Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Keuntungan Rumah Menghadap ke Timur

Dalam memilih rumah, diperlukan kehati-hatian yang tinggi. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah. Bentuk rumah, jumlah lantai, desain interior dalam rumah, letaknya, dan masih banyak lagi. 

rumah menghadap timur
gettyimages.com

Bagi sebagian orang, arah mata angin kemana rumah menghadap juga menjadi pertimbangan. Beberapa orang menginginkan rumah dengan yang menghadap ke arah dimana mereka bisa mendapatkan sinar matahari yang banyak. 

Jika anda menginginkan sinar matahari alami di pagi hari, maka rumah yang menghadap ke arah timur cocok untuk anda. 

Berikut 3 Keuntungan Rumah Menghadap ke Timur

1. Mendapat sinar matahari pagi

Salah satu keuntungan memiliki rumah yang menghadap ke timur adalah bisa mendapatkan paparan sinar matahari pagi secara langsung. Sinar matahari pagi yang sehat dapat masuk ke dalam rumah dan menciptakan energi positif.

Dengan sinar matahari pagi yang masuk secara langsung, anda tidak perlu susah untuk mencari cahaya di dalam rumah. Dengan begitu, anda juga bisa lebih menghemat listrik karena tidak perlu menyalakan lampu di siang hari. 

Selain itu, tentu akan menyenangkan jika bangun di pagi hari dengan melihat matahari terbit dari jendela.

2. Tanaman dapat tumbuh subur

Masih berkaitan dengan mendapat sinar matahari pagi secara langsung, tanaman yang ditempatkan di teras rumah yang menghadap timur dapat tumbuh dengan subur dan sehat.

Matahari pagi tidak hanya baik untuk kesehatan manusia, tetapi juga baik untuk tanaman. Selain itu, tanaman yang subur juga dapat mempercantik tampilan luar, karena pertumbuhannya juga akan lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang tidak mendapatkan sinar matahari secara cukup.

3. Tidak terpapar sinar matahari terik

Meski mendapat sinar matahari pagi secara langsung karena menghadap ke timur, rumah justru tidak terpapar sinar matahari ketika sedang terik di siang hari. Kebalikan dengan rumah menghadap barat yang mendapatkan sinar matahari terik.

Ini juga menguntungkan bagi rumah yang menghadap timur karena cat rumah bertahan lebih lama. Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat merusak cat rumah. Dengan memiliki rumah yang menghadap timur, anda tidak perlu sering mengecat ulang.

Tips Menurut Feng Shui

Feng Shui menjadi panduan dalam menata rumah bagi sebagian orang. Feng Shui dipercaya memiliki tips yang dapat membawa keuntungan untuk rumah.

Sebagian orang percaya bahwa feng Shui biasanya menganggap arah rumah ke utara atau selatan memiliki kaitan dengan hal yang baik. Sedangkan yang mengarah ke timur justru membawa energi negatif dan bahkan dikenal sebagai pintu setan. Arah timur dipercaya tidak terjamah energi positif.

Akan tetapi, rumah yang menghadap ke arah timur tidak selalu berarti buruk. Berikut beberapa tips menurut feng shui untuk rumah yang menghadap ke arah timur.

1. Fokus kepada energi Yang pada rumah

Energi Yang adalah energi yang aktif. Pada feng shui, energi ini berfokus pada suara, warna, cahaya, dan energi yang meningkat. Dengan berfokus pada energi Yang yang aktif, anda dapat menggunakan warna-warna feng shui untuk rumah anda, seperti pada pintu rumah.

Pintu rumah dianggap sebagai mulut rumah anda, sehingga warna pintu dapat memiliki peran penting dalam menarik keberuntungan dan kemakmuran. Menurut kepercayaan feng shui, tidak sembarang warna dapat digunakan untuk rumah anda.

Jadi, anda perlu hati-hati dalam memutuskan warna mana yang akan anda gunakan. Jangan gunakan warna yang terlihat merusak atau melemahkan. Anda dapat menggunakan warna-warna seperti hijau emerald, hijau fern, hijau shamrock, hijau tanaman, olive, sandy, camel, atau macaroon.

2. Pertimbangkan arah Sheng Qi

Sheng Qi atau kekayaan biasanya berada di poin utama rumah atau di depan rumah. Jika pintu depan anda berada di samping, maka sheng qi bisa berada di tempat itu juga. 

Ketika anda membuat denah ruangan untuk rumah anda, saat itu anda dapat menempatkan arah timur sheng qi dari rumah anda. Anda dapat memutuskan ruangan mana di dalam rumah yang dapat meningkatkan energi yang positif. 

3. Gunakan elemen air dan kayu dalam kombinasi yang tepat

Feng shui memiliki lima elemen utama, yaitu kayu, air, api, logam, dan bumi. Dipercaya bahwa elemen kayu adalah elemen untuk arah timur, dan air adalah yang menghidupkan kayu. Dengan begitu, kedua elemen ini sama-sama penting untuk rumah anda.

Kayu dan air dipercaya menjadi poin vital bagi rumah anda untuk membawa kesehatan, kemakmuran, kekayaan, dan keberuntungan. Anda dapat memulainya dari area pertama yang anda lihat ketika anda pulang ke rumah, yaitu bagian depan. Bisa diterapkan untuk pintu depan atau dinding depan.

Untuk elemen air, anda dapat menerapkannya dengan menggunakan cat biru sebagai cat dinding bagian depan rumah anda Selain warna cat dinding, element air dapat diterapkan juga dengan meletakan air mancur di tempat yang tepat. Tidak hanya mengikuti feng shui, tetapi rumah anda juga akan semakin indah. 

Meskipun sebagian percaya bahwa rumah yang menghadap ke timur dianggap membawa energi, bagi sebagian kepercayaan lain meyakini bahwa rumah yang menghadap timur justru baik. 

Rumah yang menghadap timur dianggap sebagai tanda keberuntungan dengan menerapkan elemen-elemen yang tepat. Rumah yang menghadap timur dapat menarik kesehatan dan energi positif.

Bagi anda yang memiliki rumah di Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, maupun tempat lain yang memiliki intensitas matahari melimpah, rumah yang menghadap timur dapat menjadi pilihan untuk anda.

Anda dapat menemukan idaman yang menghadap ke timur, maupun rumah lainnya dengan CariProperti. Ribuan pilihan rumah di Tangerang Selatan, Bekasi, Jakarta, dan daerah lainnya dengan beragam tipe dapat anda temukan. Dengan CariProperti, mendapatkan rumah idaman jadi lebih mudah.

Posting Komentar untuk "3 Keuntungan Rumah Menghadap ke Timur"