Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tugas Perkembangan Anak PAUD

Tugas perkembangan adalah suatu tugas yang ada pada suatu periode tertentu di kehidupan seseorang. Tugas ini harus diselesaikan dan dikuasai secara individu karena akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian perkembangan di masa perkembangan berikutnya.

tugas perkembangan anak paud
abhiraj jurnalistika

Pun demikian pada anak-anak pun ada tugas-tugas perkembangan yang harus diselesaikan. Mereka yang gagal menunaikan tugas perkembangan ini bisa jadi tumbuh kembangnya tidak akan optimal.

Anak-anak yang akan masuk prasekolah pun demikian adanya. Dimana ada tugas perkembangan anak PAUD yang harus diselesaikan anak-anak pada usia 3 hingga 6 tahun.

Baca juga: Persiapan Masuk Taman Kanak-Kanak

Tugas Perkembangan Anak PAUD

Di setiap masa perkembangan seseorang, terdapat berbagai tugas perkembangan yang wajib dikuasai termasuk dalam usia anak-anak. Adapun tugas perkembangan anak PAUD menurut J.W. Lilienthal dan Carolyn Tryon antara lain :

1. Berkembang menjadi pribadi mandiri

Setiap anak perlu belajar agar berkembang menjadi pribadi yang memiliki rasa tanggung jawab. Selain itu juga dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri berdasarkan tingkat perkembangannya di usia PAUD.

2. Belajar untuk saling memberi, berbagi serta mendapatkan kasih sayang

Di masa PAUD anak belajar untuk bisa hidup di dalam lingkungan yang luas, bukan hanya sekedar di lingkungan keluarga. Di masa ini, anak akan belajar untuk bisa saling berbagi, memberi dan mendapatkan kasih sayang dari lingkungan.

3. Belajar bergaul bersama anak lain

Anak usia PAUD belajar mengembangkan kemampuan mereka agar bisa bergaul serta berinteraksi dengan orang lain di dalam lingkungan selain lingkungan keluarga. Lingkungan teman sebaya tentunya akan di dapat saat anak berada di kelas PAUD.

4. Mengembangkan pengendalian diri

Di masa usia PAUD, anak belajar cara bertingkah laku yang benar sesuai tuntutan lingkungan mereka. Anak belajar agar mampu mengendalikan diri mereka dalam berhubungan dengan pihak lain. 

Di masa ini mereka juga harus menyadari bahwa apapun yang mereka lakukan akan memicu konsekuensi dan harus mereka hadapi. Mengajarkan untuk tidak mudah marah dan ingin memiliki apa yang orang lain miliki adalah sebuah keharusan.

5. Belajar berbagai peran orang di masyarakat

Anak usia dini belajar bahwa di dalam kehidupan bermasyarakat terdapat banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan untuk menghasilkan sesuatu dan memenuhi kebutuhan. Misalnya, seorang dokter bertugas mengobati orang sakit, polisi bertugas mengatur lalu lintas dan sebagainya.

6. Belajar mengenal tubuh

Tugas perkembangan anak PAUD berikutnya adalah mengenal berbagai anggota tubuh, fungsinya serta penggunaannya. Misalnya telinga untuk mendengar, mulut untuk bicara dan lainnya.

7. Belajar menguasai keterampilan motorik kasar dan halus

Anak usia dini belajar mengkoordinasikan otot-otot dalam tubuh mereka, baik otot halus atau otot kasar. Aktivitas yang memerlukan koordinasi dari otot kasar misalnya melompat, berlari, menangkap bola, menendang dan sebagainya. 

Adapun aktivitas yang memerlukan koordinasi dari otot halus misalnya menggambar, melipat dan lainnya. Kegiatan ini harus banyak dilatih baik selama di rumah maupun di kelas.

8. Belajar memahami lingkungan fisik serta bagaimana mengendalikannya

Di masa usia dini anak diharapkan mampu mengenal berbagai benda yang terdapat di sekitar lingkungan serta bisa memanfaatkannya secara tepat. Misalnya, mereka belajar tentang ciri-ciri benda sesuai bentuk, ukuran dan warnanya. 

Disamping itu, anak bisa membandingkan antara satu benda dan benda yang lain sesuai ciri yang dimiliki oleh benda tersebut.

9. Belajar menguasai berbagai kata baru

Anak bertugas untuk belajar berbagai kata baru yang berkaitan dengan berbagai benda di sekitar mereka serta berinteraksi dengan lingkungan. Misalnya anak bisa menyebutkan nama benda maupun mengajak teman mereka untuk bermain dan lainnya.

10. Mengembangkan perasaan yang positif saat berhubungan dengan lingkungan

Di masa usia PAUD anak belajar untuk mengembangkan perasaan kasih sayang pada apa saja yang terdapat di lingkungannya, misalnya saudara, teman sebaya, binatang kesayangan maupun benda yang dimiliki.

Penutup

Tugas-tugas perkembangan anak PAUD ini bukan hanya menjadi tugas dari guru saja. Lebih dari itu peran aktif orang tua sangat dinantikan.

Demikian beberapa tugas perkembangan anak PAUD yang sebaiknya diketahui baik untuk guru dan juga orang tua. Pada dasarnya setiap anak akan selalu mengalami perkembangan. 

Maka dari itu, sebagai pendidik kita harus mampu menyesuaikan tugas-tugas pada periode perkembangan anak ini. Hal ini bertujuan supaya proses pembelajaran akan dapat berjalan secara efektif dan efisien. 

Posting Komentar untuk "10 Tugas Perkembangan Anak PAUD"