Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Intip Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Secara Alami

Cara Menurunkan Berat Badan - Berat badan memang menjadi masalah setiap orang. Bukan rahasia lagi, apabila orang-orang akan pusing jika berat badannya naik. 

cara menurunkan berat badan
linamuryani.com

Mereka akan merasa kurang percaya diri ketika berat badan naik atau malah justru berlebihan. Berkurangnya kepercayaan diri ini berkaitan dengan penampilan tubuh yang kurang ideal.

Siapa pun orang di dunia ini, menginginkan tubuh yang ideal. Sehingga berbagai cara akan ditempuh untuk menghasilkan tubuh yang ideal. 

Mulai dari berolah raga secara konsisten atau diet intents setiap hari. Cara-cara itu menjadi cara favorit sekaligus menjadi cara yang berat untuk dilakukan. Karena apa, mana ada orang yang bisa tahan dengan godaan makanan enak. 

Apakah ada cara lain selain dua cara itu untuk menurunkan berat badan? Tentu saja ada. 

Dan cara ini akan membuatmu lebih semangat lagi untuk menurunkan berat badanmu. Selain kedua cara tersebut. Ada cara menurutkan berat badan secara alami yang bisa kamu coba.

Cara ini lebih enak dari kedua cara tersebut, kamu tidak perlu diet terlalu keras dan membatasi makanan-makanan favoritmu. Penasaran pasti dengan caranya? 

Gampang banget lho caranya. Kamu tidak perlu panduan dari orang-orang agar berhasil diet. Dengan membaca beberapa cara ini lalu diterapkan, maka berat badanmu akan turun dengan sendiri. 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Pandemi

1. Wajib Sarapan

Dosa besar orang-orang yang diet adalah meninggalkan sarapan. Kebanyakan orang berpikir bahwa sarapan akan membuat berat badan naik. 

Pikiran itu seharusnya cepat-cepat dihilangkan. Dan pola tidak sarapan saat hendak menurunkan berat badan juga harus diubah. Semua itu salah kaprah. 

Sarapan ini wajib dilakukan buat orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Karena apa, makanan yang dimakan pada pagi hari akan dengan mudah terbakar menjadi sebuah energi, dibandingkan dengan makan pada waktu lain seperti siang atau malam hari. 

Selain mudah terbakar menjadi energi, sarapan juga akan meningkatkan perfomamu untuk menjalankan aktivitas seharian.

Sarapan ini wajib dilakukan juga karena untuk menghindari balas dendam ketika makan di siang hari. Bukan menuduh tanpa bukti, kita sering menemukan beberapa orang membalas rasa lapar akibat lupa sarapan saat makan siang. 

Mereka akan menambah porsi makan siang dua kali lipat. Alasannya sih untuk makan pagi dan makan siang. 

2. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Berbagai manfaat akan kamu dapat ketika meminum air putih sepanjang hari. Dan yang paling bagus adalah ketika kamu bangun tidur. 

Hal ini karena tubuh mengalami dehidrasi setelah kamu tidur kurang lebih 8 jam. Dehidrasi setelah tidur ini terasa seperti lapar, perutmu akan bunyi dan sebagainya. 

Sebenarnya yang harus kamu lakukan saat terjadi hal tersebut adalah meminum air putih, bukannya makan. Dengan meminum air putih, kamu dapat mengontrol apa yang akan masuk perutmu seharian. Sehingga jauhi makan saat bangun tidur agar dapat mengontrol tubuh ini. 

Tahukah kamu, meminum air putih setengah liter akan meningkatkan pembakaran hampir kurang lebih 30% selama satu jam berikutnya. Hal ini dapat menunda rasa lapar kamu dan kamu bisa makan hanya beberapa kali saja dalam sehari. 

Selain itu, meminum air putih dengan takaran sesuai anjuran dokter, akan membersihkan tubuh dari lemak-lemak jahat dan penyakit lainnya. Hayo biasakan minum air putih ya.

3. Meningkatkan Makanan yang Mengandung Protein

Cara menurunkan berat badan selanjutnya dengan rajin mengonsumsi protein. Kandungan kaya manfaat ini juga mampu menurunkan berat badan. Protein mengandung nutrisi yang bisa kamu andalkan untuk mengelola rasa laparmu.  

