Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pengajuan Pinjaman Dana UMKM KUR

KUR atau kredit usaha rakyat saat ini bisa menjadi pilihan bagi mereka, para pelaku usaha kecil untuk mendapatkan pinjaman dana. Khususnya bagi UMKM yang membutuhkan pinjaman dana yang aman dengan berbagai keunggulan.

pinjaman dana umkm kur
lampost.co
KUR tak lain merupakan kredit yang diberikan dari pemerintah yang disalurkan melalui bank baik itu milik pemerintah maupun non pemerintah. Perlu diketahui bahwa hanya bank tertentu saja yang dapat menyalurkan KUR.

Bank yang ditunjuk telah melalui serangkaian verifikasi. Dengan demikian tentu memberi rasa aman bagi mereka yang akan mengajukan pinjaman dana.

Beberapa bank yang bisa menjadi pilihan untuk mengajukan KUR antara lain Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, bank Sinarmas, Maybank, Bank Bukopin. Selain itu masih ada beberapa bank lain yang disudah bekerja sama dengan pemerintah.

Dalam praktiknya KUR yang ditawarkan bank memiliki beberapa jenis. Dan masing-masing jenis tentu memiliki rate atau bunga yang berbeda-beda.

Oleh karena itu dalam prosesnya perlu memperhatikan beberapa hal. Dengan demikian dalam pengajuan pinjaman dana UMKM perlu disesuaikan dengan kebutuhan.

Pastikan untuk memilih jenis KUR yang tepat dengan syarat yang mudah dipenuhi dan juga mempunyai plafon, tenor, dan suku bunga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan untuk baru kemudian mengajukan pinjaman KUR yang menguntungkan. 

Tahapan pengajuan pinjaman KUR itu sendiri biasanya melalui beberapa tahapan antara lain:

· Pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pengajuan KUR yang didapat dari bank yang dipilih.

· Selanjutnya, lengkapi dokumen persyaratan yang telah ditetapkan. Dokumen tersebut antara lain kartu identitas, bukti kepemilikan usaha dan dokumen pendukung lainnya.

· Jangan lupa lengkapi dokumen jaminan yang diperlukan. Biasanya berupa sertifikat rumah atau bukti kepemilikan kendaraan (BPKB) dan lainnya.

· Pihak bank akan melakukan serangkaian proses untuk melihat kelayakan calon nasabah. Penilaian ini untuk masing-masing bank akan memiliki waktu yang berbeda-beda.

· Penandatanganan perjanjian apabila pengajuan diterima dan selanjutnya pencairan.

· Pencairan hanya bisa dilakukan ke nomor rekening yang telah diberikan dan sebaiknya atas nama nasabah untuk memastikan dana masuk ke rekening yang benar.

Beberapa langkah di atas merupakan proses dalam pengajuan pinjaman dana UMKM jenis KUR dari pemerintah. Untuk syaratnya sendiri biasanya akan disesuaikan dengan jenis pinjaman yang diambil dari bank.

Plafon, tenor dan jenis pinjaman KUR biasanya akan memengaruhi syarat. Oleh karena itu menjadi penting untuk mengetahui apa saja syarat yang harus dipenuhi.

Posting Komentar untuk "Cara Pengajuan Pinjaman Dana UMKM KUR"