Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Alasan Miliki Rumah Sendiri, No 1 Sesuatu Banget

Miliki rumah tentu saja adalah cita-cita setiap orang. Hal ini tak terlepas bahwa tempat tinggal menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagai manusia.

 

ilustrasi dalam rumah
pixabay.com

Apapun alasannya, berapapun ukurannya setiap keluarga harus miliki rumah. Kos boleh, ngontrak juga boleh tapi tidak disarankan untuk selamanya.

Ada baiknya mulai berpikir sedini mungkin untuk bagaimana kelak miliki tempat tinggal. Tidak harus mewah dan berukuran besar. Minimal layak huni untuk satu keluarga karena hampir seluruh waktu akan dihabiskan di dalam rumah.

Rumah adalah tujuan akhir setelah seharian beraktivitas. Dan bagi saya pribadi bersama suami yang memutuskan untuk bekerja dari rumah maka hal itu tentu harus menjadi prioritas.

Rumahku Surgaku

Benar kiranya apa yang sering kita dengar bahwa rumahku adalah surgaku. Yang mana dari rumah yang dimiliki kita bisa menciptakan “surga” kecil untuk seluruh anggota keluarga.

Terutama untuk si kecil anakku, V Abhiraj Jurnalistika. Dimana ia miliki ruang untuk mengekspresikan apa saja yang tengah bergejolak.

Dengan miliki rumah sendiri kita bisa juga menyeting sesuai dengan kebutuhan. Bila kita kos atau kontrak tentunya akan berpikir 2 kali untuk mengubah bentuk atau tampilan karena sadar itu bukan hal miliki kita

Ketika sudah tahu bahwa rumahku itu surgaku maka setidaknya saya miliki 9 alasan untuk mengatakan. Iya, saya harus miliki rumah apapun alasannya.

9 Alasan Miliki Rumah

1. Bisa Disulap Sesuai Keinginan

Jujur, baik saya dan suami ketika memutuskan untuk menjadi fulltime blogger sekaligus content creator maka rumah adalah satu kebutuhan wajib. Dimana kemudian kita bisa menyulap seluruh ruangan menjadi ruang foto.

Selain itu pastinya kita bisa menyiapkan satu sudut ruang untuk dijadikan miniatur studio. Bagi suami sendiri karena dia butuh ruang kerja khusus maka itu pun bisa direalisasikan sesuai dengan kebutuhan.

Kalau saja kami masih memutuskan untuk mengontrak, kos atau masih bersama orang tua hal itu tentu kurang realistis. Kalau ditanya bisa sih bisa hanya saja kurang optimal.

2. Motivasi Bekerja 

Rumah yang dibuat tanpa sponsor yang cukup biasanya cenderung minimalis. Asal jadi dan layak huni terlebih dahulu dan pelan-pelan dirapikan.

Hal ini tentu memaksa saya dan suami untuk terus kerja keras. Bisa jadi di awal kita fokus dibagian studio, depan rumah dan berturut-turut hingga rapi semua.

Bisa jadi ketika kita miliki mimpi rumah impian maka kerja sehari 8 jam seminggu 40 jam tidak akan cukup. Kalau perlu sehari kerja 12 jam dan seminggu 60 jam bukan.

3. Hidup Lebih Tenang 

Saat ini privasi tentu menjadi sebuah kebutuhan pokok. Terutama bagi kami yang harus bekerja di rumah tentu itu adalah sebuah keharusan.

Bisa bekerja dengan fokus, bisa membuat konten tanpa ada suara yang lain hanya akan terealisasi bila kita berada di rumah sendiri. Lain cerita bila kita masih tinggal bersama orang tua dan saudara-saudara yang lain.

Bisa jadi di dalamnya akan terdapat drama yang tidak perlu. Terlebih bila rumah dalam ukuran kecil yang bisa jadi segala suara akan muncul sewaktu-waktu.

4. Hidup Mandiri 

Hidup mandiri bukan hanya berkaitan dengan finansial atau pendapatan semata. Lebih dari itu adalah kebebasan dalam mengatur semua hal yang ada dalam diri kita.

Semisal contoh kecil bila kita miliki rumah sendiri mau masak apa juga mudah karena kita tahu siapa saja yang akan makan. Lain cerita bila belum berada dalam rumah sendiri dan masih ada anggota keluarga lainnya.

