Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Zumba, Olahraga Praktis yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kita semua pasti sudah tahu dengan apa itu zumba. Salah satu olahraga yang sedang populer dan cukup banyak diminati ini pun kian berkembang.

zumba olahraga praktis yang bisa dilakukan di rumah
theverge.com

Kini banyak diantara mereka yang sebelumnya mengikuti zumba class di gym mulai beralih berlatih di rumah. Pandemi menjadi salah satu alasan utama kenapa senam kebugaran ini tidak lagi bisa dilakukan secara masal.

Namun sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya tahu sedikit tentang sejarah dan seluk beluk di dalamnya.

Sejarah dan Asal Usul Zumba

IMG_256

Indianaexpress.com


Usut punya usut, zumba tergolong olahraga yang masih baru. Hal ini karena baru diperkenalkan pada 1998 silam oleh Alberto “Beto” Perez.


Ia merupakan salah satu penari dan koreografer asal Kolombia. Awal mulanya pun karena satu kejadian tak sengaja. Dimana Beto lupa membawa kaset untuk kelas aerobik. 


Sebagai ganti maka Beto menggunakan musik dansa latin dan mengajak peserta untuk menari. Tarian ini sebelumnya bernama "Rumbacize." 


Berasal dari kata rumba (bahasa Spanyol, berarti pesta dan variasi tarian) dan Jazzercize. Namun demikian lebih populer dengan nama Zumba karena tarian ini diperkenalkan Zumba Fitness dimana Beto mengajar.


Setelah itu gerakan dan musik yang ada pun makin variatif. Dan dikutip dari laman Wikipedia, pada tahun 2015 zumba telah dimainkan di 186 negara dengan peserta tak kurang dari 14 juta.


Saat ini setidaknya koreografi Zumba terdiri 16 langkah utama. Mulai dari 4 ritme dasar (salsa, reggaeton, merengue dan cumbia) dan masing-masing ritme setidaknya memiliki 4 langkah utama.

Manfaat Zumba

IMG_256

Freepik.com


Dengan jumlah yang terus bertambah hampir bisa dipastikan olahraga ini menjadi salah satu yang digandrungi. Bukan hanya gerakannya yang mudah diikuti dan mengasikan semata.


Lebih dari itu ternyata mampu membakar kalori dengan efektif. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa dengan menari zumba setidaknya dalam satu jam mampu membakar kalori dari 300 hingga 900kcal.


Tak hanya itu saja, ada manfaat lain yang ditemukan bagi mereka yang rutin olahraga zumba. Mulai dari menurunkan potensi terkena serangan jantung.


Mengurangi tekanan darah, mengontrol kolestrol dalam tubuh hingga meningkatkan kekebalan daya tahan dalam tubuh. Selain itu pastinya ada banyak manfaat lain yang dirasakan.

Tak Ada Gym Rumah pun Jadi

STRONGBEE

Linamuryani.com


Bagi mereka yang rutin zumba di gym tentu akan tersiksa bila tidak melakukan kegiatan ini. Setidaknya zumba sangat baik untuk tubuh bila dilakukan dalam 2 hingga 3 kali dalam satu minggu.Pandemi bisa saja akan mulai berakhir. Namun bila tidak ingin ambil risiko ada baiknya lakukan kegiatan baik ini di rumah saja.


Alhasil rumah pun menjadi opsi terbaik. Selain tidak perlu keluar biaya banyak pastinya ada alasan keamanan di dalamnya.


Cukup siapkan space yang ada, baik itu di teras, ruang depan, kamar tidur hingga tempat di manapun yang sekiranya memungkinkan. Tidak perlu luas karena zumba itu salah satu olahraga yang fleksibel.


Kita bisa melakukan zumba bersama dengan teman-teman yang lain secara virtual. Cukup sediakan smartphone dan zumba di rumah pun bisa dimulai.


Terlalu lama zumba sendiri maka biasanya kegelisahan lain muncul, dimana zumba yang dilakukan secara bersama-sama akan lebih meriah menjadi hening bila sendiri. Serasa sayur kurang garam tentunya.


Dan untuk mengurangi rasa sepi itu ada baiknya ikut zumba class secara online. Dimana kita akan merasa lebih nyaman karena tak sendiri lagi.


Hanya saja satu peserta dengan peserta lain dipisahkan jarak. Namun lain cerita dimana saat ini di sebagian kota telah melakukan pelanggaran. Hal ini setidaknya terlihat dari dicopotnya rambu-rambu jaga jarak.


Saatnya Beralih ke STRONGBEE

WhatsApp Image 2022-04-22 at 08.59.02


Kini tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengikuti kelas online zumba. Tidak perlu repot-repot karena telah ada aplikasi STRONGBEE.


Dimana aplikasi ini membantu siapa saja untuk menemukan kelas online terbaik. Kelas online yang akan membantu kita menemukan performa terbaik sesuai dengan keinginan awal mengikuti kelas zumba.Sangat praktis dan mudah dilakukan.


Dengan demikian dimanapun kita berada bisa berlatih zumba sama serunya. Tak hanya itu saja, dengan STRONGBEE kita juga bisa menemukan trainer maupun tempat gym zumba terdekat.


Tak hanya itu saja tapi berbagai trainer dan tempat olahraga apapun akan bisa ditemukan. Ada banyak pilihan fitur di Aplikasi STRONGBEE, diantaranya: classes, gym/studios, trainers, events, courts & pools, for raffles, mental health, dan physiotherapy. Sedangkan kelas yang bisa dipilih, yaitu: martial art, poundfit, yoga, zumba class, dan barre. 


Cukup instal dan nyalakan lokasi maka kita tinggal pilih. Kelak akan berlatih dengan siapa dan dimana. Bagaimana user bisa melakukan banyak hal. Terutama dalam menentukan trainer yang diinginkan. 


Menarik bukan dan pastikan sekarang juga untuk install STRONGBEE di smartphone kita.


Posting Komentar untuk "Zumba, Olahraga Praktis yang Bisa Dilakukan di Rumah"