan salah treatment. 

Penyebab Bau Mulut yang Sering Dijumpai

Pada umumnya bau mulut timbul karena pola seseorang baik itu dalam gaya hidup maupun konsumsi makanan sehari-hari. Secara sederhana penyebab bau mulut setidaknya ada 7 antara lain:

1. Makanan atau Minuman

Mereka yang terbiasa makan pete, jengkol atau “beton” pastinya tak asing dengan bau yang kemudian ditinggalkan. Tak ingin ini terjadi maka kurangi konsumsi aneka makanan yang meninggalkan bau tak sedap tersebut.

Selain itu ada juga minuman yang menimbulkan bau tak sedap. Paling mudah sebagai contoh tentu saja minuman keras. Selain tidak baik untuk kesehatan jenis minuman ini juga akan tinggalkan bau khas yang bikin tidak nyaman.

2. Kebersihan Mulut Kurang Terjaga

Pada sebagian orang bau mulut itu tercipta karena abai dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Mereka yang hanya hobi makan dan tidak merawat dengan baik hampir bisa dipastikan mencipta bau tak sedap.

Sisa makanan yang menempel pada gigi dan tertinggal di mulut harus dibersihkan dengan segera. Terutama mereka yang suka mengkonsumsi makanan yang mudah lengket semisal coklat harus mendapat perhatian ekstra.

3. Infeksi Mulut

Pada sebagian orang ditemukan bahwa bau mulut terjadi karena infeksi mulut. Hal ini biasanya terjadi pada mereka seusai menjalani operasi gigi dan atau cabut gigi.

Bila kondisi ini terjadi segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat tindakan. Jangan sampai ternyata bukan hanya bau mulut saja tapi ada efek lain yang perlu diwaspadai.

4. Mulut Kering

Baik tubuh maupun mulut harus dijaga tetap basah. Terlebih mereka yang miliki masalah mulut kering atau xerostomia maka harus lebih banyak minum air putih.

Bila tidak maka hampir bisa dipastikan akan membuat mulut bau.Mulut kering ini bisa disebabkan oleh beberapa hal dan paling banyak dialami mereka yang tidur dan mulut “mangap.”

5. Rokok

Rokok bagi penikmat tentu sesuatu yang bikin ketagihan. Tapi secara tidak langsung mereka akan membuat mulut berbau.

Menjadi penting kemudian untuk meninggalkan kebiasaan tidak baik ini. Selain membakar uang dengan merokok sama saja merusak kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Mudah

Bila kita sudah tahu penyebabnya maka dengan mudah kita akan menemukan cara mengatasi bau mulut. Cara-cara ini membutuhkan konsistensi yang mana harus dilakukan setiap hari.

Begitu kita abai dan tidak melakukan maka besar kemungkinan bau mulut akan muncul kembali. Dan berikut cara mudah mengatasi bau mulut:

1. Rajin Gosok Gigi

Satu cara paling mudah dan efektif untuk mengatas bau mulut sudah pasti dengan rajin membersihkan atau gosok gigi. Lakukan secara teratur minimal 2 kali di pagi dan malam hari.

Bila ingin optimal gunakan pasta gigi yang miliki kandungan fluoride yang baik untuk gigi dan gusi. Selain itu tak ada salahnya untuk menyiapkan odol dan sikat dalam tas dan 4 jam sekali gosok gigi. 

2. Penuhi Cairan Tubuh

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu penyebab bau mulut adalah mulut kering. Oleh karena itu pastinya penuhi cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas dalam satu hari.

Selain itu sewaktu tidur jaga agar mulut tidak terbuka. Mungkin cara ini lumayan susah karena tidur itu satu kondisi di bawah alam sadar tapi tidak ada salahnya untuk mencoba. 

3. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan berbau menyengat harap mendapat perhatian khusus. Bila memang tahu akan menimbulkan bau tidak sedap maka kurangi.

Atau usai menikmatinya lakukan treatment khusus. Paling mudah dan praktis tentu dengan gosok gigi dan kumur pakai cairan khusus.

4. Hentikan Kebiasaan Buruk

Minum minuman keras dan merokok bukanlah kebiasaan yang baik. Selain merusak kesehatan pastinya juga bikin bau mulut.

Tak ingin berlarut-larut maka hentikan segera dan lakukan gaya hidup sehat. Kini ada banyak cara untuk menghentikan kebiasaan buruk itu dan cara paling mudah dengan rajin berolahraga dan melakukan kegiatan produktif lainnya.

5. Kunjungi Dokter Gigi

Bila cara-cara diatas belum bisa mengatasi bau mulut maka ada baiknya untuk ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan konsultasi akan ditemukan akar masalah dan solusi terbaik yang bisa diambil.

Namun pada mayoritas orang cukup gosok gigi secara teratur bisa menjadi cara mengatasi bau mulut yang aman, mudah dan praktis.

Posting Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Bau Mulut Praktis Murah Meriah"