Tentu ketika kita akan masak pun harus berpikir ulang. Kira-kira apa saja yang disukai seluruh anggota keluarga supaya tidak muncul drama yang tidak perlu.

5. Miliki Kebanggaan

Bagus atau tidak, besar atau kecil rumah tetap menjadi surga bagi mereka yang ada di dalamnya. Terlebih bagi kita-kita yang suka berkreasi tentu dengan miliki rumah sendiri maka kita bisa menyulap sesuai keinginan dan secara tidak langsung itu adalah jati diri yang membanggakan.

Membuat sebuah rumah juga bukan hal mudah karena dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan siapapun yang berani memutuskan untuk membuat rumah maka secara tidak langsung ia sedang membangun mimpi menjadi kenyataan.

Bukan hanya kita saja yang bangga tapi orang tua kita. Mereka telah yakin bahwa anaknya telah cukup dewasa dan memiliki kemampuan yang baik dalam hal finansisal.

6. Lebih Untung daripada Kontrak

Hampir semua orang untuk sampai pada level miliki rumah miliki kecenderungan mereka pernah kos atau kontrak. Bukan hal tabu tentunya karena kos atau kontrak tidak butuh biaya besar.

Namun bila berpikir jangka panjang kos atau kontrak bukanlah solusi sebenarnya. Hal ini karena tidak membuat kita miliki aset yang kemudian bisa berpindah tangan.

Bayangkan bila dalam satu bulan kita kontrak rumah senilai Rp 1 juta dan bila itu terus bertahan hingga 20 tahun ke depan. Maka uang yang akan kita gelontorkan adalah Rp 240 juta dan itu cukup untuk modal bikin rumah.  

7. Harga Terus Naik 

Alasan lain yang paling realistis secara kapital tentu saja harga properti akan terus naik. Tidak ada dalam sejarah harga properti mengalami penurunan kecuali dalam kondisi force major.

Tak tanggung-tanggung kenaikan itu bisa jadi dalam beberapa bulan bukan tahunan. Dengan demikian miliki rumah adalah investasi terbaik dan tercerdas.

Lihat saja rumah di kawasan lumayan elit yang 5 tahun lalu harganya dikisaran Rp 200 jutaan. Dan saat ini harganya bisa jadi melambung hampir 2 kali lipat dari harga awal.

8. Investasi Murah 

Lain dengan kebanyakan orang, bagi seorang content creator rumah adalah instrumen investasi yang paling nyata. Daripada kita harus datang ke studio atau tempat-tempat tertentu untuk membuat sebuah konten maka kita bisa memanfaatkan apa yang ada.

Tinggal kasih sentuhan dan rapikan sesuai kebutuhan maka spot foto kece pun akan tercipta. Jangan takut untuk mengeksplorasi dan menciptakan kesan berbeda karena itu adalah aset pribadi.

9. Warisan untuk Anak

Sebagai orang tua tentu kita berkeingan memberikan yang terbaik untuk anak. Salah satunya tentu saja rumah yang layak huni ketika kita sudah tidak ada.

Tetap menjadi surga bagi mereka sehingga mereka betah hingga kemudian menciptakan rumah rumah mereka sendiri. Setidaknya kita tidak perlu takut kalau kita tidak ada dan mereka bisa hidup nyaman bukan.

Rekomendasi Perumahan Terbaik di Tangerang

Khusus buat kamu yang tinggal di Tangerang dan ingin mendapatkan rumah terbaik maka datanglah ke Citra Maja Raya. Berada di salah satu kawasan terbaik dan miliki konsep kekinian sesuai dengan kebutuhan zaman.

Berada di dekat Stasiun Maja memberikan kemudahan atau akses ke arah ibu kota. Harga ditawarkan pun cukup murah di angka Rp 200 jutaan.

Mereka yang bergaji UMR Jakarta, Tangerang pun bisa mendapat kesempatan untuk miliki rumah impian ini. Saatnya ambil kesempatan terbaik ini sebelum bulan depan mengalami kenaikan.

Posting Komentar untuk "9 Alasan Miliki Rumah Sendiri, No 1 Sesuatu Banget"