Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Skincare yang Baik dan Aman

Beberapa kurun waktu terakhir dunia kecantikan tengah naik daun sebab semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya merawat kecantikan wajah. Banyak merk skincare berlomba untuk melakukan inovasi terbaik mereka demi menghasilkan produk terbaik. 

tips memilih skincare
pixabay.com

Tidak sedikit masyarakat yang membeli skincare karena mengikuti trend tanpa melakukan review sendiri. Padahal komposisi yang tidak cocok di kulit bisa beresiko pada kerusakan wajah. 

Tips Memilih Skincare yang Baik dan Aman 

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk membaca komposisi skincare sebelum memutuskan untuk membelinya. Sebab banyak produk terkenal yang nyatanya mengandung bahan berbahaya untuk kulit. 

Baca juga: Cara Mudah Mencegah Musk Acne

Agar anda tidak salah pilih, berikut ini kami berikan tips memilih skincare yang baik dan aman.

1. Menyesuaikan dengan jenis kulit

Tips memilih skincare ini sangat mendasar dan penting untuk diterapkan. Tanpa mengetahui jenis atau tipe kulit wajah anda, maka akan sulit bagi anda dalam menentukan skincare yang cocok. 

Terdapat 3 jenis kulit wajah yang umumnya dimiliki oleh wanita Indonesai, yakni kering, normal dan berminyak. Apabila ragu, anda dapat memastikan kondisi kulit ke klinik atau dokter kecantikan.

2. Memperhatikan izin produk

Salah satu kategori produk skincare yang aman yaitu sudah lulus uji serta terdaftar di BPOM. Anda perlu mengingat bahwa izin BPOM memiliki sifat unik bagi satu produk bukan brand. 

Dengan demikian, sangat mungkin bila terdapat produk dalam suatu brand yang masih diproses atau bahkan belum diproses izinnya.

Selain mempunyai legalitas jelas, produk skincare yang aman umumnya juga informatif tentang produknya, misalnya memberitahukan dimana lokasi produksi atau nama dokter kecantikan yang meraciknya.

3. Membaca komposisi skincare

Walaupun akan sedikit membingungkan di awal, namun mencari tahu komposisi skincare ini sangat penting untuk diterapkan. Sangat banyak formula yang tidak kita sadari ternyata sangat berbahaya untuk wajah. 

Berikut ini beberapa bahan yang diklaim mudah mengakibatkan iritasi dan peradangan pada kulit :

Fragrance atau pewangi

Siapa sangka produk kosmetik yang wangi umumnya tidak baik untuk wajah? Produk skincare dengan pewangi yang mengandung senyawa sintesis dan alkohol bisa mengakibatkan alergi hingga perubahan pada hormon.

SLS (Sodium Lauryl Sulfate)

Ternyata kandungan SLS ini banyak ditemukan pada sabun, sampo, pasta gigi, obat kumur dan juga foundation. Efek pemakaian SLS pada tubuh yaitu sariawan, iritasi kulit, gangguan keseimbangan minyak dan jerawat.

Paraben

Hampir semua produk kosmetik memiliki kandungan paraben. Misalnya pada pelembab, make up, sabun cuci muka, sampo dan juga gel cukur. Pemakaian paraben dalam jangka yang panjang bisa memicu resiko kanker payudara serta mengganggu kesuburan.

Phthalates

Sama seperti paraben, kandungan phthalates umumnya terdapat di dalam berbagai produk kecantikan seperti lotion, parfum, cat kuku dan hair spray yang bisa memicu kanker payudara. Untuk produk anak-anak, phthalates menjadi kandungan yang dilarang untuk digunakan sebab sangat berbahaya.

Baca juga: Hal-hal Sederhana yang Bikin Cantik dari Dalam Kian Terpancar

4. Menghindari produk yang memberikan hasil instan

Orang yang ingin mempunyai wajah cerah banyak mengambil jalan instan yang sebenarnya salah. Karena produk kosmetik yang bagus dan aman memerlukan waktu cukup panjang agar kulit bisa membaik dengan alami. 

Disamping itu, skincare yang aman tentu tidak akan mengakibatkan ketergantungan atau efek samping jika anda berhenti memakainya.

Itulah beberapa tips memilih skincare yang baik dan aman yang sebaiknya anda terapkan saat ingin membeli skincare. Dengan skincare yang aman tentu bukan hanya kecantikan anda yang terpancar, namun kesehatan tubuh anda juga akan terjaga. 

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Skincare yang Baik dan Aman"