Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memilih Pinjaman Bank yang Aman dan Terpercaya

Pinjaman Bank Tanpa Jaminan - Bagi mereka yang memiliki usaha tentu pendanaan menjadi satu hal yang penting. Bagai darah segar yang mengalir dalam tubuh, dana yang masuk bisa digunakan untuk menjalankan operasional usaha.


pinjaman bank tanpa jaminan
pixabay.com

Pinjaman bank tanpa jaminan ini paling mudah kita temui dalam bentuk KTA (kredit tanpa jaminan), Kartu Kredit dan ada sebagian yang dalam bentuk KUR atau Kredit Usaha Rakyat. 


Nominalnya pun variatif, mulai dari satu jutaan hingga dengan ratusan juta. Semua itu tergantung dari kredit skoring yang diberikan bank sebagai pemberi kredit.


Tidak mudah memang untuk mendapat pinjaman bank tanpa jaminan. Tapi itu bukan berarti tidak mungkin.


Terlebih saat ini dimana pemerintah melalui bank yang ada memberi kelonggaran bagi pelaku usaha atau UMKM. Berbagai kemudahan dan fasilitas menarik coba ditawarkan.


Menjadi penting kemudian bagi para calon pengguna fasilitas pinjaman bank tanpa jaminan ini tahu betul apa yang harus diperhatikan. Selain itu tentu dokumen apa yang harus disiapkan untuk mendapat persetujuan. 


Selama kita tahu ketentuan atau syarat pinjaman bank tanpa jaminan dan bisa penuhi itu semua bukan tidak mungkin jutaan dana segar masuk ke rekening.


Tips Memilih Pinjaman Bank Tanpa Jaminan


Beberapa hal basic berikut ini harus dipahami. Agar tidak terjadi miss komunikasi atau merasa dipersulit oleh pihak pemberi pinjaman dalam hal ini pihak perbankan. 


Setiap bank tentu memiliki aturan-aturan yang bisa jadi satu sama lain akan ada sedikit perbedaan. Namun mereka pastinya akan merujuk aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Mereka yang tidak sesuai ketentuan bisa saja akan langsung terkena pinalty dan paling apes tentu dicabut izin usahanya. Dengan demikian kita sebagai para calon nasabah pun tidak perlu khawatir karena pemerintah membuat regulasi yang jelas untuk menjaga dan melindungi kedua belah pihak.


1. Atur Plafon Kredit Sesuai Kemampuan


Hal pertama yang harus kita pahami tentu saja harus lihat kemampuan. Jangan mentang-mentang tanpa jaminan kemudian ambil angka tertinggi.


Pihak bank pun pastinya akan memberikan pinjaman sesuai dengan estimasi yang mereka dapat berdasar rekomendasi analisa kredit. Hampir tidak mungkin bila skor kredit rendah diberi plafon tinggi.


Sebaliknya, mereka yang memiliki track record baik dan secara SLIK atau BI Checking aman pastinya akan diberi plafon yang lebih tinggi. Pastikan pula dana yang ada digunakan untuk kegiatan produktif sehingga kolektibilitas kita aman.


2. Pilih Proses Cepat


Hal kedua yang harus diperhatikan tentu saja proses cepat diberikan pihak perbankan. Apalagi bila dana tersebut digunakan untuk operasional dan harus ada dengan segera. Bila tidak bisa jadi operasional usaha akan terganggu.


Kabar baiknya kini banyak pihak lembaga perbankan yang berlomba-lomba menawarkan kecepatan. Meski demikian tanpa kita sadari mereka tetap melakukan prinsip kehati-hatian. 


3. Pahami Syarat dan Ketentuan


Benar OJK telah menetapkan syarat-syarat untuk mereka yang ingin mengajukan pinjaman. Aturan baik itu syarat maupun ketentuan juga tertuang dengan detail.


Syarat dan ketentuan ini ada yang sifatnya wajib dan optional dan pilihan. Kita sebagai calon nasabah pun harus pintar menempatkan diri agar bisa memenuhi semua ketentuan tersebut.


4. Dokumen Fleksibel


Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, dokumen itu ada yang sifatnya wajib dan optional. Menariknya dari pihak bank pun tidak saklek dan bisa digunakan dokumen pendukung lainnya.


Dokumen utama yang bisa jadi tidak tergantikan hanyalah KTP, NPWP dan KK. Selain itu bisa disesuaikan dengan karakteristik profesi calon nasabah.


5. Pilih Bank Terpercaya


Paling penting yang terakhir tentu saja hanya melalui bank terpercaya. Jangan salah pilih karena bisa jadi kita akan terjerumus utang dengan bunga besar tanpa pengawasan OJK.


Mereka ini adalah bank yang tunduk dan patuh akan segala kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah. Dengan demikian tidak ada nanti masalah di kemudian hari karena salah memilih tempat pengajuan kredit.


OK Bank sebagai Solusi Dana Cepat


OK Bank
OK Bank

Diantara sekian banyak bank yang ada saat ini tentu saja ada nama OK Bank. Di mana bank ini miliki rekam jejak panjang. 


Hadir sejak puluhan tahun silam dan saat ini dikelola oleh para profesional di bidangnya. Bank yang sebelumnya bernama Bank Dinar Indonesia ini telah diakuisisi APRO yang tak lain adalah institusi keuangan besar dari Korea Selatan. 


OK Bank menyediakan pinjaman juga, membuka simpanan yang variatif. Semua bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi saat ini.

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Pinjaman Bank yang Aman dan Terpercaya"