Saat mencerna protein, tubuhmu malah membakar kalori di dalamnya sehingga dapat meningkatkan metabolisme hingga 100 kalori setiap harinya. 

Dengan makan makanan yang tinggi protein, perutmu akan merasa lebih kenyang dan otomatis akan dengan mudah mengurangi nafsu makanmu. Sebelum mengetahui informasi ini, tentunya kamu pernah membayangkan makanan apa yang sekali makan langsung kenyang sehingga tidak perlu makan lagi. 

Nah jawaban untuk pertanyaan atau angan-anganmu itu sederhana, makanan yang mengandung banyak protein. Hanya dengan sekali makan, kamu akan merasa kenyang. 

4. Bersahabat dengan Telur

Berbicara soal makanan yang mengandung protein tinggi, kita tidak perlu jauh-jauh. Karena telur ayam yang sering kita makan merupakan salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. 

Untuk menurunkan berat badan, kamu perlu bersahabat dengan telur. Setiap pagi usahakan makan telur untuk mengurangi rasa lapar seharian nanti. 

Kalau tidak percaya, kamu boleh mengeceknya langsung dengan melihat angka timbangan setelah melakukan hal ini dalam delapan minggu. 

Jika kamu alergi dengan telur, sebaiknya memakan telur secukupnya. Alergi telur memang tidak menyenangkan. 

Acapkali kebanyakan makan sedikit saja, wajah atau salah satu bagian tubuh lainnya akan bentol-bentol. Bukannya menjadi pemecah masalah, mengonsumsi telur berlebihan malah menjadi masalah baru buat orang yang alergi. 

5. Memakai Piring Kecil

Ketika makan menggunakan piring yang besar, porsi yang cukup pun tampak sedikit. Sehingga mau tidak mau, orang tersebut akan menambah porsinya. 

Hal ini berbanding terbalik dengan orang yang memakai piring kecil untuk makan. Porsi yang dikategorikan sedikit, tampak terlihat penuh. 

Dari peristiwa tersebut, kamu dapat mengambil maknanya. Bahwasanya banyak atau tidaknya makan tergantung jejak otak kita merekam. 

Jika kita terbiasa dengan menggunakan piring besar, maka menambah porsi merupakan hal yang wajar. Berbeda dengan piring kecil, kamu dapat mengurangi porsinya karena sedikit saja makanan sudah dapat memenuhi piring. 

Dengan pembiasaan tersebut, kamu akan terbiasa makan porsi sedikit. Perut yang harus menampungnya 3 menjadi hanya menampung 1.

6. Istirahat yang Cukup

Cara menurunkan berat badan yang cukup menyenangkan sudah pasti cukup tidur. Ideal waktu tidur itu sekitar 6-8 jam dalam satu hari. 

Adanya hal itu membuat orang-orang disarankan untuk tidur dengan durasi yang ideal. Selain untuk menjaga stamina, tidur dalam waktu yang ideal, dapat membantumu menurunkan berat badan. Tidur malam dapat menghindarkan kamu dari makan malam yang berbahaya. 

Selain itu, tidur selama 8 jam sudah cukup untuk mengembalikan tenaga dan membangkitkan kualitas perfomanya. Jika demikian, makan pun menjadi teratur karena tenaga yang harus dikeluarkan sudah sebanding.

Berbeda lagi kalau kamu tidur kurang dari 6 jam. Energi yang dibutuhkan tubuh jauh lebih besar. Karena energi dan tenaga yang sudah habis, belum cukup terpenuhi. 

Hal inilah yang memicu tubuh untuk makan dalam porsi yang tidak kontrol. 

7. Hindari Stres

Stres bukan hanya menyebabkan orang tidak mau makan. Stres juga bisa menyebabkan orang lebih suka makan. 

Hal itu disebabkan karena stres dapat memompa kortisol yang fungsinya meningkatkan nafsu makan. Dan buat kamu yang bertipe suka makan kalau stres, berhati-hatilah. 

Alangkah baiknya kamu luapkan dengan mencari kesibukan hingga kamu dapat melupakan masalah yang bikin kamu stres. Dengan begitu, dietmu akan berjalan lancar. 

Nah itulah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami. Patut dicoba buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara yang mudah. 

 

Posting Komentar untuk "Intip Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat Secara Alami"