Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Lowongan Kerja Surabaya Palsu

Mencari lowongan pekerjaan di jaman sekarang bisa dikatakan susah-susah gampang. Apalagi, jika Anda tinggal dan mencari lowongan pekerjaan di kota-kota besar Indonesia, Surabaya contohnya.

lowongan kerja surabaya
surya.co.id

Di Surabaya, Anda pasti bisa dengan mudah menemukan berbagai macam lowongan pekerjaan.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya perusahaan serta industri yang mulai berdiri dan mengembangkan sayapnya di dunia karir. Maka tidak heran, jika banyak masyarakat dari luar kota yang rela menjadi perantau dan tinggal di Surabaya, untuk melamar pekerjaan secara langsung.

Selain datang secara langsung, lowongan kerja Surabaya juga bisa didapatkan dengan mudah melalui situs media online, seperti website maupun sosial media serta aplikasi pencari kerja.

Namun, perlu diingat bahwa kemudahan dalam mengakses  lowongan kerja Surabaya ini juga mempunyai dampak negatif, yakni rawan adanya lowongan pekerjaan yang palsu alias hoax.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kasus penipuan berkedok lowongan kerja.

Jika Anda sudah cukup lama berkecimpung di dunia karir, pasti Anda sudah bisa membedakan mana lowongan kerja asli dan palsu. Namun, jika Anda adalah seorang fresh graduate, dapat dipastikan Anda masih bingung dalam membedakannya.

Untuk membantu Anda dalam membedakan lowongan kerja yang asli dan palsu, berikut disajikan penjelasan mengenai ciri-ciri lowongan kerja Surabaya palsu yang harus Anda perhatikan:

Syarat Terlalu Mudah

Jangam mudah percaya ketika mendapatkan informasi lowongan kerja Surabaya yang syaratnya terlalu mudah atau bisa dikatakan semua orang bisa melakukannya. Apalagi, jika lowongan kerja tersebut menawarkan posisi tinggi, yang sebenarnya membutuhkan kualifikasi serta syarat-syarat khusus.

Umumnya, jika lowongan kerja tersebut benar-benar asli, pastinya perusahaan akan menuliskan syarat dan kualifikasi secara detail. Bahkan tidak jarang, perusahaan juga akan mencantumkan jobdesk serta nama posisi yang tersedia.

Gaji Tinggi untuk Posisi Biasa

Ciri lowongan kerja Surabaya yang kemungkinan besar hoax yakni adanya informasi mengenai gaji tinggi untuk posisi biasa seperti admin atau customer service misalnya.

Apalagi jika persyaratan menjadi admin dan cs tersebut terbilang mudah dan tidak mengharuskan karyawannya untuk mempunyai pengalaman sebelumnya.

Adanya informasi gaji tinggi seperti ini, memang sengaja digunakan untuk memancing para pelamar kerja agar mudah tergiur dan akhirnya bisa masuk ke jebakan para penipu. Jadi, Anda harus benar-benar teliti ya dalam membacanya.

Menggunakan Email Dengan Domain Gratis

Jika lowongan kerja Surabaya tersebut dari perusahaan yang asli, pasti akan menggunakan alamat email profesional yang berbayar.

Namun, jika Anda menemukan infromasi lowongan kerja yang menggunakan alamat domain gratis, Anda patut waspada. Contoh alamat email yang valid yakni menggunakan nama perusahaan (lowongan@perusahaan.com).

Sedangkan untuk alamat email yang kemungkinan itu palsu pasti menggunakan domain @yahoo.com, @gmail.com, @ymail.com, dan laim sebagainya.

Bahasa Tidak Profesional

Lowongan kerja Surabaya yang kemungkinan itu palsu juga bisa dilihat daru penggunaan bahasa yang tudak profesional.

Dari mulai adanya kesalahan atau kekurangan kata (typo) hingga penggunaan bahasa yang tidak formal dan terkesan asal-asalan dalam pembuatannya.

Idealnya, lowongan kerja dari perusahaan yang asli pasti menggunakan bahasa yang formal karena itu bisa menjadi cerminan identitas dan kualitas dari perusahaan tersebut.

Nah, itu dia 4 ciri lowongan kerja Surabaya yang kemungkinan besar adalah lowongan kerja palsu.

Dalam mencari dan memilih informasi, pastikan Anda membacanya dengan teliti terlebih dahulu, dan jika sudah menemukan tanda-tanda lowongan tersebut adalah lowongan palsu, disarankan Anda tidak usah meneruskan lamaran yang hendak Anda kirim

 

Posting Komentar untuk "4 Ciri Lowongan Kerja Surabaya Palsu"