Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cegah Stunting Pada Anak dengan Aplikasi Monitoring Tumbuh Kembang Anak PrimaKu

Stunting masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Maklum saja, hingga kini masih menjadi momok bagi sebagian orang tua.

cegah stunting pada anak
linamuryani.com

Ketakutan anak tidak tumbuh normal atau tidak sebagaimana mestinya masih sering terjadi. Ditambah tidak semua orang tua tahu akan parameter pertumbuhan ideal bagi seorang anak.

Butuh satu alat yang bisa membantu para orang tua. Memastikan anak-anak mereka tumbuh dengan optimal.

Tidak hanya itu saja tapi juga harus bisa menjawab kebutuhan dikemudian hari. Hal-hal yang tidak terduga seminimal mungkin harus dihindari. Semisal panas, kejang hingga mencret berlebih. 

Bagi orang dewasa mungkin tak perlu khawatir karena tidak muncul efek dikemudian hari. Lain bagi anak-anak yang sedang berada di usia keemasan. Bisa jadi itu adalah tanda kemunduran dalam proses tumbuh kembang. 

Fakta Stunting di Tanah Air

webinar primaku
webinar primaku

Beberapa waktu lalu saya mengikuti webinar yang diselenggarakan PrimaKu. Dan dari situ saya menemukan beberapa data yang membuat saya cukup kaget.

Bayangkan, dari data yang ada di tahun 2020 diketahui bahwa tingkat prevelensi stunting di tanah air mencapai 27,67%. Dari sumber yang sama diketahui bahwa prosentase anak usia 12 hingga 23 bulan yang mendapat imunisasi dasar lengkap baru diangka 57,17%.

Artinya bila tidak dilakukan tindakan yang sifatnya strategis dan jangka panjang maka kasus stunting akan terus bermunculan. Sementara itu pemerintah menargetkan di 2024 angka stunting bisa ditahan diangka 14%.

Semua itu hanya akan berjalan dengan baik bila ada sinergi semua pihak. Baik itu pemerintah, swasta, stage holder terkait dan tentunya para orang tua itu sendiri.

PrimaKu, Aplikasi Monitoring Tumbuh Kembang Anak Terbaik

tampilan primaku
tampilan primaku

Beruntung, kini bagi para orang tua yang melek informasi maka mereka telah menemukan solusi untuk monitoring tumbuh kembang anak. Hal ini secara tidak langsung sebagai upaya cegah stunting pada anak. 

Satu alat yang senantiasa diperbarui guna menjawab kebutuhan dalam memantau tumbuh kembang anak. PrimaKu merupakan produk dari PT Cipta Medika Informasi. 

Hadir dengan berbagai fitur menarik dan kekinian sehingga mudah digunakan. Menjadi aplikasi wajib yang harus ada dalam smartphone khususnya bagi mereka yang miliki anak balita. 

Jangan korbankan masa depan anak gara-gara minim informasi.

Dalam upaya memberikan dukungan terbaik PrimaKu juga bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia. Dengan demikian apa yang ada dalam aplikasi telah sesuai dengan standar kesehatan anak.

Keunggulan PrimaKu

Sebagai aplikasi one stop solutions maka PrimaKu berkomitmen untuk memberikan dukungan terbaik guna tumbuh kembang anak-anak di Indonesia. Dan setidaknya aplikasi ini memiliki 5 keunggulan antara lain:

1. Grafik pertumbuhan dan perkembangan anak

tampilan grafik pertumbuhan dan perkembengan primaku
tampilan grafik pertumbuhan dan perkembengan primaku

Seringkali kita sebagai orang tua tak menyadari bila anak tumbuh dengan pesat. Khususnya diusia keemasan dimana seluruh organ tubuh harus berfungsi dengan optimal.

Tidak cukup hanya menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan saja. Lebih dari itu juga harus mengetahui lingkar kepala.

Pertumbuhan harus selaras ketiganya dan bila ada salah satu yang tidak optimal maka seyogyanya harus mendapat tindakan.

2. Imunisasi

tampilan imunusasi primaku
tampilan imunusasi primaku

Imunisasi menjadi upaya bagi para orang tua agar anaknya memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Namun menjadi pertanyaan selanjutnya apakah para orang tua sudah tahu paket imunisasi dasar yang harus didapat.

Selain itu dalam beberapa kasus anak juga harus disuntik imunisasi untuk mendapat kekebalan. Jangan sampai terlambat karena akibatnya akan sangat fatal.

Aplikasi PrimaKu ini juga bisa berfungsi sebagai reminder atau pengingat. Kapan harus imunisasi dan dimana mendapatkannya.

3. Konsultasi

tampilan konsultasi primaku
tampilan konsultasi primaku

Dulu miliki dokter pribadi tentu menjadi sebuah kemewahan. Namun kini tidak lagi dan berubah menjadi sebuah kewajaran.

Dimana pun, kapan pun kita sebagai orang tua bisa melakukan konsultasi atas apa yang terjadi. Bila menemukan satu kondisi yang tidak semestinya mak segera carikan solusi.

Dengan fitur ini maka kita akan merasa lebih tenang. Berbagai pertanyaan yang dulu tidak bisa terjawab oleh ahlinya kini sebuah keniscayaan.

4. Komunitas

tampilan komunitas primaku
tampilan komunitas primaku

Komunitas memberi kesempatan bagi kita untuk sharing akan banyak hal. Pun demikian dalam pola asuh anak yang tepat. 

Dengan PrimaKu maka bisa dipastikan kita akan mendapat teman satu frekuensi. Bisa jadi dari komunitas ini kita bisa belajar akan banyak hal.

Khususnya berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Bonus lainnya tentu saja kita akan bisa menambah jaringan.

5. Rekam Medis

tampilan rekam medis primaku
tampilan rekam medis primaku

Rekam medis yang terjadi pada diri seseorang bisa jadi hanya akan diketahui pihak dokter saja. Tapi kini dengan aplikasi ini maka kita akan mendapat rekam medis anak.

Mudah dibuka kapan pun dimana pun bila dibutuhkan. Khususnya dalam upaya memberikan treatment terbaik bila terjadi sesuatu.

PrimaKu sendiri saat ini bisa diakses baik melalui App Store maupun Play Store. Selain itu mereka juga memberikan informasi menarik bersifat edukatif di kanal instagram official.primaku.

Posting Komentar untuk "Cegah Stunting Pada Anak dengan Aplikasi Monitoring Tumbuh Kembang Anak PrimaKu"